Mengenal Brand Awareness: Definisi dan Pentingnya dalam Membangun Brand

Mengenal Brand Awareness: Definisi dan Pentingnya dalam Membangun Brand

Mengenal Brand Awareness: Definisi dan Pentingnya dalam Membangun BrandBrand awareness atau kesadaran merek adalah sebuah strategi pemasaran yang memperlihatkan tingkat kemampuan pelanggan untuk mengenal sebuah brand hanya dengan melihat suatu hal yang ada dalam brand tersebut, salah satunya logo. 

Untuk menjalankan strategi ini, bisnis bisa menggunakan sosial media atau platform yang banyak digunakan pelanggan, seperti Facebook atau Instagram.

Definisi

Dilansir dari Investopedia, brand awareness merupakan sebuah istilah marketing yang menggambarkan tingkat kesadaran konsumen pada sebuah produk atau jasa dari sebuah brand.

Mengutip dari Alexabrand awareness dapat dijadikan tolok ukur mengenai sejauh mana konsumen mengenal dan mengingat sebuah brand.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Jadi, mengapa brand awareness sangat penting untuk sebuah perusahaan?

Apabila konsumen bisa mengingat atau mengenal sebuah brand dengan baik, hal ini bisa berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Konsumen pasti lebih memilih brand yang sudah mereka kenal

Misalnya, Anda pergi ke sebuah supermarket. Kemudian, Anda ingin membeli sabun untuk kebutuhan sehari-hari.

Sekilas Anda melewati rak yang berisi banyak sekali pilihan sabun. Tanpa pikir panjang, pasti Anda akan memilih brand sabun yang sudah sering digunakan, bukan?

Jadi, begitulah brand awareness bekerja. Kesadaran merek bisa mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian pada brand yang sudah dikenal. Kesadaran merek terlihat seperti sesuatu yang abstrak. Akan tetapi, meskipun tidak bisa diukur dengan pasti, bukan berarti brand awareness tidak penting.

Baca juga: Brand Awareness dalam Bisnis B2B: Apakah penting?

Pentingnya dalam Membangun Brand

Brand awareness mempunyai peran yang sangat penting untuk mempengaruhi tindakan konsumen. Jika konsumen mengenal dan mempunyai pemahaman yang baik pada sebuah brand, mereka biasanya lebih memilih produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand tersebut. Selain itu, kesadaran merek juga bisa membantu brand untuk membangun reputasi yang positif dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Tingkat kesadaran merek yang tinggi juga bisa membantu brand untuk memperluas jangkauan pasarnya. Hal ini karena konsumen akan lebih mudah mengingat dan menggunakan brand yang mereka kenal jika membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand tersebut.

Fokus utama sebuah bisnis yaitu untuk mendapatkan profit. Bagaimana bisa profit jika bisnis Anda tidak bertahan. Nah, supaya bisa bertahan dari banyaknya kompetitor yang bisnisnya sama, itu artinya Anda membutuhkan brand awareness. 

Mengapa demikian? Mungkin Anda sudah mempunyai sebuah brand. Anda harus menghasilkan produk dan apakah sudah memiliki nama brand? Nah, jika Anda sudah mempunyai brand? Maka, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan, yaitu bagaimana caranya untuk membuat masyarakat aware atau mengenal.

Jadi intinya, kesadaran merek adalah istilah yang mengarah pada upaya untuk membuat masyarakat mengenal produk Anda hanya dengan mendengar nama atau hanya melihat logo dari brand Anda.

Selain itu, Ada level lain yang harus Anda capai. Anda sukses membangun brand ketika masyarakat dapat membedakan mana produk dari brand milik Anda dan mana produk dari kompetitor, baik itu dari segi harga, kualitas, pelayanan, fitur, dan lain-lain.

Manfaatnya bagi Bisnis

1. Meningkatkan Traffic pada Website

Dilansir dari StickFriends, Kampanye brand awareness yang kuat bisa membantu  bisnis Anda untuk menghasilkan organic traffic pada website. Tingkat pencarian brand inilah yang menjadi sebuah kunci untuk mengukur kesadaran merek.

Bahkan, sebagian besar konsumen biasanya lebih cenderung untuk melakukan pembelian dari brand yang sudah mereka kenal melalui situs web dari merek tersebut yang mereka ketahui. Selain itu, kesadaran merek dan afinitas merek bisa meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi iklan online hingga tiga kali lipat. 

2. Kesadaran Merek yang Baik bisa Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Semakin banyak orang yang mengetahui brand Anda, maka semakin mudah juga untuk membangun kepercayaan. Jadi, konsumen tidak harus melakukan riset dari awal untuk mengenal brand, jika brand Anda selalu jadi yang terdepan. 

3. Meningkatkan Persepsi atau Reputasi Sebuah Brand

Citra merek berbeda kesadaran merek. Persepsi atau citra sebuah merek ini lebih dari jumlah konsumen yang mengenal dan mengetahui brand Anda, tapi lebih berfokus kepada perasaan mereka mengenai merek Anda. Kesadaran merek di pasaran tidak akan bertahan lama apabila brand Anda mempunyai reputasi yang buruk.

4. Membantu Proses Pembuatan Konten dan Produk Dengan Baik

Dengan membangun brand awareness yang kuat, itu artinya Anda akan lebih mudah untuk membuat kampanye pemasaran yang lebih baik. Bukan hanya mencapai lebih banyak target audiens, tapi Anda juga bisa mengumpulkan lebih banyak data mengenai audiens Anda. 

Hal ini bisa membantu Anda untuk menyesuaikan upaya pemasaran, konten, produk atau jasa yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Inilah yang menjadikan kesadaran merek sangat penting untuk diperhatikan.

5. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Brand Awareness merupakan sebuah kunci utama dari seluruh strategi pemasaran, dimulai dari sosial media hingga SEO. Inilah yang membantu untuk membuat konsumen mengenal produk atau jasa dari brand Anda.

Brand awareness merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Tingkat kesadaran merek yang tinggi bisa membantu bisnis untuk memperluas jangkauan pasarnya dan mendapatkan lebih banyak konsumen. 

Brand awareness merupakan sebuah strategi yang bisa digunakan dalam berbagai bisnis, salah satunya dalam pinjaman bisnis. Bisnis Anda bisa tumbuh bersama, jadi Borrower di Investree, dengan kemudahan akses pinjaman dimulai dari 13 p.a.

daftar borrower investree