7 Ide Bisnis Kekinian dengan Modal Usaha Pertanian Minim

Petani modern di kota besar? Kenapa tidak? Jangan heran bila Anda banyak menemukan petani modern di kota besar. Dengan modal usaha pertanian yang minim, Anda bisa menjadi petani modern yang kekinian. Apalagi di masa pandemi yang tidak kunjung selesai seperti sekarang ini. Usaha pertanian mulai bangkit dan berinovasi dengan banyak perubahan sehingga menjadi laris manis di kalangan masyarakat.

Masa pandemi mendorong semua pebisnis kalangan atas hingga UMKM untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan, baik dari selera masyarakat maupun kondisi ekonomi masyarakat itu sendiri. Tak sedikit pengusaha yang gulung tikar sehingga beralih dari usaha lama ke bisnis pertanian..

Ide Bisnis Pertanian Modal Minim

Masa pandemi COVID-19 ‘memaksa’ sebagian orang untuk memutar otak memikirkan biaya modal usaha yang minim menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Beragam pilihan usaha mulai dari modal usaha kecil, menengah, besar bisa saja Anda pilih. Namun, ide bisnis pertanian bisa menjadi pilihan bisnis dengan modal usaha minim yang dapat menguntungkan.

Mengapa? Sebab, semua orang butuh hobi dikala pandemi. Sehingga banyak yang mengalihkan kebosanannya akibat lockdown menjadi bercocok tanam. Nah, berikut beberapa ide usaha bisnis pertanian dengan modal usaha minim:

  1.     Penjual Tanaman Organik

Siapa yang tidak ingin menjadi sehat? Mengonsumsi sayuran dan buah organik menjadi pilihan banyak orang di masa pandemi ini. Selain lebih segar, buah dan sayur organik bebas pestisida dan bahan-bahan beracun sehingga lebih sehat.

 Baca juga: Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Efektif dan Mudah

Ide bisnis dengan modal usaha pertanian yang tidak begitu besar seperti berjualan tanaman organik pun bisa mendapatkan untung berlipat. Selain itu, harga buah dan sayuran organik yang Anda jual bisa lebih murah dari supermarket namun kualitas jauh lebih baik.

  1.     Penjual Obat-obatan Rempah

Rempah yang merupakan salah satu komoditi utama di Indonesia umumnya memerlukan modal usaha yang cukup terjangkau. Ide bisnis pertanian dari tanaman rempah bisa dibilang hanya memerlukan modal awal yang cukup kecil. Beberapa jenis tanaman rempah yang bisa Anda jual adalah adas, asam jawa, kapulaga, cengkih, akar wangi, dan lainnya.

 

Kandungan zat rempah yang memiliki khasiat dan menyembuhkan berbagai penyakit menjadi salah satu primadona di era pandemi. Anda juga bisa menjualnya sebagai obat-obatan alternatif lho!

  1.     Content Creator tentang Pertanian

Kaum milenial yang kreatif bisa mencoba salah satu trik bisnis dengan modal usaha pertanian yang sangat terjangkau dengan menjadi content creator tentang pertanian. Anda bisa berbagi tips tentang merawat tumbuhan, tips memilih pupuk sesuai jenis tanaman, dan banyak lagi. Membuat konten tentang pertanian yang bermanfaat bisa menjadi sumber penghasilan alternatif lho.

 Baca juga: Sociopreneur: Pengertian, Manfaat, Tips dan Contohnya

  1.     Sentra Pembuatan Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan salah satu alternatif usaha bisnis pertanian dengan modal kecil lho! Sebab, dalam pembuatannya Anda bisa memanfaatkan sampah rumah tangga. Potensinya yang cukup baik di era pandemi, membuat usaha pupuk kompos bisa dilakukan siapa saja bahkan dengan modal yang minim sekalipun.

 

  1.     Sentra Tanaman Hias

Di masa pandemi yang mengharuskan banyak orang di rumah, bercocok tanam  tanaman hias bisa menjadi alasan Anda untuk menjalankan bisnis tanaman hias. Selain, mempercantik ruangan, tanaman hias umumnya mudah dirawat.

 

Nah jika Anda ingin mencoba peruntungan di era pandemi dengan menjalankan bisnis tanaman hias dengan modal yang cukup terjangkau, Anda bisa memilih beberapa tanaman hias berikut yaitu Begonia, Monstera, Calathea, Lidah Mertua, Bonsai, dan lainnya.

 

  1.     Menjual Alat Berkebun

Tak keren jaman now kalau berkebun tidak menggunakan alat-alat berkebun yang kekinian. Selain itu, apabila Anda kurang paham dengan dunia tumbuhan, bisnis menjual alat berkebun tak kalah menjanjikan lho. Anda cukup menjadi reseller dari penyedia alat berkebun untuk mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau.

Anda bisa menjual alat berkebun seperti pot, penyiram tanaman, hingga sekop dan gunting ranting dalam jumlah banyak lalu dijual kembali. Modalnya pun tidak terlalu besar, namun Anda bisa menjualnya dengan cepat di e-commerce ataupun sosial media. Siapa bilang berkebun tidak boleh gaya?

 

Nah, itu dia beberapa ide bisnis kekinian bagi Anda yang ingin memulai bisnis pertanian dengan modal usaha yang terjangkau. Jika dalam perjalanan melakukan usaha ini kamu membutuhkan modal, bisa menggunakan pinjaman modal usaha Investree sebagai solusi, lho.

Melalui Investree, naikkan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Nikmati pula imbal hasil hingga 20% p.a, proses mudah 100% online. Investree telah berizin oleh OJK.

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/peluang-usaha-agribisnis/

https://www.99.co/blog/indonesia/bisnis-pertanian-modal-kecil/