Perencanaan Finansial

Bahagia Setelah Pensiun? Bukan Tidak Mungkin, Mulai Saat Ini

Setiap orang tentunya akan mencapai masa yang dikenal dengan masa pensiun. Mencapai usia yang tidak lagi produktif, tentunya akan menjadi suatu dilema bagi karyawan, khususnya bagi mereka yang belum mempersiapkan dan memikirkan masa pensiunnya dari muda. Masa pensiun karyawan sebenarnya merupakan hal yang penting, namun seringkali terlambat untuk direncanakan. Dalam kasus ini, edukasi mengenai pentingnya mempersiapkan hari tua menjadi penting dan harus menjadi perhatian bagi tim personalia setiap perusahaan.

Perencanaan dana hari tua harus dimulai sejak seseorang masih berada dalam usia produktif. Sangat penting bagi karyawan usia produktif untuk mengetahui gambaran setiap kebutuhan hari tua mendatang, termasuk kebutuhan hidup sehari-hari, kebutuhan akan jaminan kesehatan, tantangan, dan perencanaan yang dapat mereka lakukan. Dengan adanya edukasi dan penyuluhan yang tepat, maka kesadaran akan tercipta dan pengelola keuangan yang lebih baik untuk masa tua akan tercipta. Berikut kami berikan beberapa tips untuk menyiapkan masa tua yang lebih baik.

Bijak Menggunakan Uang Anda

Masyarakat Indonesia dikenal dengan masyarakat yang senang bersosialisasi. Akan tetapi, hal ini menjadi masalah bagi keuangan Anda ketika sosialisasi dijalankan dengan gaya hidup modern saat ini. Anda tentunya harus fokus terlebih dahulu dengan pengeluaran bulanan Anda yang sudah pasti. Akan lebih baik apabila Anda juga mempertimbangkan untuk membuat anggaran pengeluaran Anda selama satu bulan mendatang. Anda harus membuat anggaran yang masuk akal dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat ini. Dengan demikian, Anda dapat membedakan pengeluaran yang penting dan tidak terlalu penting. Hal ini akan membuat Anda menggunakan uang dengan lebih bijak.

Kurangi Kebiasaan Mengutang

Untuk dapat hidup tenang pada masa pensiun Anda, tentunya Anda harus mulai mengurangi hutang konsumtif Anda. Belum terlambat bagi Anda untuk mulai mengurangi hutang Anda mulai dari saat ini. Hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi penggunaan kartu kredit mulai saat ini. Masa tua akan terasa lebih tenang apabila dijalankan tanpa beban hutang apapun.

Menabung

Mungkin, ini adalah cara yang paling sederhana untuk mempersiapkan masa depan Anda. Yup, Menabung! Menabung kini sudah dapat dilakukan dengan mudah. Perbankan Indonesia telah menawarkan berbagai produk tabungan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan, saat ini telah terdapat produk simpanan bagi pensiunan dalam mempersiapkan masa tua yang lebih sejahtera. Dalam menabung, tentunya sangat dibutuhkan tingkat keseriusan, komitmen, dan disiplin yang tinggi. Akan lebih baik apabila menabung Anda lakukan sesaat setelah Anda menerima penghasilan bulanan Anda. Apabila menunggu hingga akhir bulan, maka kemungkinan Anda akan menabung sangatlah kecil karena mungkin uang penghasilan Anda telah habis tak bersisa.

Asuransi kesehatan yang melindungi usia tua Anda

Isu kesehatan merupakan isu yang penting dalam mempersiapkan hari tua. Gaya hidup dan kondisi lingkungan saat ini tentunya menjadi halangan tersendiri bagi kita dalam mempertahankan kondisi prima. Terlebih biaya rumah sakit yang semakin hari semakin mahal tentunya juga menjadi permasalahan lain yang harus diperhatikan. Olah karena itu, asuransi kesehatan harus menjadi perhatian dalam mempersiapkan hari tua mendatang. Saat ini, banyak sekali produk asuransi kesehatan yang ditawarkan dan tentunya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Berinvestasi

Hasilkan uang dengan uang Anda. Cobalah mempertimbangkan untuk berinvestasi. Saat ini, sudah terdapat berbagai produk investasi yang tentunya sangat cocok bagi Anda dalam mempersiapkan masa pensiun Anda, seperti misalkan investasi dengan reksadana, saham, properti, emas atau logam mulia lainnya, atau bisa juga dengan meningkatkan pendapatan Anda dengan melakukan pendanaan pada pinjaman di peer-to-peer lending marketplace, salah satu bentuk fintech yang sedang booming dan sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Peer-to-peer lending menjadi alternatif pendanaan gotong royong online yang menawarkan return menarik dalam setiap pendanaannya. Hal ini tentunya dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk tetap dapat memperoleh dana tambahan pada masa pensiun Anda.

Adapun beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dengan melakukan pendanaan di peer-to-peer lending adalah prosesnya yang 100% online, dimulai dari pendaftaran hingga pencairan dana semua dilakukan melalui website investree.id. Dengan demikian, Anda tentunya dapat menghabiskan waktu untuk aktivitas lainnya, seperti berkumpul dengan keluarga tercinta misalnya karena Anda tidak perlu mengantri dan mengisi berbagai macam formulir. Selain itu, pendanaan juga dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja dan sesuai dengan preferensi Anda karena di peer-to-peer lending, Anda bebas memilih pinjaman yang ingin Anda danai sesuai dengan profil risiko Anda, baik itu pinjaman dengan risiko rendah maupun pinjaman dengan risiko tinggi yang tentunya juga menawarkan bunga return yang lebih tinggi. Apa lagi, saat ini adalah sudah dapat melakukan pendanaan dan pencairan dana melalui aplikasi Investree yang dapat Anda unduh di smartphone Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan untuk Anda dalam mempersiapkan masa pensiun yang lebih baik. Tentunya, semua ini hanya dapat dijalankan apabila Anda memiliki keseriusan, komitmen, dan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Dengan mempersiapkan masa pensiun, tentunya Anda akan memperoleh berbagai manfaat. Walaupun tidak Anda rasakan saat ini, namun apa ruginya? Seperti peribahasa “Berakit-rakit ke hulu, Berenang-renang ke tepian, Bersakit-sakit dahulu, Bersenang-senang kemudian”.

Share this Post

Artikel Terbaru