How-To

Pengertian Dana Pensiun Serta Penjelasan Lengkapnya

Pengertian dana pensiun adalah dana yang disimpan atau ditabung oleh seseorang semenjak usia produktif atau sekitar 15 sampai 64 tahun, untuk kemudian diraih manfaatnya setelah ia pensiun. Dalam hal ini, pensiun diartikan sebagai selesainya masa tugas. Menyinggung soal dana pensiun, sebenarnya apa saja fungsi dan jenis yang dimilikinya? Untuk mengetahui informasinya lebih lengkap, simak ulasannya berikut!

Fungsi Dana Pensiun

Fungsi dana pensiun dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis berdasarkan subjeknya, yakni fungsi bagi karyawan, perusahaan, dan penyelenggara dari program pensiun tersebut. Lebih detail, di bawah ini merupakan kegunaan dari dana pensiun yang perlu Anda ketahui.

1. Bagi Karyawan

  1. Masa tua biasanya membuat orang-orang kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan dan meraih pendapatan yang konstan. Hal tersebut bisa tergantikan dengan dana hari tua yang memang sudah dikumpulkan sejak lama. Sehingga, rasa aman dapat terjaga, serta motivasi kerja ketika masa produktif bisa terus dipertahankan.
  2. Apabila penerima meraih dana pensiun saat meninggal, dana tadi boleh diwariskan kepada keluarga lain yang masih hidup. Selain penerima manfaat, keluarga penerima pun bisa memperoleh rasa aman.

2. Bagi Perusahaan

  1. Menciptakan rasa aman bagi para karyawan guna menurunkan persentase pegawai yang berhenti bekerja.
  2. Memberikan penghargaan untuk seluruh karyawan yang sudah mengabdi pada perusahaan.
  3. Meningkatkan motivasi kerja karyawan, sehingga produktivitas perusahaan secara keseluruhan bakal meningkat.
  4. Memberikan citra yang baik untuk perusahaan.

3. Bagi Penyelenggara Program

  1. Sebagai sarana bakti sosial untuk peserta iuran pensiun.
  2. Mendukung penuh program pemerintah dalam pengadaan dana pensiun.
  3. Berkesempatan mengelola dana yang dikumpulkan untuk menghasilkan imbal hasil, sebab iuran dana tadi bisa digolongkan sebagai instrumen investasi.

Jenis Dana Pensiun

1. Lembaga Keuangan

Salah satu jenis dana pensiun yang paling populer ditawarkan oleh lembaga keuangan, baik itu perbankan maupun non-perbankan. Iuran dana pensiun di lembaga keuangan sendiri sifatnya pasti dan hanya dibebankan pada pemberi kerja. Selain itu, besaran iuran yang dijatuhi didasarkan pada keuntungan si pemberi kerja.

2. Lembaga Asuransi Kesehatan

Jenis dana pensiun yang diselenggarakan oleh perusahaan penyedia asuransi jiwa perorangan, baik itu karyawan kantor ataupun pekerja independen. Sebagai tambahan informasi, dana pensiun dari lembaga asuransi kesehatan bersifat terpisah dari dana hari tua yang diberikan pemberi kerja.

3. Pemberi Kerja

Dana hari tua ini dibuat oleh suatu badan atau individu yang mempekerjakan karyawan. Dalam hal ini, badan atau individu tadi berperan sebagai pendiri sekaligus penyelenggara program dana hari tua untuk karyawannya. Frekuensi iuran dana pensiun pemberi kerja bersifat pasti dan pemberian hasil pengumpulan dana pada para karyawan merupakan kewajiban dari pemberi kerja.

Contoh Perhitungan Dana Pensiun

Ketika ingin memperhitungkan sekiranya berapa besar dana yang dibutuhkan saat pensiun nanti, Anda harus memperkirakan kapan waktu Anda memutuskan pensiun. Menghimpun data yang dikeluarkan oleh World Bank, rata-rata usia harapan hidup masyarakat Indonesia adalah 71 tahun. Secara general, orang di Indonesia memutuskan untuk pensiun pada usia 60 tahun. Dari sini, didapat 11 tahun yang harus Anda persiapkan sebagai dana simpanan selama pensiun.

Semisal, diketahui gaya hidup Anda menuntut biaya sekitar Rp 5 juta per bulannya, maka:

Rp 5 juta x 12 bulan x 11 tahun = Rp 660 juta

Sehingga, agar bisa hidup nyaman sesuai gaya hidup Anda selama 11 tahun masa pensiun, Anda harus mengumpulkan dana Rp 660 juta selama masih produktif. Namun perlu diingat, kalkulasi tersebut mengeluarkan inflasi sebagai salah satu faktor penambah kebutuhan.

Kesimpulannya, pengertian dana pensiun adalah dana yang dikumpulkan dan disimpan selama masa produktif untuk kemudian digunakan saat masa pensiun tiba nantinya. Anda bisa mengembangkan dana Anda ke Reksa Dana for Lender Investree yang sudah terpercaya dan terdaftar OJK. Untuk bisa mempersiapkan masa pensiun dengan nyaman dan aman, menaruh dana di instrumen investasi dengan risiko rendah dan return atraktif seperti yang ditawarkan Reksa Dana for Lender dari Investree bisa jadi salah satu alternatif.

Referensi:

Muhammad Idris. 25/03/2021, 09:07 WIB. Pengertian Dana Pensiun, Manfaat, Fungsi, dan Jenisnya. Kompas.com : https://bit.ly/3svI7fe

Share this Post

Artikel Terbaru