Bisnis

Tips Membuka Bisnis Pakaian Beserta Rincian Modalnya

Cara memulai bisnis pakaian penting Anda ketahui agar bisnis pakaian bisa berjalan dengan baik dan lancar. Bisnis pakaian saat ini laris manis karena pakaian sudah menjadi kebutuhan pokok sehingga semua orang sangat membutuhkannya. Peluang ini harus Anda manfaatkan dengan baik agar bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal. Untuk menjalankan bisnis pakaian, Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

5 Tips Membuka Bisnis Pakaian

1. Ketahui Jenis-Jenis Pakaian dan Bahannya

Sebagai penjual pakaian, Anda harus mengetahui jenis-jenis pakaian yang dijual beserta bahan yang digunakan. Tips ini penting dilakukan supaya saat ada konsumen yang bertanya bisa menjawabnya selain itu Anda tidak akan salah mendeskripsikan barang. Menjual pakaian secara online maupun offline tetap saja harus memiliki pengetahuan mumpuni tentang apa yang dijualnya. Jelaskan dengan detail tentang pakaian yang dijual supaya pelanggan puas membeli barang di toko Anda.

2. Tentukan Jenis Pakaian yang Akan Dijual

Seperti yang diketahui jika jenis pakaian yang ada di pasaran sangat banyak. Namun, Anda tidak perlu menjual semua jenis pakaian. Anda bisa memilih jenis pakaian apa yang dijual dan disesuaikan dengan target pasarnya. Cara untuk menentukan jenis pakaian yang dijual sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan survei mengenai jenis pakaian apa yang saat ini sedang disukai ataupun laris di pasaran.

3. Mencari Supplier Pakaian

Setelah menentukan jenis pakaian apa yang akan dijual, Anda perlu untuk mencari supplier pakaian. Dalam mencari supplier dibutuh keuletan dan kehati-hatian supaya mendapatkan supplier yang tepat.

Anda disarankan untuk mencari supplier yang meyakinkan yaitu bisa dan mau menjelaskan secara detail tentang barang dan kualitasnya terjamin. Setelah menemukan supplier yang tepat Anda bisa langsung mengajak bekerja sama. Sebelum ada kesepakatan perlu adanya negosiasi membahas tentang harga, dan sebagainya.

4. Membuka Toko

Tips memulai bisnis pakaian selanjutnya yaitu membuka toko. Jika Anda memiliki modal yang besar bisa membuka toko offline. Tetapi jika modalnya masih sedikit bisa memulai usaha ini dengan membuka toko kecil. Desain toko se unik dan senyaman mungkin supaya pelanggan tertarik untuk datang ke toko Anda.

Sebenarnya menjalankan bisnis ini tidak harus dengan membuka toko. Anda juga bisa menjalankan bisnis ini secara online dan menjualnya melalui media sosial. Semua itu tergantung dengan modal dan kesiapan Anda dalam menjalankan bisnis ini.

5. Melakukan Promosi Menarik

Sebagai pemula dalam bisnis ini berarti toko Anda belum dikenal banyak orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar toko Anda dikenal orang adalah dengan melakukan promosi. Anda bisa menarik konsumen dengan cara memberikan promo seperti cashback atau diskon. Promo ini tidak harus dilakukan terus, Anda bisa memberikan promo di hari-hari tertentu. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial.

Rincian Modal Bisnis Pakaian

Berikut ini rincian modal bisnis pakaian yang harus dipersiapkan:

Sewa tempat Rp 8000.000

Biaya stok awal produk Rp 7000.000

Biaya beli etalase Rp 1500.000

Biaya promosi Rp   300.000

Biaya gaji karyawan (2 orang) Rp  2000.000

Biaya listrik dan internet Rp    300.000

Biaya lain-lain Rp 1500.000

Total Rp 20.600.000

Jadi, perkiraan modal yang harus dipersiapkan adalah Rp 20.600.000

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis pakaian, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis pakaian dengan lancar dan maksimal.

Itulah informasi tentang cara memulai bisnis pakaian beserta rincian modalnya. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda yang berencana akan menekuni bisnis ini. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Bikin.co. 28 Mei 2019. Tertarik Memulai Bisnis Pakaian? Intip Dulu 10 Tips Sukses Ini. Bikin.co. https://bit.ly/3GA5o5y

Cornelia Lyman. 12 Maret 2021. Rincian Modal usaha Pakaian (lengkap). Blog.avana.id. https://bit.ly/3rQ1Sjw

Share this Post