How-To

Ini Langkah Awal Memulai Usaha yang Perlu Anda Kenali

Langkah awal memulai usaha penting Anda ketahui dari sekarang. Terlebih lagi, jika Anda adalah pengusaha muda dan belum pernah memiliki pengalaman dalam berwirausaha sama sekali. Pastinya Anda belum tahu apa saja langkah awal memulai usaha yang harus dipersiapkan dengan matang supaya nantinya usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, Anda bisa pelajari beberapa langkah-langkah awal yang harus dipersiapkan saat Anda memulai usaha dibawah ini.

4 Langkah Awal Memulai Usaha yang Sukses

Ada beberapa langkah awal memulai usaha yang harus Anda pelajari dan Anda terapkan dengan sebaik mungkin. Hal tersebut merupakan hal-hal yang wajib ada dan dipersiapkan oleh setiap pengusaha yang akan merintis usaha baru. Tanpa persiapan ini, maka nantinya ketika usaha sudah mulai dijalankan, akan sangat rawan terdapat kebingungan dan masalah di dalamnya.

1. Menentukan Tujuan Usaha

Hal pertama dalam melakukan usaha yang harus Anda persiapkan yakni Anda harus mengetahui bidang usaha apa yang akan dijalani. Tentunya, sebelum menentukan hal tersebut Anda seharusnya melakukan survey pasar terlebih dahulu. Selanjutnya, tentukan jenis usaha yang cocok di lingkungan Anda.

Setelah bidang usaha telah Anda tentukan, selanjutnya silahkan menentukan tujuan atau visi serta misi usaha Anda. Sebab, usaha yang dijalankan tanpa sebuah tujuan, maka hal tersebut tidak akan mempunyai target serta hasil akhir yang jelas.

2. Menentukan Target Sasaran Pasar

Setelah tujuan dari usaha ditentukan, maka Anda wajib menentukan target pasar atau sasaran konsumen dalam usaha tersebut. Hal ini akan menentukan kesuksesan penjualan produk Anda di pasaran nantinya. Jika target pasar jelas, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat inovasi.

Sesuaikan inovasi yang Anda buat dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Jika konsumen menyukai produk Anda dan inovasinya, maka bukan tidak mungkin bahwa produk tersebut akan laris-manis di pasaran.

3. Membuat Rencana Terkait Semua Sektor Usaha

Selanjutnya, sebagai seorang wirausaha yang baru Anda juga harus membuat perencanaan usaha Anda secara rinci dan jelas. Hal ini termasuk jenis usaha, mekanisme pelaksanaan produksi dan distribusi, alat-alat yang dibutuhkan, modal, serta sumber daya manusia yang akan turut membantu terlaksananya usaha tersebut.

Dalam perencanaan ini setiap poin harus Anda jabarkan dengan lengkap dan terperinci. Sebab, perencanaan usaha tersebut nantinya akan dijadikan acuan atau pedoman Anda dalam menentukan setiap keputusan usaha. Oleh sebab itu, dalam membuat perencanaan haruslah matang dan sebaiknya ditinjau berulang-ulang.

4. Mempersiapkan Modal

Untuk tahap awal memulai usaha yang terakhir yakni mempersiapkan modal berdasarkan perencanaan yang telah Anda buat. Tanpa modal awal atau biaya, usaha Anda tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, persiapkan modal dengan terencana.

Untuk urusan modal ini, Anda jangan terlalu berlebihan dalam mengalokasikan dananya. Sebab, jika Anda terlalu boros dalam pengadaan modal, hal itu juga bisa berdampak negatif pada keuangan perusahaan nantinya. Persiapkan dan analisa berapa modal yang dibutuhkan dengan hati-hati.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti membuka cabang, menambah jumlah produksi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

 

Itulah langkah awal memulai usaha yang harus Anda lakukan sebaik mungkin. Jangan sampai ada satu saja yang tertinggal. Pastikan semuanya telah siap dan mampu diimplementasikan saat usaha yang dirintis sudah dimulai. Sebagai seorang wirausaha, Anda juga harus selalu mampu melihat peluang yang ada serta jeli dalam segala analisa agar usaha yang dijalani tetap berjaya dan tidak gulung tikar begitu saja.

Referensi :

Gilar Ramdhani. 01 Okt 2019, 10:02 WIB. 6 Langkah Praktis Memulai Bisnis dari Nol, Tentukan Pilihan Hingga Atur Keuangan. Liputan6.com : https://bit.ly/3H8KtrA

Share this Post

Artikel Terbaru