Bisnis

5 Manfaat Bisnis Plan Dalam Mengembangkan Usaha Anda

Dalam merintis suatu usaha baru, Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja manfaat bisnis plan. Bisnis plan itu sendiri dapat diibaratkan roadmap yang mengarahkan kemana bisnis akan berjalan. Hal ini sangatlah penting sebab bisnis plan juga salah satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis yang Anda rintis.

Bisnis plan biasanya memiliki bentuk berupa dokumen tertulis yang didalamnya menjelaskan sifat dari sebuah bisnis secara lengkap. Adapun isi dari dokumen bisnis plan tersebut diantaranya rencana modal, strategi pemasaran, proyeksi arus kas selama bisnis dijalankan, serta tujuan dan cara mencapai tujuan bisnis tersebut.

Manfaat utama dari pembuatan rencana bisnis yaitu untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih terarah serta dapat memperkecil masalah ketika menghadapi tantangan. Namun masih ada beberapa manfaat lainnya yang Anda rasakan dari bisnis plan, berikut penjelasannya.

1. Membantu Permodalan

Tidak mudah merintis usaha baru. Terutama masalah permodalan. Dalam memulai bisnis, Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit. Biasanya masalah seperti terbatasnya modal yang dimiliki yang menghambat dalam memulai bisnis.

Di sinilah bisnis plan memiliki peran yang penting. Anda tak perlu lagi khawatir karena telah membuat rencana bisnis yang detail, rapi dan bagus. Bisnis plan inilah yang dapat Anda gunakan untuk menarik pemilik modal untuk menanamkan modal mereka di bisnis Anda.

Modal juga sangat penting untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha dari segi operasional atau cashflow, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

2. Menjadi Pertimbangan dalam Membuat Keputusan

Bisnis plan yang Anda buat juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Di dalam bisnis plan terdapat target, serta tujuan bisnis seperti target penjualan, posisi keuangan, serta daya tarik produk terhadap konsumen.

Bila ketiga hal diatas masih belum tercapai, Anda harus segera mencari tahu penyebab utamanya. Dan supaya tidak terjadi secara berkelanjutan, maka Anda perlu menindaklanjuti hal tersebut berdasarkan bisnis plan Anda.

3. Mengetahui Tujuan dan Prioritas Bisnis

Adanya bisnis plan dapat membantu Anda untuk lebih fokus mencapai tujuan bisnis. Sehingga Anda akan lebih mengetahui mana yang menjadi prioritas bisnis Anda. Jika terjadi masalah dalam bisnis, maka rencana bisnis akan membantu Anda untuk lebih fokus pada masalah tersebut, lalu mengelompokkannya dan menyelesaikannya berdasarkan prioritas.

4. Membuat Ide-Ide Bisnis Lebih Terencana

Ketika Anda ingin mengembangkan bisnis, bisnis plan dapat menjadi acuan dalam melakukannya. Seperti untuk mengetahui apa yang diproduksi, bagaimana mengelola sumber daya manusia, siapa yang menjadi sasaran produksi, bagaimana sistem pemasaran yang tepat dan apa saja strategi operasional yang harus dijalankan supaya bisnis Anda mencapai kesuksesan.

Ide-ide bisnis inilah yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan produk dengan inovasi yang segar dan kreatif supaya bisnis Anda memiliki produk beragam.

5. Memberi Gambaran pada Konsumen dan Investor

Bisnis plan juga dapat menjadi daya tarik bagi investor untuk menanam modal di perusahaan Anda. Anda juga akan menjadi lebih peka terhadap produk yang dimiliki. Di saat didapati tingkat penjualan menurun, Anda dapat menemukan solusi untuk memperkenalkan produk ke pihak luar.

Demikian penjelasan mengenai manfaat bisnis plan yang harus Anda pahami. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Gita Amanda. 13 Juni 2017. Manfaat dari Business Plan. Republika.co.id: https://bit.ly/2W1XPmL

Share this Post

Artikel Terbaru