Apa Itu Afiliasi? Pengertian, Contoh dan Cara Kerja Afiliasi

Apa Itu Afiliasi? Pengertian, Contoh dan Cara Kerja Afiliasi

Bicara soal afiliasi, tentu tak jauh-jauh dari strategi pemasaran untuk pengembangan bisnis dengan melibatkan pelangganmu. Adanya program afiliasi akan menguntungkan kedua belah pihak, yaitu bisnis dan konsumennya. 

Tapi sebenarnya, apa itu afiliasi? Ya, afiliasi merujuk pada hubungan antara dua entitas yang terlibat dalam satu kemitraan atau kerja sama. 

Jika kita sebagai konsumen, afiliasi adalah suatu langkah untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri kamu pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan program afiliasi. Nanti kamu diminta menawarkan produk/jasa perusahaan tersebut ke konsumen lainnya dan mendapat reward (imbalan).   

Kamu sebagai pihak yang menawarkan produk/jasa milik perusahaan dalam program afiliasi disebut affiliator

Apa saja tugas affiliator?

Untuk menjadi affiliator, memang tidak membutuhkan keahlian tertentu. Asal memiliki passion untuk menjalin relasi dengan banyak orang dan persistence menawarkan produk/jasa ke relasimu. Kamu sebagai affiliator tidak perlu memiliki produk untuk “berjualan”. Sebab, kamu hanya menawarkan produk/jasa milik perusahaan tertentu. 

Strategi affiliator untuk mempromosikan program afiliasi

Ada banyak cara bagi kamu sebagai affiliator untuk bisa mempromosikan program afiliasi yang diikuti. Apa saja?

Gunakan media sosial

Kamu bisa menggunakan strategi media sosial untuk mempromosikan afiliasi. Gunakan media sosial pribadi milikmu untuk menawarkan kepada audiens dan tingkatkan brand awareness. Susunlah sebuah strategi konten marketing agar lebih efektif menjangkau audiens dan mendapat engagement yang maksimal.  

Buat konten berkualitas

Konten yang berkualitas tidak hanya menarik, namun harus sesuai dengan minat (related) dengan target audiens yang kamu tuju. Kamu pasti nggak mau, kan, sudah capek bikin konten tapi interaksi yang dihasilkan minim? Nah, karena itu kamu harus mengenal audiens lebih dulu, susun content plan yang sesuai, dan konsisten melakukannya. 

Memberi rekomendasi yang positif

Beri penjelasan singkat kepada teman, kolega, atau keluarga tentang produk/jasa yang dipromosikan memang layak dan berkualitas. Sebutkan plus-minusnya secara berimbang. Jika memang produk/jasa tersebut berguna dan bisa menjadi solusi dari permasalahan mereka, kenapa kamu tidak memberi rekomendasi? So, manfaatkan peluang dengan baik, ya.       

Bagaimana cara kerja program afiliasi?

Program afiliasi adalah seperti penghubung. Jadi, kamu hanya perlu menghubungkan orang-orang, lalu menawarkan produk/jasa milik pihak ketiga. Ulasan seputar cara kerja program afiliasi adalah sebagai berikut:

  • Daftar program afiliasi

Pertama-tama, kamu harus mencari program afiliasi yang menurutmu paling menguntungkan. Lalu, lakukan pendaftaran pada program tersebut melalui situs perusahaan. Kamu akan langsung mendapat kode referral yang bisa digunakan oleh new customer. Kode referral juga memudahkan perusahaan melakukan tracking atas komisi/imbalan yang akan kamu peroleh.

  • Promosikan produk afiliasi

Salah satu cara untuk bisa memperoleh banyak komisi dari afiliasi adalah dengan mempromosikan kode referral milikmu dan membuat semakin banyak audiens yang tahu, serta tertarik untuk ikut bergabung atau membeli. 

  • Kode referral milikmu akan digunakan

Setelah konsumen baru tertarik untuk bergabung atau membeli produk/jasa yang kamu tawarkan, mereka akan menggunakan kode referral milikmu. Setelah itu, kamu akan memperoleh komisi dari setiap kode referral yang digunakan new customer

  • Dapatkan komisi

Ketentuan pemberian komisi setiap perusahaan berbeda-beda. Kamu harus pastikan lebih dulu dengan perusahaan yang mengadakan program afiliasi. Ada yang langsung memberi komisi setelah konsumen mengisi form dan mendaftar menggunakan kode referral milikmu, dan ada juga yang memberikannya secara bertahap.

Baca juga: Strategi Marketing Efektif: Program Referral, Investree Juga Punya

Keuntungan program afiliasi

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh sebagai seorang affiliator. Diantaranya sebagai berikut:

  • Modal kecil. Kamu tidak membutuhkan modal karena kamu dapat menjual produk/jasa tanpa harus membelinya lebih dulu. Kamu cukup mempromosikannya agar new customer tertarik untuk membeli. 
  • Mendapat penghasilan tambahan. Kamu bisa mendapat penghasilan meski tidak bekerja di kantor. Ini bisa menjadi opsi bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan sampingan untuk mendapat penghasilan tambahan. 
  • Jam kerja yang fleksibel. Bekerja dengan jam kerja fleksibel adalah impian banyak orang. Nah, dengan menjadi affiliator, tidak ada kontrak yang mengikat jam kerja. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan jam kerja yang terbaik.  
  • Bisa bekerja dari rumah. Kamu dapat melakukan promosi kode referral dari mana saja dan hanya perlu sambungan internet. Itu mengapa, afiliasi adalah bentuk pekerjaan yang sempurna untuk kamu yang tidak suka bekerja kantoran. 

Contoh program afiliasi terbaik

Ada banyak pilihan afiliasi yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut Investree rangkup program afiliasi terbaik yang cocok untuk kamu pilih. Simak, yuk!

Amazon Associates

Program afiliasi ini membuka peluang bagi para affiliator untuk memasang iklan di situs mereka. Setiap pembelian yang dilakukan melalui link iklan tersebut akan menghasilkan komisi (reward) yang bisa kamu klaim.

Untuk bisa bergabung dalam program afiliasi ini, caranya sangat mudah. Daftarkan dirimu dengan membuat akun di website Amazon, lalu tunggu sampai pendaftaran disetujui. Setelah berhasil, kamu bisa langsung menempatkan link di situs milikmu untuk mendapatkan uang. 

Kenapa program afiliasi Amazon layak kamu pilih? Ya, karena popularitasnya sangat bagus dan kamu akan memperoleh layanan afiliasi yang andal. Tampilan banner iklan juga bisa di-custom. Pengunjung dapat melihat berbagai produk yang tersedia di situs Amazon, sehingga kesempatan transaksi jual beli semakin tinggi.  

Tiktok Affiliate

Apa itu TikTok Affiliate? TikTok Affiliate adalah program afiliasi di bawah naungan aplikasi TikTok yang menjadi wadah bertemunya antara affiliate (affiliator) dengan seller yang membuka toko di aplikasi TikTok Shop. 

Kamu sebagai affiliator cukup membuat konten di aplikasi TikTok untuk mempromosikan produk yang dijual seller. Setiap produk yang berhasil terjual, kamu akan memperoleh komisi sesuai perjanjian. Banyak yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan, namun tak sedikit pula affiliator yang berhasil memperoleh banyak uang dari pekerjaan ini. 

Dengan menjadi affiliator di TikTok, kamu juga berpeluang menjadi influencer yang bisa mendatangkan lebih banyak potensi keuntungan. Makin banyak produk yang berhasil kamu jual, makin besar komisi yang bisa diperoleh.     

Ajak Teman by Investree 

Program afiliasi milik Investree ini terbuka bagi para Lender aktif yang telah terverifikasi Investree. Kamu sebagai affiliator bisa mengajak teman, kolega, atau keluarga untuk mendaftar menjadi New Lender atau Borrower di Investree. 

Kamu akan mendapat kode referral pada dashboard Lender untuk digunakan oleh New Lender atau Borrower tersebut saat mendaftar pertama kali. Program ini memungkinkan kamu memperoleh komisi berupa uang tunai, bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Bagaimana cara mengikuti program Ajak Teman? Berikut tahapannya:

  1. Masuk ke akun Investree milikmu dan pilih menu “Ajak Teman”.
  2. Temukan kode atau link referral pada dashboard.
  3. Perkenalkan Investree kepada teman, keluarga, dan kolega kamu.
  4. Referee (orang yang menerima referral) harus memasukkan kode referral saat proses registrasi awal, baik itu sebagai Lender ataupun Borrower.
  5. Tunggu notifikasi dari proses verifikasi Referee yang telah mendaftar.
  6. Reward berupa komisi akan dikreditkan ke Dompet Referral milikmu.
  7. Cairkan reward tersebut ke rekening kamu.   

Untuk referee berupa Lender, persentase komisi yang bisa kamu peroleh adalah 0,5% dari nilai pendanaan yang akan dibayarkan 100% setelah pendanaan berhasil disalurkan kepada Borrower. Untuk referee berupa Borrower, persentase komisi 0,5% dari nilai pinjaman – yang akan dibayarkan 30% setelah disbursement dan 70% setelah pelunasan pinjaman oleh Borrower.  

Jika kamu berhasil mengajak 5 Lender yang masing-masing menyalurkan pendanaan sebesar Rp100 juta, kamu bisa memperoleh total komisi sebesar Rp2,5 juta. Lumayan banget, kan?

Nah, buat kamu yang tertarik – kamu bisa daftar sebagai Lender Investree di sini. Tak lupa, cek juga syarat dan ketentuan program Ajak Teman Investree. Kamu bisa menghubungi [email protected] atau 1500886 untuk informasi lebih lanjut.