Business Plan: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Business Plan : Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Usaha atau bisnis bisa disebut juga dengan investasi. Jika secara jangka panjang bisnis tersebut sukses, akan memberi Anda keuntungan berlipat ganda dari modal awal yang dikeluarkan. Untuk memulai sebuah usaha, Anda membutuhkan business plan atau bisnis plan atau rencana bisnis agar tahu ke mana arah bisnis Anda karena sudah punya tujuan yang jelas.

Sebenarnya apa itu bisnis plan? Bisnis plan adalah panduan berisi tujuan yang ingin dicapai sebuah bisnis, mencakup tujuan jangka pendek, menengah, panjang, dan cara atau strategi untuk mencapai tujuan tersebut, serta solusi terhadap kendala yang akan muncul. Jika Anda melibatkan investor atau pemodal dalam proses bisnis, rencana bisnis dapat menjadi pernyataan atas kemampuan Anda dalam menghasilkan keuntungan memuaskan dari bisnis tersebut.

Proses penyusunan bisnis plan sebaiknya dibarengi dengan pertimbangan yang matang. Kenapa? Agar poin-poin yang dijabarkan dalam bisnis plan relevan dan sesuai dengan yang diharapkan, sehingga dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan bisnis.

Baca juga: 5 Manfaat Bisnis Plan Dalam Mengembangkan Usaha Anda

Tapi, jika saat memulai bisnis memang membutuhkan bisnis plan, apa, sih, tujuan bisnis plan itu sendiri?

Tujuan bisnis plan dibutuhkan oleh sebuah usaha 

Tahukah Anda? Bisnis plan dibuat saat Anda pertama kali memulai sebuah usaha, untuk memudahkan Anda mencapai kesuksesan. Bisnis baru akan sulit berkembang jika hanya dijalankan saja tanpa sebuah panduan dan rancangan. 

Tujuan bisnis plan adalah sebagai berikut:

Untuk memahami pelanggan dan kompetitor

Bisnis plan membantu Anda menjalankan usaha dengan lebih terarah dan berorientasi pada target. Sebab, saat menyusun bisnis plan, Anda secara tidak langsung melakukan analisis pasar dan membuat Anda memahami kebutuhan maupun keinginan mereka. Target bisnis pun secara otomatis akan terbentuk. Setelah itu, agar proses pencapaian target jadi lebih mulus, Anda juga akan memahami kompetitor untuk menentukan strategi tepat demi kesuksesan bisnis.

Untuk mencari sumber dana

Secara tidak langsung, rencana bisnis bisa menjadi proposal untuk mendapatkan sumber pembiayaan. Bisnis plan akan memberi gambaran untuk mengetahui keseluruhan aktivitas bisnis. Dalam bisnis plan setidaknya dapat menjawab pertanyaan pemodal tentang seperti apakah mereka bisa mendapat keuntungan jika menanamkan modal pada bisnis Anda, apakah mereka dapat teryakinkan dengan bisnis yang Anda jalankan, dan apakah mereka dapat mempercayai Anda mampu membawa bisnis menuju kesuksesan. Karena itu dibutuhkan rencana bisnis yang baik, jelas, optimis tapi tidak terlalu ambisius, ditambah kemampuan presentasi yang mumpuni untuk memudahkan Anda menarik calon pemodal.

Sudah pernah dengar tentang Investree belum? Platform fintech lending seperti Investree menawarkan akses pembiayaan mudah dan cepat untuk membuat bisnis pelaku UMKM scale up, lho. Dengan memanfaatkan produk pinjaman Invoice Financing, Working Capital Term Loan, Buyer Financing, atau Pinjaman Usaha Mikro sesuai kebutuhan dan karakteristik usaha Anda, Anda dapat memperoleh akses pinjaman modal kerja dengan bunga kompetitif mulai dari 1,08% per bulan, transparan, dan aplikasi yang 100% online. Cek potensi perolehan pinjaman Anda lewat kalkulator pinjaman di sini, yuk!

Untuk memprediksi masa depan

Bisnis plan bertujuan untuk memberi prediksi bisnis di masa depan karena dapat memberi gambaran bisnis jangka pendek, menengah, dan panjang. Meski gambarannya bersifat subjektif, namun alur yang jelas dan lengkap dalam rencana bisnis membuat prediksi tersebut punya potensi jadi kenyataan. Tentu saja prediksi yang dibuat harus berdasar pada riset yang baik dan mendalam agar tidak meleset terlalu jauh.  

Bantu mengelola keuangan dan memajukan bisnis

Bisnis plan akan memudahkan sebuah bisnis melakukan pengelolaan keuangan secara efektif. Bisnis yang berjalan sesuai alurnya, membuat pemanfaatan keuangan jadi lebih teratur sesuai rencana dan membuat kondisi keuangan bisnis jadi lebih sehat. Sehingga memudahkan bisnis untuk naik level, tumbuh dan berkembang, serta memberi semangat bagi pemiliknya untuk menjalankan roda bisnis. 

7 cara membuat bisnis plan

Bisnis plan tidak dibuat tanpa konsep yang jelas. Ada konsep bisnis plan yang harus Anda ketahui sebagai cara mudah untuk membuat bisnis plan. Apa saja? Yuk, simak ulasan Investree berikut seputar cara membuat bisnis plan beserta contohnya!

1. Executive Summary

Langkah pertama yang harus Anda buat adalah menguraikan informasi terkait bisnis, mulai dari produk/layanan yang ditawarkan, target pasar, kompetitor, susunan manajemen, dan tujuan bisnis. Dapat dibuat secara ringkas berupa poin-poin penting, asal sudah mencakup seluruh kebutuhan.

Contoh bisnis plan bagian executive summary:

Royal Bake Shop adalah bisnis makanan yang khusus menjual roti, pastry, dan cake berbagai pilihan rasa favorit. Royal Bake Shop terletak di Jalan Anggrek, Jakarta Selatan, dan hanya memproduksi produk gluten free yang ditujukan ke target pasar range usia 20-60 tahun, yang peduli akan pola hidup sehat. Penjualan produk dilakukan secara online maupun offline di store kami yang punya tempat nyaman, bersih, dan bernuansa aesthetic. Royal Bake Shop telah mendapat sertifikasi halal dari MUI, sehingga seluruh produk terjamin kehalalannya, serta dibuat oleh baker berpengalaman. Dalam satu tahun, Royal Bake Shop punya target menambah 3 (tiga) cabang baru.

2. Deskripsi Bisnis

Bagian ini menggambarkan sejarah/latar belakang mendirikan bisnis, visi dan misi, serta mitra bisnis. Komponen ini sangat penting untuk menarik perhatian investor. 

Contoh deskripsi bisnis dalam bisnis plan: 

Royal Bake Shop berdiri untuk menjawab keresahan pasar karena supply dari makanan sehat di Indonesia masih kurang. Sudah makin banyak masyarakat kita yang peduli dengan pola hidup sehat dan kami ingin ikut mendukung niat baik tersebut dengan mendirikan Royal Bake Shop pada November 2019. 

Visi: Menciptakan produk makanan sehat yang rasanya enak untuk mendukung masyarakat menjalani pola hidup sehat.  

Misi: Menyediakan channel penjualan yang beragam agar mudah dijangkau target pasar dan mampu menyeimbangkan supplydemand

3. Produk atau Layanan

Pada bagian ini, Anda dapat memberi penjelasan lebih detail terkait produk yang ditawarkan, misal berupa varian produk, kemasan produk, dan bahan baku produk. Di sini Anda bisa memberikan gambaran jelas, bagaimana produk atau layanan dapat menghasilkan keuntungan bagi bisnis itu sendiri. 

Contoh bisnis plan menjabarkan bagian produk atau layanan:

Royal Bake Shop menawarkan berbagai pilihan roti tawar dan roti isi berbahan dasar tepung almond/tepung sagu/tepung singkong yang bebas gluten. Selain itu, ada juga menu pilihan puff pastry, choux, croissant, danish, serta cake best seller, seperti blackforest, tiramisu, dan red velvet. Semua produk selalu fresh from the oven setiap harinya, cocok juga untuk dijadikan hantaran karena menggunakan packaging menarik. Serta, Royal Bake Shop menyediakan menu minuman kekinian khusus untuk dine in

4. Analisis Pasar

Analisis pasar berisi keadaan pasar yang diperlukan dalam bisnis plan untuk mengidentifikasi persaingan dengan kompetitor. Analisis pasar dilakukan juga untuk mengetahui kebutuhan atau keinginan pasar dan bagaimana sebuah produk atau layanan yang ditawarkan mampu memenuhi ekspektasi tersebut.

Contoh analisis pasar dalam bisnis plan:

Saat ini, kebanyakan anak muda dan keluarga di Ibukota semakin aware dengan kesehatan dan punya kecenderungan mengonsumsi makanan sehat. Karena itu, Royal Bake Shop berfokus pada produk makanan manis yang sehat dan mudah disukai siapa saja. Apalagi offline store dari Royal Bake Shop berada di lokasi strategis. Cocok dijadikan tempat hang out bersama teman, keluarga, sampai tempat untuk meeting

5. Strategi Pemasaran dan Sales

Di bagian ini, Anda perlu menjelaskan bagaimana strategi pemasaran dan sales untuk menjangkau pelanggan. Disertakan juga penjelasan terkait pendekatan apa yang akan Anda gunakan untuk meningkatkan kunjungan pelanggan serta nilai penjualan.

Contoh strategi marketing dan sales dalam bisnis plan:

Agar Royal Bake Shop lebih dikenal target pasar, maka Royal Bake Shop akan memaksimalkan strategi media sosial marketing sebagai cara pemasaran. Tidak lupa bekerja sama dengan influencer, baik micro influencer maupun selebriti. Royal Bake Shop memiliki akun Instagram dan TikTok resmi sebagai sarana pemasaran yang menyediakan konten-konten seputar produk, promosi, giveaway, serta insight tentang makanan dan pola hidup sehat.  

6. Operasional

Penjelasan seputar operasional bisnis juga perlu dijelaskan dalam bisnis plan. Apa saja yang perlu dijelaskan? Yaitu, tentang bagaimana cara bisnis beroperasi setiap harinya, kebutuhan apa saja yang dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan, dan rantai pasok untuk memperoleh bahan baku. 

Contoh bisnis plan yang menjabarkan poin operasional:

Dalam bisnis Royal Bake Shop, bahan baku akan dibeli langsung dari distributor resmi setiap satu minggu sekali. Penyimpanan bahan baku di tempat produksi dilakukan sesuai standar, menggunakan lemari pendingin untuk bahan yang mudah meleleh agar mutu bahan baku tetap terjaga. Produk jadi ditempatkan pada rak display untuk produk roti dan pastry, serta lemari pendingin (cake showcase) untuk produk cake. Jam operasional bisnis mulai dari pukul 09.00-22.00 WIB, buka setiap hari dengan 2 (dua) kali pergantian shift karyawan.  

7. Budgeting

Budgeting juga perlu diperhatikan dalam pembuatan bisnis plan. Anda harus membuat laporan finansial yang detail dengan menjabarkan poin rencana anggaran dan sumber anggaran.

Contoh pola budgeting dalam bisnis plan:

Rencana anggaran

Sewa tempat = Rp50.000.000 per bulan

Bahan baku = Rp2.000.000 per minggu

Gaji karyawan = Rp12.000.000 per bulan

Investasi alat = Rp30.000.000 

Biaya lain dan biaya tak terduga = Rp1.000.000 per bulan 

Sumber anggaran  

Dana pinjaman = Rp25.000.000

Modal pribadi = Rp50.000.000

Perkiraan dana dari investor = Rp100.000.000

Nah, itu dia pembahasan mengenai definisi bisnis plan, tujuan dibuatnya bisnis plan bagi sebuah bisnis, dan cara membuat bisnis plan beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal Business Plan Lebih Dalam Serta Cara Menyusunnya

Referensi:

Rully Desthian P. 6 Oktober 2022. Bisnis Plan Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya. Finance.detik.com: https://bit.ly/3ZnFUCQ

Tim Cermati.com. 14 november 2022. Cara membuat Bisnis Plan dan Kegunaannya. Cermati.com: https://bit.ly/3Zl4FiU