Bisnis

7 Bisnis Kuliner yang Menjanjikan bagi Keuangan Anda

Bagi Anda yang sedang bingung ingin memulai bisnis di industri apa, bisnis kuliner cukup menjanjikan untuk dicoba. Mengingat makanan sendiri merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang bakal selalu dibutuhkan kapanpun dan di manapun. Bicara soal usaha kuliner, sebenarnya, jenis makanan seperti apa saja yang paling laris di pasaran? Yuk, simak penjelasannya di ulasan menarik berikut!

Ide Usaha Kuliner

1. Gorengan

Rasanya, masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari kebiasaan mengkonsumsi gorengan, entah itu sebagai makanan utama maupun camilan. Membuka kedai gorengan pada dasarnya tidak memerlukan modal yang terlalu banyak. Meskipun demikian, potensi untung dari usaha gorengan sangatlah besar, mengingat gorengan sendiri merupakan salah satu makanan favorit yang banyak dicari.

2. Keripik

Keripik termasuk dalam jajaran teratas cemilan paling populer dan digemari orang Indonesia. Beragam varian bahan baku bisa disulap menjadi keripik yang nikmat dan berbumbu. Sebut saja singkong, kentang, hingga buah-buahan bertekstur kasar. Jenis usaha ini tidak mensyaratkan skil memasak tertentu dari para pelakunya, sebab proses pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan alat khusus yang mahal.

3. Roti Bakar

Roti bakar yang banyak ditemui di Indonesia cenderung berbeda dengan luar negeri. Bila di negara asing roti kerap dipilih sebagai menu sarapan yang mengenyangkan, di Indonesia roti bakar biasanya dihidangkan dengan berbagai toping sebagai camilan yang banyak diburu generasi milenial.

4. Bakso

Sejak dulu hingga sekarang, bakso menjadi makanan yang tetap eksis dan tak tergantikan. Bahkan, saking banyaknya penggemar kudapan daging-bulat ini, hampir setiap kota memiliki kedai bakso dengan ciri khasnya masing-masing.

Seiring dengan perkembangan jaman, variasi bakso tak melulu hanya terbatas pada perbedaan ukuran besar dan kecil saja, namun juga variasi rasa dan mulai memiliki isian. Salah satu variasi bakso yang belakangan ini populer ialah bakso malang, bakso solo, bakso mercon, bakso cumi, bakso lava, bakso lobster, dan lain sebagainya.

5. Seblak

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang sangat digandrungi kawula muda. Paduan nikmat antara rebusan kerupuk, sosis, bakso, dan mie kerap kali membuat rasa seblak sulit untuk dilupakan. Memang jenis usaha ini membutuhkan banyak bahan baku untuk pembuatannya. Tapi jangan khawatir, selain memiliki banyak penggemar sehingga bisnis tak mungkin sepi, bahan-bahan yang dibutuhkan pun biasanya dijual dengan harga terjangkau di pasar.

6. Kopi

Sebagaimana diketahui, anak muda jaman sekarang sangat senang nongkrong bersama teman sejawat sembari menikmati kopi panas dan camilan ringan. Dari fenomena ini, bisa disimpulkan bahwa bisnis kopi cukup menjanjikan untuk dijalani.

7. Minuman Menyegarkan

Sebagian besar dari Anda pasti cukup familiar dengan stand-stand minuman segar di jalanan kota. Meski terlihat usaha kecil, penjualan minuman segar dengan stand kecil di pinggir jalan cukup menjanjikan.

Menariknya, usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya butuh stand kecil yang bisa disewa, serta bahan minuman terjangkau, dan peralatan dapur sederhana seperti pisau, talenan, dan blender, usaha ini sudah bisa Anda buka.

Dalam hal ini, minuman segar yang dimaksud bukan hanya es buah dengan tampilan itu-itu saja, tapi juga minuman segar kekinian seperti boba, es teler, jus, es kepal, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ide bisnis kuliner yang menjanjikan untuk dicoba dengan modal kecil. Tertarik mencoba?

Referensi:

Marikxon. 21 Ide Usaha Makanan Kekinian yang Paling Laris di Tahun 2021. Maxmanroe.com: https://bit.ly/3xpUsT0

Share this Post

Artikel Terbaru