Bisnis

5 Contoh Bisnis Makanan Online yang Dapat Anda Lakukan

Bisnis makanan online saat ini cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ketika segala aktivitas di luar rumah dibatasi, maka membeli makanan secara langsung juga mulai dihentikan. Sehingga banyak yang membeli makanan secara online dengan delivery order.

Usaha makanan online memiliki peluang yang bagus untuk Anda lakukan saat ini. Sebagai media untuk promosi, Anda dapat gunakan sosial media, website, dan masih banyak lagi. Jangkauan pembeli pun akan semakin luas sehingga imbal hasil yang Anda terima juga semakin besar.

Nah sebagai rekomendasi untuk Anda, berikut 5 ide usaha makanan online yang dapat Anda coba.

1. Frozen Food

Bisnis frozen food bisa dilakukan dengan skala rumahan dan secara online. Produk yang dijual dari bisnis ini berupa makanan beku yang tidak menggunakan pengawet, yang tentu saja akan sangat disukai oleh ibu-ibu yang sedang mencari makanan praktis tapi sehat untuk anak-anak.

Produk frozen food yang bisa dijual berupa olahan daging, nugget, kentang goreng, risoles, dan masih banyak lagi. Sebaiknya Anda lakukan riset pasar terlebih dahulu serta melakukan perhitungan modal awal saat akan memulai membangun usaha ini. Tak luput juga metode pengemasan yang digunakan supaya makanan tetap dalam kondisi baik saat disimpan di mesin pendingin.

2. Dessert Box

Makanan manis seperti dessert box memiliki peminat dari berbagai kalangan. Terutama kalangan anak muda. Dessert box dengan tampilan yang unik tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Terlebih makanan jenis ini memiliki daya tahan yang cukup lama sekitar 2-3 hari apabila disimpan di lemari pendingin, sehingga sangat cocok dijadikan bisnis online.

Untuk memulai bisnis ini Anda harus menentukan terlebih dahulu dessert box seperti apa yang ingin dijual. Terdapat banyak resep dessert box yang bisa dilihat di internet. Anda cukup membuat inovasi resep supaya unik dan original sehingga produk Anda akan menjadi beda dari yang lain.

3. Rice Bowl

Nasi juga dapat menjadi peluang bisnis makanan online yang menjanjikan. Produk nasi kekinian yang bisa Anda coba salah satunya rice bowl. Anda dapat mengkombinasikan nasi dengan berbagai varian menu yang dapat menarik perhatian konsumen. Seperti rice bowl teriyaki, rice bowl geprek, fried rice bowl dan masih banyak lagi.

Memulai bisnis rice bowl Anda membutuhkan modal awal yang cukup untuk membeli bahan makanan serta kemasannya. Jika saat ini modal yang ada masih belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan untuk bisnis rice bowl Anda, maka Anda bisa mengandalkan Investree untuk mendapatkan pinjaman usaha. Anda dapat mengajukan pinjaman usaha di Investree tanpa jaminan aset tetap dengan proses yang mudah dan cepat.

4. Dimsum

Bisnis dimsum juga dapat menjadi peluang bisnis makanan online yang menjanjikan. Makanan khas negeri tirai bambu ini memiliki peminat dari berbagai kalangan. Keunikannya terletak pada isiannya yang bervariasi dan cara penyajiannya yang menggunakan klakat bambu yang dapat memberikan kematangan yang sempurna. Sehingga meskipun dipatok harga yang cukup mahal, dimsum tetap tidak pernah sepi pembeli.

5. Makanan Pedas

Terakhir adalah bisnis makanan pedas. Produk makanan pedas yang sempat booming salah satunya seblak. Contoh lainnya bakso aci pedas. Selain bisa dijual dengan sajian siap santap, Anda juga dapat menjual seblak atau bakso aci pedas instan yang terdiri dari bahan-bahan siap masak. Makanan instan terutama dengan cita rasa pedas masih menjadi buruan para penikmat kuliner karena bisa dibeli secara online tanpa khawatir cepat basi.

Demikianlah beberapa rekomendasi contoh bisnis makanan online yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Nugroho Meidinata. 3 Juli 2020. Pengin Tajir? 5 Usaha Kuliner Online Ini Patut Dicoba. Solopos.com: https://bit.ly/3jHXzku

Share this Post

Artikel Terbaru