Berikut 5 Fungsi Usaha Ritel yang Perlu Anda Ketahui

Selain memahami pengertiannya, fungsi usaha ritel juga penting untuk Anda pahami. Pada dasarnya, usaha ritel adalah kegiatan penjualan barang atau jasa secara langsung pada konsumen akhir. Produk yang dipasarkan nantinya akan digunakan langsung oleh konsumen secara pribadi dan bukan untuk dijual lagi. 

Istilah lainnya biasa disebut dengan bisnis eceran, jadi ini merupakan perantara pemasaran antara produsen utama dengan konsumen yang membeli dalam bentuk satuan. Konsep usaha seperti sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat. Lalu, apa fungsi dari usaha ritel itu? Simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Usaha Ritel

Berikut adalah beberapa fungsi dari kegiatan usaha ritel: 

1. Memudahkan Konsumen dalam Memenuhi Kebutuhannya 

Fungsi usaha ritel yang paling utama untuk masyarakat adalah membantu seseorang dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari baik itu barang atau jasa. Barang dan jasa apa saja yang dibutuhkan lebih mudah ditemukan dan didapatkan karena adanya usaha ritel. Para konsumen bisa membeli setiap barang maupun jasa yang diinginkan secara langsung dari para produsen utama. 

2. Memberikan Keuntungan 

Bagi para konsumen usaha ritel memberikan keuntungan yaitu mudahnya mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan dan dibutuhkan. Untuk para produsen sendiri, usaha ritel juga memberikan keuntungan finansial. Dalam prakteknya, para pengecer membeli stok barang dengan jumlah banyak kepada produsen. Dana dari para pengecer ini dijadikan modal untuk para produsen lalu diputar lagi dalam proses produksi. Dari situ, produsen pun mendapatkan keuntungan finansial. 

3. Mempromosikan Produk

Usaha ritel menjadi tempat promosi produk secara langsung bagi pihak produsen. Para pengusaha ritel yang membeli beberapa produk dari satu produsen secara otomatis mempromosikan produk itu kepada para konsumen. Ini membuat popularitas barang atau produk terkait jadi meningkat di tengah konsumen. 

4. Tempat Menawarkan Berbagai Macam Produk 

Pengusaha ritel menyediakan hampir semua jenis barang kebutuhan sehari-hari para konsumen. Ini bisa dikatakan fungsi usaha ritel ialah sebagai tempat menawarkan beragam jenis produk sehari-hari bagi pihak produsen. Konsumen juga jadi lebih mudah memilih dan mendapatkan semua produk yang dibutuhkan sehari-hari. Semakin beragam jenis produk yang ditawarkan usaha ritel, semakin banyak konsumen yang akan datang. 

5. Merubah Status Kepemilikan Produk 

Usaha ritel memiliki fungsi yaitu sebagai tempat perpindahan status produk yang awalnya milik pihak produsen menjadi milik para konsumen yang telah membelinya. Tentunya sebelum adanya perpindahan kepemilikan tersebut, terjadi lebih dulu perpindahan status kepemilikan antara produsen utama kepada pihak retailer, baru setelah produk menjadi milik pengusaha ritel selanjutnya barang menjadi milik para pembeli.

Fungsi usaha ritel di sini sama-sama penting baik itu untuk pihak produsen maupun konsumen. Kedua pihak mendapatkan keuntungan serta kebutuhannya masing-masing. Tanpa adanya usaha ritel akan sulit bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bisnis ritel sendiri patut dipertimbangkan sebab peluang usahanya cukup menjanjikan. 

Dari menjalankan usaha ritel, seseorang bisa mendapatkan dua hal penting yaitu memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mendapatkan penghasilan. Oleh karena itulah, kehadiran dan fungsi usaha ritel memiliki peran yang cukup penting untuk keberlangsungan hidup dan perekonomian masyarakat. Dalam pengembangan ritel, tentu Anda membutuhkan modal di dalamnya. Tambahan modal tersebut bisa diperoleh dengan melakukan pinjaman ke Investree. 

Selain proses pengajuan pinjaman yang mudah, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Tidak perlu ragu soal keamanan karena Investree juga sudah berizin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha ritel Anda dengan optimal.

Pinjaman modal kerja untuk wirausaha mikro

Investree hadir dengan memberi pinjaman modal kerja kepada para pelaku UMKM Indonesia, seperti petambak, pedagang kelontong, penjual online rumahan, dan UMKM lainnya – untuk bisa memperoleh akses modal kerja dengan lebih mudah dan cepat.  

Baca juga: Dukung Produktivitas Usaha Mikro, Investree Hadirkan Pinjaman Usaha Mikro

Dengan ikut mendanai proyek Pinjaman Usaha Mikro, kamu sebagai Lender akan memperoleh manfaat, seperti:

Turut Berkontribusi Memajukan Usaha Mikro

Meski skala usaha mereka kecil, namun punya kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Yang mana, sektor UMKM berkontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 61% atau senilai Rp9.580 triliun, yang menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia. 

Itu artinya, pendanaan yang kamu salurkan dapat membantu pelaku UMKM kian berdaya dan perekonomian Indonesia makin berjaya.  

Kerja Sama dengan Platform Rekanan agar Risiko Pendanaan Lebih Terukur

Para Borrower yang akan kamu danai dalam proyek Pinjaman Usaha Mikro merupakan wirausaha mikro yang dinaungi oleh rekanan-rekanan terpercaya sebagai salah satu mitigasi risiko yang dilakukan oleh Investree.

Mulai dari pengajuan sampai pengembalian pinjaman, akan dimonitor langsung oleh Investree dan pihak rekanan. Sehingga risiko pendanaan bagi Lender jadi lebih terukur.  

Pendanaan 100% Online jadi Lebih Cepat

Kamu sebagai Lender dapat menyalurkan pendanaan secara online dari mana saja dan kapan saja. Prosesnya pun cepat dan mudah melalui aplikasi Investree for Lender. Tingkat imbal hasil yang bisa kamu peroleh juga kompetitif. Mulai dari 12% – 20% per tahun dengan jangka waktu pinjaman di bawah satu tahun.  

Nah, kali ini Investree juga ingin mengapresiasi para Lender yang selalu mendukung UMKM Indonesia. Khusus bagi Lender yang mendanai proyek Pinjaman Usaha Mikro, semula pendanaan mulai dari Rp10 juta – sekarang kamu bisa ikut mendanai hanya mulai Rp1 juta. 

Periode promo dari 9 Oktober – 31 Desember 2023. Makin banyak yang ikut mendanai, makin maju UMKM di Indonesia. Yuk, daftar jadi lender Investree sekarang!

Referensi: 

Memahami Peran dan Fungsi Usaha Ritel. porosilmu.com. https://bit.ly/3GjErDm