SEO untuk Bisnis: Definisi, Kegunaan, dan Cara Mengoptimasinya

SEO untuk bisnis

Katanya traffic website penting untuk bisnis zaman now. Gimana nggak, sekarang apa-apa orang mencari informasi lewat mesin pencari. Bahkan anak SD aja, kalau nggak tau jawaban soal tugas rumahnya, mereka lebih milih mencari jawaban lewat Google – ketimbang buka buku pelajaran.

Data dari Bright Edge menyebut, 53% traffic website itu datang dari pencarian organik (SEO). Pencarian organik adalah aktivitas pencarian informasi dengan memasukkan keyword tertentu ke mesin pencari. Tambahan data dari Bright Edge yang dilansir dari Glints.com, lebih dari 40% keuntungan bisnis juga bisa diperoleh dari traffic website organik. Jadi, SEO untuk bisnis punya peran penting, kan? Nah, biar bisa memaksimalkan SEO dengan baik, yuk, simak dulu pembahasannya di bawah ini!       

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan teknik optimasi website melalui konten-konten agar memudahkan mesin pencari menemukan website tersebut. Ketika website mudah ditemukan, kualitas dan kuantitas traffic website jadi lebih baik, yang dapat membantu kamu mencapai tujuan branding/pemasaran, dan menaikkan angka transaksi bisnis. 

Tapi, kenapa, sih, yang diutamakan adalah SEO Google? Padahal, mesin pencari lain ada banyak. Jawabannya simpel, sih. Ya, karena Google adalah search engine yang paling banyak dipakai oleh sebagian besar pengguna internet, termasuk juga di Indonesia. 

Data yang dilansir dari Statista, setidaknya secara global ada 3,5 miliar pencarian lewat Google setiap harinya. Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari. Bisa dibilang, SEO Google cukup untuk menentukan keberhasilan sebuah website dalam menjaring traffic lebih banyak.  

SEO Google bisa dijadikan strategi efektif yang mampu mendatangkan klik 15 kali lebih banyak dibanding iklan berbayar. Apalagi biaya untuk optimasi SEO Google, masih lebih murah dari iklan berbayar. Ini bakal jadi investasi jangka panjang yang baik bagi sebuah bisnis.    

Kegunaan SEO untuk bisnis

SEO juga merupakan strategi digital marketing (selain media sosial), yang biasanya dijalankan oleh bisnis. Tapi, kenapa SEO penting untuk bisnis? Berikut mari kita bahas kegunaan/manfaat SEO bagi bisnis:

Meningkatkan penjualan dan konversi

SEO dapat membuat website bisnis kamu punya visibilitas dan mudah ditemukan audiens. Ketika banyak orang berhasil menemukan situs perusahaan kamu, makin banyak juga yang akhirnya bisa mengenal bisnis yang kamu jalankan. Terutama untuk bisnis online, SEO punya andil untuk meningkatkan penjualan online dan konversi.

Sebanyak 75% pemilik bisnis juga setuju bahwa search engine optimization mampu menghasilkan lebih banyak pelanggan, ketimbang strategi marketing lainnya. Bahkan, tingkat konversinya mencapai 14,6%. Tapi, kok bisa? Ya, alasannya karena SEO mampu menjangkau target audiens yang lebih luas dengan cara yang efektif.

Kenapa lebih luas? Gimana nggak, audiens yang mengakses mesin pencari seperti Google, masih lebih banyak dari pengguna media sosial. Bahkan, anak-anak saja sudah bisa menggunakan Google. Kamu tinggal fokus menyaring audiens yang ditargetkan sesuai niche bisnis kamu.    

Menyaring target audiens yang sesuai

Agar mampu menjaring target audiens yang tepat, saring dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan niche bisnis kamu. Lalu, kerucutkan lagi dengan kata kunci yang sesuai dengan search intent atau tujuan audiens menelusuri kata kunci tersebut.

Misal, niche bisnis kamu adalah skincare atau kecantikan. Fokuskan kata kunci yang berhubungan dengan tips perawatan kulit, dampak penggunaan skincare, kandungan skincare, atau riset topik-topik lain yang lagi banyak dicari/dibicarakan.

Dengan begitu, konten yang ada di dalam website jadi lebih relevan dengan target audiens. Kamu juga bisa melakukan soft selling lebih tepat sasaran karena berhasil menyajikan informasi yang mereka butuhkan. Potensi website kamu ditemukan oleh target audiens, jadi lebih besar.        

Membangun brand awareness

People nowadays banyak banget yang mencari informasi seputar produk/brand tertentu melalui Google. Bahkan menurut ReviewTrackers, 63% penduduk secara global – lebih memilih mencari produk di Google, ketimbang situs review lainnya. Jadi, bila kehadiran bisnis kamu tidak dioptimalkan lewat SEO, akan sangat disayangkan. 

Google dianggap menjadi tempat strategis untuk memperkenalkan suatu produk atau membangun brand awareness. Meski, manfaat SEO sendiri tidak serta-merta instan. Setidaknya, target audiens baru percaya dan tertarik dengan produk kamu, setelah 3-5 kali mereka menemukan konten dari website sebuah brand

Nah, agar konten dari website dapat dengan mudah ditemukan oleh target audiens-mu dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka, SEO konten harus dimaksimalkan. Yang akan berpengaruh pada ranking website di Google dan berdampak pada meningkatnya brand awareness produk di mata audiens.

Cara mengoptimasi SEO website bisnis

Ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan agar ranking website bisnis kamu bisa sering muncul di halaman pertama Google, atau biasa disebut SEO On Page. SEO On Page adalah aktivitas yang bertujuan untuk mengoptimasi konten website, sehingga mudah ditemukan oleh target audiens. Apa saja cara yang bisa kamu lakukan?

Gunakan permalink sederhana

Permalink sederhana adalah salah satu indikator untuk mengoptimasi SEO website. Karena dengan permalink yang sederhana, akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali topik yang kamu bahas dalam konten blog sebuah website. Idealnya letakkan kata kunci utama yang ditargetkan pada permalink. 

Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis skincare dengan alamat website www.primeskin.com. Ketika kamu ingin memposting konten menggunakan kata kunci utama “skincare kulit bruntusan”, permalink yang ideal adalah www.primeskin.com/blog/skincare-kulit-bruntusan.

Kalau kamu menggunakan WordPress, kamu bisa mengatur struktur permalink dengan masuk ke dashboard WordPress, lalu klik Settings > Permalink. Setelah itu, pilih struktur permalink Post Name dan klik Save.  

Buat judul konten yang menarik

Judul konten jelas jadi penentu agar target audiens langsung tertarik dengan konten yang kamu buat. Pada halaman pertama Google, akan muncul banyak konten lain. Ketika judul konten yang kamu buat menarik, konten bisa bersaing untuk dipilih oleh target audiens. Pastikan juga kata kunci utama ada di dalam judul. Untuk memudahkan Google menemukan kontenmu ketika ada pencarian dengan kata kunci yang ditargetkan. 

Kamu bisa menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul artikel yang menarik. Menurut Content Marketing Institute, judul dengan angka – menghasilkan 45% performa yang lebih baik ketimbang judul tanpa angka. 

Contoh: 4 Langkah Taktis Basmi Jerawat Membandel 

Selain angka, kamu juga bisa memanfaatkan tren yang sedang viral untuk mendompleng kepopuleran. 

Contoh: Seperti Lato-Lato Matic, Skincare Ini Bikin Jerawat Mudah Hilang

Lakukan optimasi gambar

Disarankan untuk menambahkan gambar pada konten agar dapat meningkatkan kualitas SEO website. Optimasinya bisa dilakukan dengan memastikan ukuran gambar tidak terlalu besar agar tak memperlambat loading website. Lalu, lakukan juga dengan memberi nama file gambar sesuai dengan kata kunci utama yang ingin kamu targetkan. Sehingga dapat membantu gambar tersebut muncul di Google Image Search.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi alt text gambar sesuai kata kunci utama untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang kamu bahas di dalam konten, dan agar gambar dapat muncul di Google Image Search. Jika konten memiliki lebih dari satu gambar, usahakan alt text semua gambar terisi oleh kata kunci utama, yang divariasikan dengan kata kunci turunan. 

Contoh: 

Kata kunci utama → skincare jerawat

Kata kunci turunan → skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, cara menghilangkan jerawat, skincare untuk jerawat 

Maksimalkan penggunaan kata kunci 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan kata kunci dibagi menjadi kata kunci utama dan kata kunci turunan. Semua kata kunci tersebut sebaiknya ada di dalam konten yang kamu buat. Tujuannya untuk memaksimalkan penggunaan kata kunci dan mengoptimasi SEO. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan strategi short keyword dan long tail keyword. Short keyword adalah kata kunci pendek yang biasanya terdiri dari 1-2 kata dan punya volume pencarian besar. Keyword bervolume besar, biasanya punya persaingan yang tinggi untuk bisa berada di halaman pertama Google. Sehingga perlu dikombinasikan dengan long tail keyword, yang merupakan kata kunci spesifik dengan volume pencarian dan persaingan lebih rendah. Potensi website kamu berada di halaman pertama Google, jadi lebih besar.

Selain long tail keyword, ada juga LSI (Latent Semantic Indexing) keyword yang bisa kamu tambahkan juga di dalam konten. LSI keyword adalah istilah atau kata-kata yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari (bisa kamu lihat pada bagian “People also ask” atau “Related searches” di halaman pertama Google). Dengan menambahkan LSI, konten jadi semakin kaya informasi.

Contoh:

Short keywordskincare jerawat

Long tail keywordskincare untuk menghilangkan bekas jerawat

LSI keyword skincare untuk jerawat dan bekasnya  

Itu tadi pembahasan seputar SEO website yang bisa kamu maksimalin supaya traffic website naik dan usaha kamu makin dikenal audiens. Kalau makin dikenal, kan, makin gede cuannya. Bener nggak? Ketika usaha kamu berkembang dan butuh tambahan modal buat ngamanin cash flow bisnis, bisa banget ajukan sekarang ke Investree. Caranya juga mudah, kamu tinggal daftar di sini!  

Referensi:

Maria Juwita. 28 November 2022. SEO (Search Engine Optimization): Arti, Jenis-Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya. Glints.com: http://bit.ly/3xMtAPT

Benefita. 21 Maret 2022. Apa Itu SEO? Pengertian, Manfaat, Sampai Cara Kerjanya (Terbaru). Niagahoster.co.id (Blog): http://bit.ly/3YULOuv

Ilham Mubarok. 1 November 2022. 15 Langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog. Niagahoster.co.id (Blog): http://bit.ly/3kj3voC