Bisnis

Buat Jualan Online Anda Makin Laris-Manis dengan Tips Berikut!

Dalam sebuah studi KPMG mengungkapkan bahwa 54% konsumen memilih berbelanja online karena toko online tidak pernah tutup, bahkan di saat pandemi sekalipun. Lalu, ada studi lain yang juga menyebutkan kalau 46% konsumen memilih berbelanja online karena harga produk yang lebih murah. Alasan tersebut yang kemudian membuat banyak orang beralih ke bisnis online, baik dijalankan melalui media sosial, marketplace, atau website. Pertumbuhannya dari tahun ke tahun terus meningkat. Terutama untuk marketplace, yang mudah dioperasikan dan sudah memiliki banyak traffic serta user. Semua kebutuhan kita tersedia di sana, bahkan akhir tahun 2019 kemarin, tercatat total nilai penjualan dari ritel marketplace mencapai hampir US$3,4 miliar. Banyak orang berlomba-lomba meningkatkan penjualan online mereka. Nah, berikut Investree punya beberapa tips untuk membuat jualan online Anda semakin laris-manis. Yuk, langsung simak di bawah ini!

Cari keunikan dari produk yang dijual

Selama ini Anda mungkin hanya puas dengan mengetahui apa saja kelebihan dari produk yang Anda jual. Tapi ternyata itu saja tidak cukup. Untuk menemukan satu keunikan atau nilai jual produk, Anda juga harus menggali kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor dan menempatkan diri sebagai calon pelanggan. Tidak harus banyak, Anda hanya perlu memiliki satu keunikan/nilai jual yang dapat membedakan produk Anda dengan yang lainnya. Nilai jual tersebut juga akan memberi peluang pada produk Anda untuk dilihat dan dipilih konsumen. Seperti contoh berikut, Starbucks menawarkan berbagai produk pilihan minuman kopi kualitas premium sebagai nilai jual produk mereka. Ada juga Domino's Pizza yang memberikan pizza gratis jika pesanan tidak sampai dalam 30 menit untuk membedakan produknya dari yang lain.

Aktif di media sosial

Meskipun Anda berjualan di marketplace, Anda juga harus memiliki saluran lain yang dapat menunjang performa bisnis di marketplace. Seperti media sosial, yang dapat membuka peluang bisnis lebih besar. Media sosial bisa menjadi pintu pertama perkenalan dengan calon pelanggan yang akan menarik mereka untuk mengunjungi toko online Anda di marketplace. Cantumkan tautan toko online di media sosial tersebut agar calon pelanggan dapat dengan mudah menemukannya. Sebanyak 93% pengguna menjadikan media sosial sebagai saluran komunikasi dengan sebuah brand.

Media sosial juga bisa dijadikan saluran promosi untuk beriklan. Iklan di media sosial dapat meningkatkan exposure dan brand awareness produk yang kemudian mampu meningkatkan penjualan. Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk Anda di media sosial agar jangkauan audiens jadi bertambah luas.

Optimalkan ulasan pelanggan

Ini disebut juga dengan word of mouth marketing dan bisa menjadi sarana promosi gratis. Karena itu, saat berjualan online, usahakan untuk mendapatkan ulasan positif sebanyak-banyaknya dari para pelanggan. Ulasan tersebut nantinya akan sangat berguna bagi pelanggan baru yang ingin mendapatkan informasi seputar produk Anda. Lewat ulasan pelanggan, para pelanggan baru bisa menilai kualitas produk serta layanan yang Anda berikan untuk meyakinkan mereka. Di saat bersamaan, Anda dapat meyakinkan para pelanggan kalau usaha bisnis Anda benar adanya dan bukan penipuan. Bahkan, ulasan pelanggan juga menjadi strategi penjualan yang dapat menghasilkan pemasukan lima kali lebih banyak dibandingkan iklan berbayar.

Berikan promo gratis ongkir

Ketika berbelanja online pasti membutuhkan ongkos kirim, kini saatnya Anda memberikan fasilitas gratis ongkir supaya makin besar peluang penjualannya. Konsumen memilih belanja online karena mereka tidak perlu repot untuk datang ke toko, tapi kalau Anda masih membebankan biaya pengiriman, apa bedanya? Tetap saja tidak membantu memudahkan pelanggan. Tarik minat mereka dengan memberikan banyak kemudahan, salah satunya gratis ongkos kirim. Tapi yang juga harus diingat, meski gratis ongkir, kualitas pengiriman tetap harus diperhatikan. Pelanggan semakin senang bila produk yang dipesannya bisa segera sampai. Pengiriman yang cepat juga membantu Anda mendapatkan ulasan positif dari mereka. Apalagi di marketplace, ada banyak penjual yang menjual produk yang sama. Nah, kecepatan pengiriman bisa menjadi salah satu poin yang membedakan Anda dari penjual lainnya, serta mampu menaikan peringkat seller di marketplace.

Berinvestasi pada gambar produk

Salah satu senjata saat berjualan online adalah gambar-gambar produk. Pastikan Anda menampilkan visual gambar yang menarik. Ambil gambar secara profesional, yang bisa menggambarkan produk secara real, serta tampilkan beberapa angle gambar untuk satu produk agar pelanggan dapat memperoleh gambaran secara jelas. Saat berbelanja online, produk tidak bisa diamati dan dipegang secara langsung, sehingga penilaian pelanggan hanya berdasarkan gambar dan deskripsi produk. Semakin menarik tampilan visualnya, semakin besar pula peluang produk Anda dapat menarik minat mereka.

Maksimalkan deskripsi produk

Konsumen baik di marketplace ataupun di media sosial akan mencari produk dengan sangat spesifik. Untuk itu, penting memastikan judul yang ditampilkan sudah sesuai standar. Tulis judul dengan jelas dan tambahkan informasi yang diperlukan. Terutama untuk deskripsi produk, berusahalah mencantumkan deskripsi secara jujur, tidak ada yang dilebihkan atau dikurangi. Deskripsi harus memuat informasi yang sekiranya dibutuhkan pelanggan untuk mengetahui lebih jauh tentang produk Anda. Jangan hanya sekedar menduplikasi milik orang lain. Rangkai kata-kata semenarik dan seinformatif mungkin.

Tawarkan harga yang kompetitif

Dengan banyaknya penjual yang menjual produk yang sama, selain layanan yang memuaskan, harga juga menjadi faktor yang dapat membedakan produk Anda dari yang lain. Pelanggan cenderung membeli harga yang lebih murah. Atau, Anda bisa menawarkan promo diskon untuk menarik lebih banyak pelanggan. Penawaran harga yang lebih baik dari para pesaing Anda akan memberi peluang lebih besar bagi pelanggan untuk menekan tombol beli.

Pelajari pesaing Anda

Untuk meningkatkan penjualan, sedikit riset dan mempelajari kompetitor adalah hal yang harus dilakukan. Telusuri para penjual yang berada di peringkat teratas untuk menemukan insight baru dan mencari tahu cara kerja mereka hingga mampu mendapatkan lebih banyak pesanan. Hal apa saja yang perlu Anda cari tahu? Yaitu, dari mana sumber traffic penjualan mereka, apa kampanye pemasaran unik yang mereka jalankan, seperti apa katalog/gambar produk yang ramah pelanggan, hingga bagaimana cara mereka dapat membantu pelanggan berbelanja dengan lebih baik. Pengawasan seperti itu bisa menambah pengetahuan dan kemudian bisa Anda terapkan.

Fokus pada produk yang dijual

Hasil riset Prof. Sheena Iyengar dari Columbia University menunjukkan bahwa penjualan dapat meningkat ketika jumlah produk yang ditawarkan lebih sedikit. Kenapa bisa begitu? Ya, ketika Anda menawarkan banyak pilihan produk, pelanggan akan semakin bingung dan mereka mengalami kesulitan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Otak kita tidak suka dengan kerumitan. Oleh karena itu, fokus pada satu jenis produk akan membantu meningkatkan penjualan. Pelanggan yang mungkin hanya sedang melakukan window shopping juga akan senang melihat toko online yang fokus menjual satu jenis produk tertentu. Misalnya, fokus menjual produk make-up/skin care, tanpa ikut menjual produk-produk makanan atau pakaian. Itupun sebaiknya memiliki kualifikasi yang sama, misal produk make-up impor yang terkenal saja, atau produk make-up lokal saja.

Gunakan trik kelangkaan

Kelangkaan secara psikologis akan membuat orang merasa takut kehilangan kesempatan untuk memiliki sesuatu. Itu yang kemudian dimanfaatkan untuk menarik pelanggan supaya segera membeli. Cantumkan stok yang terbatas pada masing-masing produk atau hanya pada produk unggulan yang Anda jual. Ada juga di media sosial yang menerapkan jadwal waktu order, sehingga kita hanya bisa memesan pada hari dan jam yang telah ditentukan karena stok terbatas. Itu yang kemudian dapat menarik minat konsumen untuk segera membelinya.

Itu tadi 10 tips untuk membuat jualan online Anda makin laris-manis. Bisnis online saat ini semakin menggeliat. Menurut data Analytic Data Advertising (ADA), ada kenaikan hingga 300% pada aktivitas berbelanja online di bulan Maret 2020. Hal tersebut menunjukkan besarnya peluang keuntungan yang bisa diperoleh dengan memiliki bisnis online. Karena itu, Investree ingin turut serta mendukung para online seller agar bisnisnya dapat lebih berkembang melalui fasilitas Online Seller Financing dengan memberikan pembiayaan mulai dari Rp 2 juta - Rp 2 miliar dengan tenor hingga 24 bulan. Nah, untuk Anda, para pelapak aktif di Bukalapak yang telah terdaftar minimal 3 bulan, Anda dapat langsung menikmati fasilitas ini melalui BukaModal di dasbor Bukalapak Anda. Nah, ada promo khusus yang diberikan Investree untuk Anda yang mengajukan pinjaman minimal Rp 10 juta dan disetujui. Anda akan mendapat cashback langsung senilai Rp 150.000, penawaran hanya berlaku hingga 31 Juli 2020. Informasi selengkapnya bisa cek di sini!

Sekarang sudah waktunya untuk melakukan hal lebih agar bisnis Anda semakin bersinar. Semangat!

Referensi:

Linda Taylor. 16 Agustus 2019. 10 Tips to Improve Seller Performance on Your Online Marketplace. Mattsenkumar.com: https://bit.ly/2ABorAh

Imas Indra. 1 Januari 2020. Tips Sukses Jualan Online Terlaris Bagi Pemula 2020. Niagahoster.co.id (Blog): https://bit.ly/2VR6Z2c

Share this Post

Artikel Terbaru