Investasi

Berkenalan dengan Sukuk Ritel, Investasi Berprinsip Syariah yang Aman Dijamin Pemerintah

Merayakan 75 tahun kemerdekaan Indonesia, pemerintah Indonesia menawarkan Sukuk Ritel seri SR013 kepada masyarakat. Selain bermanfaat dan berprinsip syariah, instrumen ini juga aman karena dijamin oleh pemerintah RI. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, seperti tingkat imbalan tetap 6,05% per tahun serta dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder, tentu membuat instrumen ini menjadi pilihan yang tepat saat ini. Sebelum berinvestasi SR013, pelajari dan riset tentang Sukuk Ritel dulu, yuk, agar lebih yakin!

Apa itu Sukuk Ritel?

Sukuk ritel adalah Surat Berharga Syariah Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan dan ditawarkan kepada individu Warga Negara Indonesia sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan bermanfaat. Selain mendapatkan berbagai manfaat sebagai investor, Anda juga berkesempatan untuk berkontribusi dalam pembiayaan bagi pembangunan nasional.

Manfaat berinvestasi Sukuk Ritel

1. Sesuai dengan prinsip syariah

Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi syariah, Sukuk Ritel dapat menjadi pilihan yang tepat. Investasi Sukuk telah diakui dan dijamin oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengacu pada Fatwa DSN-MUI No.76/DSN-MUI/VI/2010 tentang SBSN Ijarah Asset to be Leased. Selain itu, instrumen Sukuk Ritel juga telah mendapatkan pernyataan kesesuaian Syariah (opini Syariah) dari DSN-MUI (B-141/DSN-MUI/II/2019).

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, investasi syariah bebas gharar (pemberian informasi yang kurang lengkap) dan maisir (transaksi yang mengandung unsur taruhan) sehingga lebih aman dan stabil. Kemudian, investasi syariah juga bebas riba dan bermanfaat secara sosial. Tentu sayang melewatkan kesempatan berinvestasi syariah, terutama yang rendah risiko dan penuh manfaat seperti Sukuk Ritel.

2. Aman dijamin pemerintah

Karena bersifat resmi, pokok dan imbalan atas investasi Sukuk Ritel dijamin oleh pemerintah serta tertuang dalam Undang-Undang nomor 19 tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara. Dana yang digunakan untuk membeli Sukuk Ritel terjamin dan sebisa mungkin tidak akan terpotong, begitu pula dengan imbalan yang akan diterima berkala setiap bulannya. Berkat adanya jaminan tersebut, Anda pun terhindarkan dari risiko gagal bayar (default risk) yang biasanya melekat di instrumen investasi lain. Bagi Anda investor dengan karakter konservatif, jangan sampai melewatkan penawaran Sukuk Ritel ini, ya!

3. Tingkat imbalan tetap setiap bulannya

Berbeda dengan berbagai instrumen investasi lainnya, investasi Sukuk Ritel menawarkan imbalan yang tetap setiap bulannya. Tingkat imbalan diumumkan bahkan sebelum masa penawaran. Sebagai instrumen yang rendah risiko, Sukuk Ritel dapat memberikan Anda pendapatan pasif yang pasti setiap bulannya.

4. Mengurangi risiko likuiditas

Risiko likuiditas merupakan salah satu risiko yang perlu diperhatikan saat memilih instrumen investasi. Dengan berinvestasi Sukuk Ritel, risiko ini dapat diminimalisir karena dapat diperdagangkan kembali di Pasar Sekunder setelah melewati minimum holding period yang berlaku. Dalam penawaran Sukuk Ritel SR013 adalah setelah dua kali pembayaran imbalan sebelum dapat diperdagangkan kembali. Terkait hal ini, Investree bekerja sama dengan Bina Artha Sekuritas untuk memudahkan investor Sukuk Ritel di Investree untuk menjualnya di Pasar Sekunder.

5. Berkontribusi bagi pembangunan nasional

Sukuk Ritel merupakan instrumen investasi yang istimewa di mana selain mendapatkan berbagai manfaat, investor juga bisa berkontribusi bagi kemajuan pembangunan nasional. Merupakan #InvestasiRakyatPenuhManfaat, penerbitan Sukuk Ritel bertujuan untuk membiayai APBN dan pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia. Kita perlu bangga karena dapat menunjukkan cinta terhadap negeri dengan mendukung kemajuan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan bersama melalui investasi pada Sukuk Ritel.

Sukuk Ritel seri SR013 sekarang sudah bisa dipesan!

Untuk mendukung misi pemerintah RI untuk membangun negeri dan membangun kebiasaan berinvestasi masyarakat, Investree kembali bekerja sama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam menawarkan dan menjual Sukuk Ritel seri SR013.

Dengan masa penawaran 28 Agustus – 23 September 2020, SR013 akan memberikan Anda tingkat imbalan tetap 6,05% p.a. yang akan dibayarkan setiap bulannya. Tanpa modal besar, Anda dapat berinvestasi SR013 mulai dari Rp 1 juta. Pembayarannya juga mudah melalui Bank Persepsi, Bukalapak, Tokopedia, dan lembaga persepsi lainnya. Instrumen investasi SR013 ini juga dapat Anda perdagangkan kembali di Pasar Sekunder setelah 2 (dua) kali pembayaran imbalan. Selain itu, juga ada potensi keuntungan yang dapat Anda peroleh apabila selisih harga (capital gain) yang lebih tinggi pada saat penjualan. Jangan sampai ketinggalan, pesan sekarang di http://investr.ee/investasi-SR013.

Tertarik untuk berinvestasi aman dan penuh manfaat serta sesuai prinsip syariah, sekarang adalah saat yang tepat. Apalagi sudah ada cara yang mudah dan 100% online untuk melakukannya serta mendukung pembangunan nasional. Yuk, bangun semangat cinta negeri dengan #InvestasiRakyatPenuhManfaat Sukuk Ritel seri SR013!

Referensi:

Fiona Ho. (2016, Juni). Investing In Sukuk: How Does It Work? iMoney: https://www.imoney.my/articles/investing-in-sukuk-how-does-it-work

Share this Post

Artikel Terbaru