Bisnis

7 Bisnis Kuliner Rumahan yang Aman untuk Anda Terapkan

Bisnis kuliner rumahan menjadi salah satu bisnis yang dilirik banyak orang terutama generasi milenial saat ini. Bukan tanpa alasan, bisnis yang berfokus pada makanan dan minuman ini bisa dilakukan di rumah dengan modal terjangkau. Meski modal terjangkau, imbal hasil yang bisa Anda dapatkan cukup besar. Lalu, apa saja ide bisnis kuliner yang profitable saat ini ? Yuk, cek informasinya berikut ini!

Ide Bisnis Kuliner Ala Rumahan

1. Kue Cubit

Kue cubit adalah salah satu jajanan tradisional yang memiliki pasar dan penggemarnya sendiri. Tidak hanya cita rasa yang manis gurih yang nikmat, namun kue ini banyak digemari lantaran harga jualnya yang amat murah meriah. Dalam versi klasik, kue cubit hanya sekadar kue yang ditambah dengan meisis. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sekarang mulai banyak variasi kue cubit yang beredar di pasaran. Misalnya saja kue cubit rasa green tea atau red velvet.

2. Bakso Aci

Jika diperhatikan dari segi tekstur maupun visualnya, bakso aci lebih mirip cimol daripada bakso pada umumnya. Ini karena bahan utama bakso aci adalah tepung aci alias tapioka, dan bukannya daging sapi, ayam, atau ikan. Bakso aci umumnya disajikan bersama beragam toping mulai dari sukro cikur, jeruk nipis, tahu, cuanki, batagor, ceker ayam, dan lain sebagainya.

3. Ayam Geprek

Cita rasa ayam geprek cukup unik, terlebih karena penyajiannya yang berbeda dengan menu ayam goreng pada umumnya. Pasalnya ayam goreng akan digeprek sampai bentuknya terlihat hancur. Kemudian, ayam geprek akan ditambahi sambal pedas di atasnya.

4. Roti Kukus

Roti kukus menjadi peluang bisnis rumahan yang cukup menjanjikan untuk dicoba. Bahan pembuatan roti kukus terbilang terjangkau dan mudah ditemukan. Agar lebih menarik minat calon konsumen, Anda dapat menambah variasi menu pada produk roti kukus yang dijual, misalnya saja dengan pemberian toping selai aneka rasa, keju, susu kental manis, cokelat, dan lainnya.

5. Churros

Churros adalah sejenis donat namun bentuknya tidak bulat melainkan lonjong dengan permukaan persegi. Churros mempunyai rasa gurih yang dominan dengan tekstur renyah di luar namun lembut di dalam. Prosedur pembuatan churros relatif mudah dan bahannya juga gampang diperoleh. Anda dapat mengkombinasikan menu satu ini dengan varian rasa dan topping yang beragam.

6. Cireng

Berbagai inovasi varian cireng bisa ditambahkan ke dalam menu jualan makanan rumahan Anda. Salah satu variasi yang bisa dipilih adalah cireng isi tetelan, keju, chicken spicy, smoked beef, dan lainnya.

 

Bahan pembuatan cireng sangatlah ekonomis. Paling utama, Anda perlu mempersiapkan bahan dasar berupa aci atau tepung tapioka, air, bubuk kaldu, dan bawang putih. Selebihnya, hanyalah bahan opsional sebagai variasi cireng.

Perlu dicatat, jualan cireng tidak melulu mengharuskan Anda membuka lapak di rumah, namun juga bisa dijual secara online dalam bentuk frozen food untuk dikirim ke seluruh wilayah Indonesia.

7. Seblak

Kuliner khas sunda satu ini sudah menjadi favorit banyak generasi milenial. Selain nikmat, gurih, pedas, dan juga murah, seblak sangat cocok dinikmati ketika cuaca panas, mendung, bahkan saat hujan turun.

Seblak disajikan dalam pilihan menu yang beragam, dan topingnya pun bermacam-macam, mulai dari orak-arik telur, kerupuk, pasta, makaroni, ceker ayam, sampai keju mozarella.

Untuk imbal hasil, jualan seblak hampir bisa dipastikan menguntungkan! Apalagi bahan dan pelengkap yang diperlukan banyak tersedia di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah beberapa jenis bisnis kuliner rumahan yang bisa Anda coba. Untuk mengembangkan bisnis kuliner rumahan, Anda harus memiliki modal yang cukup.  Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis kuliner seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis kuliner Anda.

 

Referensi :

Risma Novianti. 6 Juli 2021. 7 Peluang Bisnis Kuliner Kekinian Rumahan dengan Modal Kecil. Blog.evermos.com : https://bit.ly/3m2JNtS

Share this Post