Brand Awareness: Pengertian dan Manfaan Bagi Bisnis B2B

Brand Awareness dalam Bisnis B2B: Apakah penting?

Brand awareness dalam bisnis B2B: Apakah penting? – Seiring berjalannya waktu, dunia digital marketing dalam B2B atau business to business semakin berkembang dengan pesat. 

Bahkan, klien pada B2B kini biasanya lebih sering melakukan pencarian melalui Google untuk menemukan solusi dari masalahnya. Sehingga Anda memerlukan strategi digital marketing B2B yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Menciptakan dan meningkatkan kesadaran merek dalam bisnis B2B juga memerlukan lebih banyak wawasan mengenai masalah konsumen Anda, dengan strategi pemasaran yang tepat dan disesuaikan dengan hal tersebut. Bahkan, strategi pemasaran yang efektif harus didukung dengan sumber daya yang tepat. 

Secara keseluruhan, meningkatkan brand awareness dalam bisnis B2B diikuti dengan label harga karena akan membutuhkan lebih banyak pertimbangan, melibatkan lebih banyak orang, dan membutuhkan lebih banyak persetujuan dari orang dengan kepentingan utama.

Brand awareness merupakan sebuah unsur yang selalu diperlukan dalam sebuah bisnis. Bukan hanya untuk menjual produk barang, tapi juga produk dan jasa. Di mana, brand awareness mempunyai peran untuk meningkatkan kesadaran atau wawasan masyarakat mengenai keberadaan produk dari sebuah brand.

Semakin kuat brand awareness Anda, maka masyarakat akan semakin dekat dan mengenal dengan baik jasa yang Anda tawarkan. Bahkan, selalu ada kemungkinan dimana masyarakat akan menggunakan jasa yang sudah dikenal daripada jasa sejenis yang tidak diketahui

Kenapa Harus Meningkatkan Brand Awareness?

Apabila cukup sulit, mengapa B2B harus bisa meningkatkan brand awareness? Hal ini karena, brand awareness bisa membangun kepercayaan. Peningkatan kepercayaan pada brand artinya lebih banyak jangkauan konsumen dan tetap berada di top of mind atau meningkatkan loyalitas merek. 

Lalu, apa artinya hal ini dalam jangka panjang? Baik sebagai pemasar atau brand, hal ini artinya Anda bisa menjual lebih banyak dan juga memberikan harga lebih tinggi jika Anda menginginkannya.

Baca juga: Mengenal Brand Awareness: Definisi dan Pentingnya dalam Membangun Brand

Apa Itu Bisnis B2B?

Mungkin untuk sebagian orang istilah ini sudah tidak asing untuk didengar. B2B atau business-to-business adalah bentuk transaksi yang dilakukan bisnis oleh satu perusahaan dengan perusahaan lain. Bisnis B2B ini bisa dikatakan berbeda dengan jenis bisnis yang biasanya Anda temukan.

Perusahaan B2B merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan apa yang diperlukan oleh perusahaan lain untuk menjalankan bisnisnya dan membantu untuk mengembangkan bisnis mereka.

Perusahaan ini juga mempunyai target konsumen yang berbeda dari perusahaan pada umumnya. B2B ini biasanya menawarkan bahan yang mentah, suku cadang yang siap digunakan pakai atau jasa lain yang diperlukan perusahaan lain untuk beroperasi dan mendapatkan banyak keuntungan.

B2B atau business-to-business adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk perusahaan yang menjual produk atau jasa untuk perusahaan lain. Perusahaan tersebut bisa perusahaan yang menawarkan jasa finance atau P2P Lending. Perusahaan dengan strategi pemasaran B2B biasanya mempunyai jasa yang hanya diminati oleh perusahaan lain.

Selain itu, strategi pemasaran B2B juga hanya berfokus terhadap beberapa perusahaan, tapi tingkat pembeliannya besar. Secara umum, strategi ini lebih informatif dan terang-terangan. Hal ini karena perusahaan, sebagai pelanggan dari bisnis B2B, akan mengambil keputusan pembelian sesuai profit dan ROI (return on investment).

Pentingnya Brand Awareness dalam Bisnis B2B

Pelanggan bisnis B2B mempertimbangkan perusahaan dengan citra yang baik untuk bermitra. Strategi pemasaran ini bisa meningkatkan brand awareness sehingga bisnis Anda akan lebih mudah dikenal.

Pemasar mungkin sering menganggap brand awareness sebagai kegiatan yang terkait B2C. 

Tapi nyatanya, pemasar B2B akan secara konsisten mendapatkan manfaat dalam jangka panjang dari menjangkau dan terhubung dengan konsumen mereka dengan  menggunakan cara yang membuat brand mereka mudah diingat oleh konsumen. 

Brand awareness atau nilai persepsi konsumen merek akan berkembang seiring berjalannya waktu. Ekuitas merek mendorong aktivasi jangka pendek dan pertumbuhan dalam jangka panjang.

Brand awareness bisa membantu untuk membangun kepercayaan masyarakat pada bisnis yang Anda jalankan. Kesadaran merek juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

B2B ini merupakan bisnis yang sangat cocok bagi Anda yang mempunyai modal dalam jumlah banyak. Bisnis ini juga cocok bagi Anda yang tidak ingin repot untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan model bisnis ini juga akan mempunyai klien yang tetap karena akan sangat jelas pasar memerlukan produk atau jasa Anda.

Brand awareness adalah pembuka dari pemasaran produk atau jasa bisnis Anda. Apabila pelanggan mengenal merek Anda, mereka biasanya akan membeli produk. Sehingga, membangun brand awareness sangat penting bagi bisnis yang Anda jalankan dengan menggunakan strategi yang efektif.

Kesadaran merek adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Tingkat kesadaran merek yang tinggi dapat membantu bisnis untuk memperluas jangkauan pasar dan mendapat pelanggan yang lebih banyak. 

Hal ini bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada bisnis Anda. Brand awareness juga bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan untuk terus membeli produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Brand awareness adalah strategi yang dapat digunakan dalam berbagai jenis bisnis, salah satunya dalam pinjaman bisnis. Jika Anda ingin memulai atau mengembangkan bisnis, tentu Anda membutuhkan modal.

Untuk mendapatkan modal bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman pada berbagai Lembaga, salah satunya P2P Lending.

Bisnis Anda bisa tumbuh bersama, jadi Borrower di Investree, dengan kemudahan akses pinjaman dimulai dari 13 p.a.

Tunggu apalagi, Jadi Borrower sekarang!

daftar borrower investree