Marketplace Lending

8 Kekurangan dan Kelebihan Pemasaran Online, Wajib Tahu

Ada berbagai kekurangan dan kelebihan pemasaran online yang penting Anda ketahui. Meski lebih banyak kelebihannya seperti hemat biaya dan menjangkau lebih banyak orang, pemasaran online juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari kelebihan dan kekurangan pemasaran online dibawah ini.

Kelebihan Pemasaran Online

1. Jangkauan yang Luas

Pemasaran secara online bisa menjangkau pasar yang tidak terbatas. Hal ini membuat peluang untuk mendatangkan pelanggan yang potensial jauh lebih besar. Jangkauan pasar pemasaran secara online memang tidak terbatas karena hampir semua orang dari belahan dunia mana saja menggunakan internet di kehidupan sehari-harinya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Hemat Biaya

Kelebihan lainnya yaitu hemat biaya. Jika promosi offline banyak memakan biaya, cara online justru kebalikannya. Biaya untuk promosi online hanya pada penggunaan internet saja. Jika memang ingin yang lebih praktis, Anda bisa mempekerjakan jasa promosi secara online. Meski harus membayar biaya jasanya, Anda tetap bisa hemat dengan memilih paket harga yang terjangkau dan bisa mendapatkan banyak hasil dari pemasaran online.

3. Target Pasar yang Sesuai

Menggunakan internet untuk mempromosikan sebuah produk bisa dengan mudah menentukan target pasar yang sesuai. Internet membuat semua kegiatan promosi bisa sampai pada semua masyarakat. Produk akan lebih mudah dikenal dan memungkinkan siapa saja untuk membelinya meski berbeda Negara sekalipun.

4. Hemat Tenaga dan Waktu

Pemasaran online juga sangat hemat waktu dan tenaga. Tidak perlu membagikan brosur, tidak perlu berkeliling, calon pembeli datang sendiri nantinya. Berkembangnya era digital saat ini membuat banyak orang lebih suka melakukan pembelian secara online dan mencari produk baru juga secara online.

5. Terhubung dengan Pelanggan secara Real Time

Dengan pemasaran online, Anda bisa terhubug dengan para calon pembeli 7/24 jam. Ini tentu lebih memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi nantinya. Misalnya calon pembeli ingin menanyakan lebih detail tentang promosi produk, penjual bisa langsung memberikan respon.

Kekurangan Pemasaran Online

1. Tergantung pada Kecanggihan Teknologi

Kegiatan pemasaran secara online sangat bergantung pada kecanggihan teknologi yang ada. Resiko untuk terjadinya kesalahan salah teknis di sini cukup besar. Misalnya jika ada gangguan server, marketplace tidak bisa dibuka. Tentu ini akan merugikan Anda meski hanya beberapa menit.

2. Peraturan yang Sering Berubah

Dalam prakteknya, pemasaran online biasanya terkendala dengan aturan marketplace sering berubah. Tentu ini harus diperhatikan bagi para pelaku bisnis dan juga pembelinya.

3. Masih banyak Masyarakat yang Belum Terbiasa

Meski sudah memasuki era digital, bukan berarti sudah semua orang menguasai penggunaan smartphone dan internet. Masih banyak orang yang tidak mengenal internet sehingga promosi online tidak bisa sampai pada masyarakat tersebut. Bahkan ada yang hanya ingin mencari informasi produk namun tetap melakukan pembelian secara offline, karena takut penipuan atau masih tidak tahu caranya.

Kelebihan dan kekurangan pemasaran online bisa dijadikan pertimbangan, strategi pemasaran mana yang sesuai dengan bisnis yang dimiliki sekarang. Sebab, ada usaha yang lebih cocok menggunakan salah satu strategi ada juga yang lebih bisa berkembang jika menggunakan kedua strategi pemasaran tersebut. Jangan lupa modal juga harus Anda miliki. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Redaksi BisnisUKM. 14 October 2019. Marketing Online Punya Kelebihan dan Kelemahan Ini. Bisnisukm.com : https://bit.ly/3A1RuHA

Share this Post