Bisnis

Mengenal Business Plan Lebih Dalam Serta Cara Menyusunnya

Apakah yang dimaksud dengan business plan atau rencana usaha itu? Pengertian dari rencana usaha atau rencana bisnis tersebut yaitu pernyataan yang dibuat secara tertulis di mana didalamnya terdapat maksud serta tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah bisnis. Rencana bisnis mencakup apa yang menjadi target jangka pendek, menengah dan panjang dari sebuah usaha ataupun perusahaan.

Namun ternyata membuat rencana bisnis bukanlah sesuatu yang mudah karena harus mencakup banyak aspek. Rencana yang dibuat secara detail dan lengkap tentu saja akan memberikan arah yang bagus bagi jalannya sebuah bisnis. Tahukah Anda bahwa rencana bisnis mampu memberikan pengaruh pada berjalannya usaha Anda hingga 80%.

Mengenal Apa Itu Business Plan

Business plan atau rencana bisnis adalah rencana tertulis yang didalamnya terdapat tujuan serta cara untuk mencapai sebuah target sesuai jangka waktu tertentu. Di dalam rencana bisnis tercantum deskripsi, tujuan beserta dengan produk dan jenis layanan yang ditawarkan.

Untuk menjalankan sebuah rencana bisnis maka harus dilengkapi dengan target pemasaran, strategi marketing dan pendanaan bagi usaha tersebut. Rencana bisnis membantu Anda lebih mudah untuk menjalaninya karena adanya acuan yang jelas dalam mengambil keputusan.

Rencana bisnis tersebut juga mempermudah Anda untuk mendapatkan investor bagi usaha tersebut. Melalui rencana bisnis tersebut maka investor akan lebih percaya bahwa usaha yang Anda jalankan bisa mendapatkan imbal hasil.

Cara Menyusun Business Plan

Mengapa rencana bisnis menjadi sesuatu yang penting bagi usaha Anda? Hal tersebut tidak terlepas dari apa yang menjadi manfaat dari rencana bisnis tersebut. Rencana bisnis harus dibuat detail dan jelas agar bisa mencapai tujuan yang ada. Inilah cara untuk membuat rencana bisnis yang terdiri dari komponen berikut ini.

1. Ringkasan Singkat

Bagian ini berisi tentang berbagai informasi tentang bisnis yaitu visi, misi, tujuan serta target yang ingin dicapai. Ringkasan singkat juga memuat tentang jenis produk ataupun jasa yang akan dijual.

2. Latar Belakang Usaha atau Bisnis

Di dalam latar belakang Anda harus memasukkan apa yang menjadi alasan Anda mendirikan bisnis tersebut. Tuliskan juga siapa saja yang terlibat didalamnya, pemodal, struktur organisasi perusahaan, daftar konsultan serta ahli yang berperan.

3. Analisa Produksi

Berisi mengenai penjelasan tentang sistem operasi pada bisnis Anda yang dijelaskan dari hulu hingga ke hilir. Jabarkan bagaimana Anda menerima pesanan, memproduksi barang sampai ke distribusinya. 

4. Analisis Terhadap Tenaga Kerja

Hal yang cukup penting harus Anda masukkan juga ke dalam rencana bisnis yaitu tenaga kerja. Tulis dengan rinci apa saja kompetensi yang diperlukan, keahlian yang dimiliki serta berapa jumlah tenaga kerja yang diperlukan.

5. Analisis pada Pemasaran dan Distribusi

Pada bagian ini tuliskan tentang analisis pasar dan pendistribusiannya. Siapa target pasar yang akan dibidik, apa tren pasar yang saat ini sedang bagus dan berkembang dan juga bagaimana strategi pemasarannya.

6. Analisis Keuangan Serta Pengembalian Modal

Di dalam rencana bisnis Anda perlu menuliskan juga bagaimana proyeksi mengenai pemasukan dan pengeluaran, cara mengembalikan dana investor, kapan perkiraan modal akan kembali dan hal lainnya yang terkait dengan finansial.

7. Rencana Pengembangan Bisnis

Biasnya para investor akan menekankan pada pengembangan dan ekspansi bisnis. Oleh sebab itu di dalam rencana bisnis Anda harus mencantumkan strategi apa yang akan dilakukan agar bisnis bisa berkembang dalam jangka waktu tertentu.

8. Analisis Mengenai Risiko

Bisnis adalah kegiatan yang penuh dengan risiko maka dari itu harus diperhitungkan dengan matang sejak awal. Tuliskan risiko apa saja yang mungkin dihadapi di dalam bisnis dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai business plan atau rencana usaha beserta dengan langkah pembuatannya. Buatlah rencana bisnis sebaik mungkin agar Anda lebih mudah dalam menjalankan usaha tersebut.

Referensi:

22 Januari 2021. Ingin Memulai Bisnis? Simak Dulu Cara Membuat Bisnis Plan Berikut Ini. niagahoster.co.id : https://bit.ly/2VgwyfE

Ridwan Aji Pitoko. 24 Feb 21 | 06:05. 6 Cara Mudah Membuat Business Plan. Idntimes.com: https://bit.ly/3rMJUMM

Share this Post

Artikel Terbaru