How-To

Berikut 6 Strategi Pemasaran Online yang Menguntungkan

Strategi pemasaran online menjadi salah satu hal penting yang harus Anda terapkan agar usaha semakin berkembang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat melakukan pemasaran online. Tak hanya itu pemasaran online sekarang menjadi salah satu strategi marketing yang efektif karena sekarang sudah masuk pada era digital. Di sini ada beberapa strategi pemasaran online yang bisa menaikkan penjualan secara efektif.

1. Personal Branding

Personal branding adalah salah satu strategi pemasaran yang cukup penting. Ini dilakukan secara online maupun offline. Inti dari personal branding adalah mengutamakan kekuatan brand atau merk.

Kekuatan merk sangat dibutuhkan karena konsumen hanya akan melirik merk ternama daripada yang belum populer di pasaran. Pada usaha online sendiri, kekuatan merk sangat berperan penting apabila konsumen mencari produk yang baik melalui Google, jika merk sudah terkenal maka peringkatnya ada di atas mesin pencarian.

2. Konten Marketing

Selanjutnya ada konten marketing, ini biasanya konten yang berisi review produk. Strategi pemasaran ini juga patut dicoba karena bisa mendatangkan konsumen yang membeli produk dalam konten yang dibuat.

Konten marketing ini bisa berupa artikel maupun video singkat. Untuk sekarang ini banyak yang menggunakan artikel informatif untuk mengarahkan konsumen pada situs penyedia jasa atau penyedia barang bermerk dan berkualitas premium. Jangkauan konten marketing ini sangat luas karena tersebar di media sosial. 

3. Search Engine Optimization

Selanjutnya ada Search Engine Optimization, ini tentu sudah tidak asing bagi para penulis artikel. Search Engine Optimization merupakan salah satu wujud dari marketing digital yang sudah lama sekali dipakai para pelaku usaha online. Pelaku usaha yang mengerti akan Search Engine Optimization, tentu sangat paham pentingnya peringkat Search Engine Optimization yang bagus.

Saat produk Anda berada di urutan pertama mesin pencari artinya strategi pemasaran ini berhasil. Peluang untuk mendapatkan banyak konsumen dan peningkatan penjualan semakin tinggi.

4. Optimisasi Konversi

Strategi pemasaran online yang satu ini biasanya digunakan bagi pelaku usaha online yang sudah lama berkecimpung di usaha online. Pelaku usaha yang pengetahuan akan pemasaran digitalnya sudah luas pasti akan paham dengan optimasi konversi.

Sederhananya, pemasaran online ini adalah cara untuk menarik pengunjung website melakukan pembelian atau sebagai sumber uang. Misalnya, ada fitur dari Google yaitu Google Ads. Cara kerja fitur tersebut adalah membuat orang yang masuk atau mengunjungi situs Anda mayoritas melakukan pembelian produk yang ada pada situs Anda.

5. Sosial Media Marketing

Ini merupakan pemasaran online yang banyak digunakan para pelaku usaha. Mengingat media sosial sekarang sedang banyak digunakan dan diminati masyarakat. Pengguna media sosial sendiri sangat banyak dan dari seluruh penjuru dunia. Ragamnya sendiri ada banyak seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan yang akhir-akhir ini viral adalah TikTok.

Meski tidak pasti orang yang melihat iklan atau promosi produk melalui akun media sosial melakukan pembelian, namun merk dari produk yang dipasarkan akan dikenal secara luas. 

6. Email Marketing

Cara pemasaran online yang terakhir adalah dengan email. Cara ini mungkin banyak dianggap sebagai spam oleh konsumen karena jarang ada yang membuka dan membacanya. Meski begitu, Anda bisa mencoba cara ini.

Pastikan isi email adalah penawaran produk atau jasa dengan potongan harga yang fantastis. Hal ini biasanya cukup menarik perhatian para konsumen yang menerima email penawaran produk tersebut. Cara ini sendiri dikenal hemat karena tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Strategi pemasaran online yang ada bisa dipadukan untuk mendapat hasil yang maksimal. Pastikan strategi pemasaran yang dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Gunakan strategi pemasaran dengan bijak agar tidak mendatangkan kerugian. Untuk menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads atau menggunakan jasa pemasaran online, Anda perlu modal yang cukup. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Muhammad Robith Adani. November 24, 2020. 8 Strategi Pemasaran Produk Secara Online dan Efektif untuk Bisnis. Sekawanmedia.co.id : https://bit.ly/3kVZGTH

Share this Post