Apresiasi Diri: Manfaat Jadi Konsumen Cerdas yang Bijak Atur Pengeluaran

Apresiasi Diri: Manfaat Jadi Konsumen Cerdas yang Bijak Atur Pengeluaran

Merayakan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September, kamu sebagai masyarakat Indonesia wajib mengapresiasi diri sendiri yang telah menjadi konsumen cerdas selama ini.  

Dikutip dari Dataindonesia.id, tingkat konsumsi rumah tangga Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 4,93% di 2022, yang mana angkanya sempat drop menjadi -2,63% di 2020. Kontribusi pertumbuhan tertinggi adalah dari transportasi dan komunikasi (9,38%). Diikuti konsumsi untuk restoran dan hotel sebesar 6,58%. Sedangkan, konsumsi fashion dan jasa perawatan juga tumbuh 4,28%.  

Pertumbuhan konsumsi penduduk Indonesia, tentu memberi pengaruh positif pada perekonomian nasional. Yang mana di 2022, kontribusi komponen pengeluaran masyarakat terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia adalah sebesar 51,87%. Karena itu, sumbangsih kamu terhadap negara, patut diapresiasi. Bagaimana caranya? 

Cara menjadi konsumen cerdas

Konsumen cerdas adalah mereka yang mampu mendapatkan value yang sama (seimbang) antara yang mereka keluarkan dengan yang diperoleh, serta terhindar dari transaksi pembelian yang merugikan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai konsumen, yaitu:

Teliti sebelum membeli

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli barang atau jasa. Pastikan kamu tahu berapa harga pasaran dari produk/jasa yang diinginkan. Cek apakah produk tersebut benar-benar sesuai dengan yang kamu cari, mulai dari kualitasnya, ukurannya, dan harganya. 

Terlebih untuk produk makanan. Pastikan kamu membelinya di toko yang terpercaya. Cek kemasan produk seperti label komposisi, tanggal kadaluarsa, produsen makanan, tanda terdaftar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lalu, jika ingin makan di restoran/kafe, kamu bisa cek dulu review pelanggan untuk mengetahui harga dan kualitas makanannya.   

Utamakan produk dalam negeri

Kenapa produk dalam negeri? Ya, membeli produk dalam negeri adalah ciri khas dari konsumen cerdas. Karena dengan membeli produk dalam negeri, itu artinya kamu ikut mendukung usaha lokal dan perekonomian nasional. Selain itu, kamu juga turut mempromosikan produk lokal agar semakin dikenal masyarakat dan banyak peminatnya.  

Lagipula, produk dalam negeri juga tak kalah kualitasnya dari produk impor. Banyak juga yang dijual dengan harga murah, tapi tetap awet dipakai. Sehingga dapat menghemat budget belanja kamu juga, kan?  

Simpan kartu garansi dan kardus pembelian

Ini berlaku jika kamu membeli produk yang memiliki garansi. Pastikan kamu menyimpan dengan benar kartu garansi. Jika terjadi kerusakan dari produk yang dibeli, kamu bisa menggunakan garansi tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya lagi. Tapi pastikan masa garansi masih berlaku, dan nota pembelian produk masih ada, ya. 

Menyimpan kartu garansi, nota, dan kardus pembelian juga berguna ketika kamu ingin menjual kembali barang tersebut agar harganya tidak jatuh terlalu jauh. Kelengkapan tadi sebagai jaminan bahwa yang kamu beli adalah produk original dengan kualitas terjamin. 

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Kualitas Layanan Pelanggan Biar Makin Setia

Konsumen cerdas, bijak atur pengeluaran

Setelah kamu tahu cara menjadi konsumen cerdas, akan lengkap rasanya bila kamu juga bijak mengatur pengeluaran. Sebab, perilaku konsumtif sejatinya bukan cerminan dari konsumen cerdas. Bagaimana cara bijak mengatur pengeluaran?  

Dahulukan kebutuhan dari keinginan

Konsumen cerdas adalah yang bisa membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Sebab, bila kamu terus menuruti keinginan, tentu tidak akan ada habisnya. Manusia didasari oleh naluri alamiah yang selalu menginginkan lebih. Jadi, bila kamu tidak berupaya untuk tegas ke diri sendiri, tidak ada lagi yang bisa membantumu.

Setelah memiliki anggaran konsumsi, dahulukan membeli kebutuhan. Bila ada sisa dari anggaran tersebut, baru kamu putuskan untuk menuruti keinginan. Namun, tetap jangan berlebihan, ya.   

Rawat barang yang sudah dibeli

Ketika kamu membeli barang, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak. Caranya adalah dengan merawat barang tersebut agar tidak mudah kotor atau rusak. Bila barang yang kamu beli bisa awet, kamu tidak perlu membeli yang baru selama barang yang lama masih bisa dipakai. Jadi hemat, kan?

Jika kamu sudah bosan dan ingin menggantinya dengan barang baru, kamu bisa menyumbangkan barang tersebut ke orang lain. Barang yang terawat, membuat orang yang menerimanya pun jadi happy. Kamu bisa mencari cara merawat barang yang kamu beli di internet, kok.

Beli sesuai kemampuan 

Hal ini dilakukan untuk menghindari kamu berutang demi kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Utang konsumtif berisiko lebih tinggi membuat kamu terjerat dalam timbunan utang yang menggunung. Jika tiap bulan gaji habis hanya untuk membayar utang, pasti membuat kamu sulit menikmati hidup.

Karena itu, lakukan pembelian yang sesuai kemampuan saja. Jika memang fit dengan anggaran kamu, pastikan untuk membelinya. Jangan membeli hanya karena gengsi dan status sosial, karena kamu sendiri yang memegang kendali atas hidupmu.  

Buat catatan pengeluaran 

Kamu membutuhkan catatan pengeluaran untuk mengetahui posisi keuangan kamu ada dimana. Dengan mencatat semua pengeluaran, kamu jadi tahu berapa uang yang sudah keluar, apa saja yang sudah kamu dapatkan, dan berapa sisa uang yang kamu miliki. Jadikan sebagai patokan untuk memudahkan kamu mengambil keputusan bijak selanjutnya. 

Sebab, tujuan dari mengatur pengeluaran adalah ketika uang kamu pas-pasan adalah agar bisa cukup menghidupi sampai kamu memperoleh uang lagi. Ketika uangmu berlebih, tujuannya untuk menumbuhkan uang tersebut biar jadi makin banyak.

Baca juga: Tips Menentukan Segmentasi Pasar dengan Efektif

Apresiasi diri: manfaat jadi konsumen cerdas atur pengeluaran

Ternyata jadi konsumen cerdas yang bijak atur pengeluaran, banyak manfaatnya, lho! Hitung-hitung sebagai cara kamu untuk bisa mengapresiasi diri sendiri. Seperti kata pepatah, “apa yang kamu tabur, itulah yang kamu tuai”.

Dapat mengurangi stres

Stres adalah sumber penyebab segala macam penyakit. Jika kamu bisa hidup lebih nyaman, dijamin stres akan berkurang. Kamu pun jadi lebih produktif dan bisa menentukan tujuan hidup jangka panjang.

Ketika kamu tidak memiliki utang yang besar, pinjaman yang bunganya terus naik, gaya hidup yang berlebihan, atau masalah keuangan lainnya, kamu bakal terbebas dari tekanan hidup. Yuk, apresiasi diri dengan menjaga hidup tetap bahagia.   

Lebih siap menghadapi situasi tak terduga

Bakal ada kejadian atau situasi tak terduga yang harus kita hadapi. Dengan kamu menjadi konsumen cerdas yang bijak mengatur pengeluaran, kamu jadi punya spare budget lebih untuk ditabung sebagai dana darurat. 

Ketika kamu memiliki dana darurat, kamu jadi lebih siap menghadapi berbagai situasi tak terduga dalam hidup. Dianjurkan kamu bisa menabung dana darurat sebanyak 6 kali biaya hidup bulanan. Jika kamu sudah berkeluarga, tabungan dana darurat harus ditambah menjadi 12 kali biaya hidup bulanan. 

Punya perencanaan masa depan yang lebih baik

Ketika kamu bijak mengatur pengeluaran dengan menjadi konsumen cerdas, kamu bisa hidup dengan lebih hemat. Mengerti mana yang perlu diprioritaskan untuk keuntungan jangka panjang. Seperti mengutamakan investasi, dan merencanakan masa depan yang lebih baik. 

Jika kamu ingin memulai langkah awal untuk meraih masa depan yang lebih baik, manfaatkan promo spesial Investree yang memungkinkan kamu melakukan pendanaan mulai dari Rp1 juta aja. Promo ini berlaku mulai tanggal 17 Agustus  8 September 2023.

Tak hanya bisa mendanai dengan nominal kecil, kamu sebagai Lender pemula (pertama kali mendanai di Investree) akan memperoleh cashback hingga Rp78.000, serta tambahan cuan sebesar Rp170.845 bagi 10 Lender dengan total pendanaan tertinggi selama periode promo.

Informasi lengkap terkait promo spesial ini bisa kamu akses di sini. Atau, hubungi Customer Support Investree melalui email: [email protected] dan call center 1500886. Yuk, apresiasi dirimu dengan menjadi konsumen cerdas yang #MerdekaFinansial!

Referensi:

Dzul Fiqram. 12 April 2022. 10+ Tips Menjadi Konsumen Cerdas Era Milenial. Swara.tunaiku.com: https://bit.ly/3QRY6CF

Tim SWA. 5 Agustus 2022. 7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik dan Bermanfaat. Swa.co.id: https://bit.ly/47XYcPt