7 Cara Mengembangkan Bisnis yang Sudah Ada

7 Cara Mengembangkan Bisnis yang Sudah Ada

Dalam mempertahankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan, termasuk bagaimana cara mengembangkan bisnis agar bisnis tersebut dapat terus bersaing dan bertahan di pasar.

Dunia bisnis terus berubah seiring waktu, pasti Anda sering dihadapkan pada berbagai kesulitan yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis yang Anda miliki. 

Untuk itu, pemilik bisnis seperti Anda pasti membutuhkan strategi untuk mengembangkan usaha Anda agar nantinya tidak stagnan.

Tentunya, berbagai cara dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Nah, berikut ini beberapa tips dan cara mengembangkan usaha untuk bisnis kecil maupun bisnis yang sudah berskala besar. Simak selengkapnya!

Evaluasi Kondisi Bisnis Saat Ini

Pada saat Anda pertama kali mendirikan bisnis hingga saat ini, pasti Anda pernah merasakan tantangan karena adanya perubahan pasar hingga target market.

Sebelum Anda memulai langkah-langkah pengembangan bisnis, salah satu hal terpenting yang tidak dapat Anda lewatkan yaitu melakukan evaluasi kondisi bisnis Anda saat ini. 

Dengan meninjau kembali performa bisnis Anda, melakukan analisis data keuangan, proses operasional, hingga umpan balik dari pelanggan. Anda akan mendapatkan banyak insight baru mengenai hal-hal yang bisa ditingkatkan.

Lalu, bagaimana caranya melakukan evaluasi bisnis? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan analisis SWOT.

Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) akan membantu Anda dalam memahami keunggulan dan kelemahan bisnis, serta menemukan peluang dan tantangan di pasar.

Dalam penerapannya, jangan lupa untuk melibatkan seluruh tim dan manajemen dalam proses ini untuk mendapatkan pandangan yang menyeluruh dari bisnis Anda.

Diversifikasi Produk dan Layanan

Seiring berkembangnya teknologi dan kondisi pasar yang terus berubah dari waktu ke waktu, inovasi menjadi salah satu kunci untuk dapat terus bertahan dan bersaing dengan kompetitor bisnis Anda.

Jangan takut untuk mencoba hal baru dan mengembangkan produk atau layanan yang bisnis Anda miliki. Dengan melakukan diversifikasi, Anda dapat membuka peluang pasar yang lebih luas dan memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis Anda.

Dalam konteks bisnis, diversifikasi sendiri merujuk pada strategi mengembangkan produk, layanan, atau investasi perusahaan ke berbagai bidang atau segmen yang berbeda. 

Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko dengan tidak hanya bergantung pada satu jenis produk atau pasar tertentu. 

Perluas Pangsa Pasar

Menyasar pelanggan baru merupakan cara lain untuk mengembangkan bisnis yang sudah Anda miliki. 

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi segmen pasar potensial yang belum Anda jangkau sebelumnya.

Setelah itu, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau mereka. Misalnya, dengan memanfaatkan potensi digital marketing seperti media sosial, iklan berbayar, dan strategi SEO.

Hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas dari bisnis yang Anda miliki dan dapat membuka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dan market baru dari produk Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Bisnis Plan Dalam Mengembangkan Usaha Anda

Digitalisasi Operasional

Dengan perubahan teknologi yang semakin berkembang, bisnis Anda pastinya juga harus update untuk mengikuti perkembangan tersebut.

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda adalah dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis dengan menerapkan teknologi dan digitalisasi. 

Langkah ini akan membantu Anda menghemat waktu dan biaya operasional, serta meningkatkan customer experience dalam menjangkau produk dan layanan yang bisnis Anda sediakan.

Berbagai cara untuk digitalisasi operasional adalah dengan menggunakan Warehouse Management System (WWS), Enterprise Resource Planning (ERP). Selain itu Anda juga dapat melakukan digitalisasi HR dengan aplikasi HRIS & Payroll online serta aplikasi manajemen kehadiran dan produktivitas kerja karyawan.

Dengan digitalisasi bisnis, Anda akan mempermudah pelanggan dalam proses pembelian produk dan bahkan dapat memonitor aktivitas karyawan secara remote tanpa perlu ke outlet/kantor. 

Keuntungannya, Anda dapat meningkatkan efisiensi, menghemat waktu dan biaya operasional, serta memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Selain itu, Anda juga akan memiliki akses ke data yang lebih baik untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih cerdas. 

Jalin Kolaborasi dan Kemitraan

Tidak ada salahnya dalam menjalin kemitraan atau kolaborasi dengan pihak lain. Tentunya, bermitra dengan pihak lain dapat membawa banyak keuntungan bagi bisnis Anda. 

Untuk menjalin kemitraan ini, Anda dapat mencari peluang kolaborasi dengan perusahaan atau individu yang memiliki visi dan nilai yang sejalan dengan bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda adalah bisnis makanan, pertimbangkan bekerjasama dengan produsen lokal untuk mendapatkan bahan baku berkualitas.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat berkolaborasi dengan food vlogger atau influencer lainnya untuk dapat meningkatkan visibilitas dari bisnis Anda di sosial media.

Bangun Keunggulan Kompetitif

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki keunggulan kompetitif akan membedakan bisnis Anda dari pesaing. 

Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, Anda dapat memfokuskan produk yang Anda miliki pada elemen yang membuat bisnis Anda unik dan berbeda, jika dibandingkan dengan kompetitor.

Perlu diingat, jangan pernah mengorbankan kualitas produk atau layanan demi harga yang lebih murah. 

Sebagai pelanggan, tentunya mereka akan selalu menghargai produk yang memiliki kualitas tinggi dan dapat memenuhi ekspektasi mereka.

Baca juga: Tips Mengatasi Tantangan dalam Memulai Bisnis Baru

Manfaatkan Pinjaman Bisnis

Selain beberapa cara di atas, Anda mungkin juga membutuhkan modal bisnis tambahan. 

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan opsi pembiayaan modal kerja dan pinjaman bisnis online yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas bisnis Anda.

Kredit produktif ini akan menjadi solusi pembiayaan modal usaha yang dapat membantu Anda mengatasi tantangan finansial dalam pengembangan bisnis. 

Meskipun begitu, carilah lender pinjaman bisnis online yang memiliki kredibilitas yang baik, dengan bunga yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, Anda tidak akan terjebak dalam pinjaman online tersebut.