Usaha Ternak Modal Kecil! Modal 300 Ribu Bisa Untung

Wajib Coba! 9 Contoh Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Saat ini, memulai usaha ternak banyak dilakukan karena dapat menjadi solusi ekonomi yang menjanjikan. Sebagai hewan yang dikembangbiakkan, usaha ini juga sangat menguntungkan. Selain bersifat berkesinambungan, usaha ini juga tidak selalu memerlukan modal yang besar.

Apabila selama ini Anda berpikir bahwa membuka usaha ternak memerlukan biaya besar, itu salah besar. Karena ada banyak usaha ternak dengan modal Rp300 ribu yang dapat mendapatkan penghasilan secara maksimal.

Meskipun bisa memulai usaha ternak dengan modal kecil, tapi untuk memulainya pasti ada tantangan. Salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah kerugian apabila Anda tidak melakukan pemeliharaan hewan ternak secara tepat.

Jadi, apa saja usaha ternak dengan modal Rp300 ribu yang bisa untung? Simak di sini!

Baca juga: Apa Itu Usaha Peternakan? Ini Pengertian dan Contohnya

Rekomendasi Usaha Ternak Modal Kecil

  • Ternak kambing

Kambing adalah salah satu hewan ternak yang banyak dicari, terutama untuk mereka yang akan melakukan ibadah qurban atau aqiqah anak. Meski demikian, modal yang diperlukan untuk membeli kambing yang akan diternakkan tidak murah. Setidaknya, Anda harus membayar sebesar Rp5 jutaan untuk membelinya.

Namun, Anda tetap daopat menjalankan usaha ternak kambing dengan modal Rp300 ribu saja. Cara memulainya yaitu dengan menawarkan jasa merawat kambing kepada para peternak. 

Dengan menawarkan jasa tersebut, Anda bisa menggunakan modal Rp300 ribu untuk membeli pakan dan kebutuhan perawatan ternak kambing lainnya. Apabila sudah mendapatkan keuntungan dari jasa yang Anda tawarkan, barulah Anda dapat mengumpulkan modal untuk membeli kambing ternak sendiri.

Baca juga: Auto Cuan! Cara Memulai Bisnis Hewan Kurban di Momen Idul Adha

  • Ternak itik

Selain kambing, usaha lain yang dapat Anda lakukan adalah ternak itik. Langkah awalnya tentu dengan membeli itik untuk mulai dikembangbiakkan.

Dengan modal kecil, Anda bisa membeli satu itik betina yang berpotensi menghasilkan 20 telur untuk dijual mulai dari Rp10 ribu per anak itik. Apabila itik yang diternak sudah dewasa, Anda dapat menjualnya seharga Rp40 ribuan. Artinya, Anda berpotensi memperoleh omzet senilai Rp200 hingga 800 ribu tiap panen.

  • Ternak lele

Lele adalah jenis ikan tawar yang banyak disukai karena rasanya yang enak dan kandungan gizi yang tinggi. Itulah mengapa, banyak orang yang mencari lele, baik itu untuk dikembangbiakkan atau dikonsumsi. 

Tanpa membutuhkan perawatan ekstra, Anda dapat membudidayakan lele dengan mudah karena ikan ini tahan pada berbagai penyakit dan tidak membutuhkan kadar oksigen tinggi untuk bertahan hidup.

Dengan modal Rp300 ribu, Anda tinggal membeli bibit lele dengan ukuran sedang untuk diternakkan. Jumlah bibit lele tersebut bisa mencapai 600 ekor. Artinya, Anda bisa mendapatkan untung yang cukup tinggi apabila mampu membudidayakannya secara konsisten.

  • Ternak ayam kampung

Kini, orang lebih suka mengonsumsi ayam kampung karena kandungan lemak jenuhnya lebih rendah daripada jenis ayam lain. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai usaha ternak dengan membeli induk ayam kampung untuk dikembangbiakkan.

Dengan modal yang relatif kecil, Anda dapat menjual ayam kampung dengan harga Rp40 ribu per kilo atau ekornya. Selain modal untuk membeli induk ayam kampung, Anda juga membutuhkan kandang dan halaman yang cukup luas untuk membudidayakannya. Agar efisien, Anda cukup memberi pakan seperti jagung giling, ubi cincang, atau bungkil kacang kedelai yang harganya cukup murah.

Baca juga: 7 Tips Membangun Usaha Ternak Petelur yang Tepat Bagi Pemula

  • Ternak ikan hias

Selain memulai usaha ternak untuk dikonsumsi, Anda juga bisa menjalankan usaha ternak untuk memenuhi kebutuhan atau hobi seseorang. Salah satunya yaitu ternak ikan hias aneka warna.

Untuk menjalankan usaha ternak hias, Anda bisa memulainya dengan membeli beberapa ekor ikan cupang, manfish, louhan, moli, atau jenis ikan hias lain dengan harga dimulai dari Rp1.000-an.

Untuk orang yang suka memelihara ikan hias, tentunya harga tidak menjadi masalah asal ikan hias yang ditawarkan mempunyai keunikan tersendiri. Maka dari itu, pastikan Anda memelihara ikan hias ini dengan baik sehingga bentuknya tetap unik dan menarik untuk para penggemar ikan hias. 

  • Ternak kelinci

Selain sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, kelinci juga dapat diternakkan untuk keperluan konsumsi. Bahan pangan ini sering dijadikan sate atau olahan daging lain. 

Dengan modal Rp300 ribu, Anda bisa membeli kelinci pedaging untuk diternakkan. Dalam prosesnya, Anda hanya harus menyediakan kandang yang bersih dan menghindarkan kelinci dari suara bising supaya tidak mengalami stres.

  • Ternak burung puyuh

Sama seperti ternak ayam, usaha ternak dengan modal 300 ribu juga dapat dilakukan dengan ternak burung puyuh. Anda bisa membeli bibit burung puyuh dengan harga dimulai dari Rp7.000 untuk diternakkan.

Selain harganya yang murah, pakan burung puyuh juga lebih mudah dan murah karena hanya berupa biji-bijian yang dapat Anda beli dari penjual pakan burung puyuh. Hasilnya bisa didapatkan dalam masa periode 40 hingga 50 hari setelah bibit diternakkan.

  • Ternak jangkrik

Hewan kecil ini juga bisa menjadi usaha ternak yang cukup menjanjikan. Dengan modal Rp300 ribu, Anda mampu membeli telur jangkrik, wadah telur, dedak ayam, dan sayur mayur untuk pakannya. 

  • Ternak udang

Udang diketahui sebagai makanan laut yang rasanya enak dan bergizi. Bahkan ada banyak orang yang mengkonsumsi udang untuk camilan. Melihat permintaan pasar yang cukup tinggi ini, maka Anda bisa membuka usaha ternak udang.

Itulah ide usaha ternak dengan modal 300 ribu bisa untung yang patut Anda coba. Selalu lakukan perawatan pada ternakmu agar usaha berjalan lancar!