Investasi

Investasi Aman Milik Pemerintah Melalui Savings Bond Ritel SBR005

Dalam hukum investasi, risiko selalu berbanding lurus dengan return yang ditawarkan investasi. Bila risiko pada suatu instrumen investasi tergolong besar, otomatis return yang ditawarkan juga besar, begitu pula sebaliknya. Hal ini kembali lagi pada karakter Anda sebagai investor. Apakah termasuk yang konservatif, moderat, atau agresif.

Konservatif adalah karakter investor yang suka bermain aman. Lebih mengutamakan keutuhan dana investasinya ketimbang tawaran return yang besar. Moderat adalah karakter investor yang sedikit lebih berani mengambil risiko meski tetap berhati-hati. Karakter investor yang seperti ini juga membagi portofolio investasinya ke jenis investasi yang berisiko sedang/tinggi. Agresif adalah karakter investor yang lebih mengutamakan mendapat profit tinggi meski harus menghadapi risiko yang besar. Hampir atau seluruh portofolio investasi bisa ditempatkannya ke instrumen investasi saham.

Jika Anda lebih memilih menjadi investor yang konservatif, Investree punya beberapa tips agar Anda bisa berinvestasi dengan aman. Simak yang berikut ini!

#1 Pahami tujuan dari investasi yang dilakukan

Investasi hanya berupa alat (tools) untuk mencapai apa yang menjadi tujuan finansial Anda. Jadi saat Anda akan berinvestasi, sebaiknya tetapkan satu tujuan yang jelas. Bila Anda punya banyak tujuan finansial yang berbeda, Anda bisa dengan mudah melakukan diversifikasi. Untuk tujuan finansial jangka pendek, Anda harus memilih instrumen investasi seperti deposito, reksa dana pasar uang, marketplace lending, atau tabungan berjangka. Kemudian untuk kebutuhan jangka panjang, Anda bisa memilih instrumen investasi seperti reksa dana saham, emas dan properti, atau bermain di investasi saham langsung.

#2 Cari tahu lebih dalam profil investasi yang akan dipilih

Penting untuk mengetahui dari mana sumber profit dari investasi yang akan dipilih. Lalu, ke produk investasi apa dana investasi Anda akan disalurkan, juga harus Anda ketahui. Juga pahami risiko yang akan muncul dari investasi yang dilakukan. Yang paling penting, perhatikan legalitas dari instrumen investasi yang dipilih. Pastikan telah mendapat legalitas dari lembaga berwenang seperti Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

#3 Pelajari bagaimana dana investasi Anda dikelola

Anda tidak mungkin menyerahkan dana investasi begitu saja, bukan? Terutama pada produk investasi berupa reksa dana di mana uang Anda dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI). Oleh karena itu, Anda wajib mempelajari bagaimana MI Anda memutar uang yang Anda miliki. Jika ingin stress-free, Anda harus berinvestasi pada produk-produk investasi yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti Surat Utang Negara yang terdiri dari Savings Bond Ritel, Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan, atau Obligasi Negara Ritel/Obligasi Republik Indonesia (ORI) karena dijamin oleh negara, sehingga risikonya relatif lebih rendah.

Nah, untuk memfasilitasi hal itu, Pemerintah kembali Savings Bond Ritel SBR005 pada awal tahun ini. SBR005 merupakan Surat Utang Negara yang ditawarkan kepada investor ritel. Jadi, seluruh masyarakat Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk membeli SBR005 yang mulai diperdagangkan pada tanggal 10-24 Januari 2019. Apalagi sekarang sudah diperdagangkan secara online (Surat Berharga Negara Elektronik), calon investor dapat melakukan pemesanan secara mudah di mana saja dan kapan saja melalui gadget-nya. Keuntungannya banyak, antara lain:

  • Aman, dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia.
  • Tingkat kupon 8,15% p.a. minimal dan mengambang (floating with floor).
  • Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo.
  • Pemesanan mudah dan fleksibel, 100% online.
  • Minimal pemesanan Rp 1 juta, siapa pun bisa berpartisipasi.
  • Alternatif investasi baru dengan tingkat risiko yang relatif rendah.
  • Berlaku pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50% dari minimal pemesanan Rp 2 juta tanpa biaya pelunasan (setelah 12 bulan).
  • Kupon dibayarkan setiap bulan oleh Penerbit.
  • Tanpa biaya tambahan untuk pembelian maupun pencairan.

Sesuai dengan tema SBR005 tahun ini yaitu pendidikan, dengan berinvestasi SBR005, berarti Anda turut berkontribusi terhadap pembangunan pendidikan bangsa karena seluruh dana yang diterima dari penerbitan SBR005 ini akan digunakan sebagai sumber pendanaan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta untuk membiayai kegiatan-kegiatan produktif yang berkaitan dengan pendidikan.

Sedikit tips dari kami, jika ingin membeli SBR005, lakukan pembelian di Midis yang memberikan keuntungan atau nilai lebih seperti Investree. Kali ini, Investree memberikan promo cash back hingga 1% untuk pembelian hanya di sbn.investree.id. Syarat dan ketentuan berlaku. Ingat, ya, penawaran terbatas hanya 10-24 Januari 2019.

Diolah dari berbagai sumber:
Cermati Agregasi. 20 Mei 2017. Cara Investasi yang Aman untuk Pemula. Okezone.com: https://bit.ly/2FiKICD
Admin. 22 Juli 2008. Anda Tipe Investor yang Mana?. Kompas.com: https://bit.ly/2H0mik0

Share this Post

Artikel Terbaru