Perencanaan Finansial

Mengenal Financial Planning Beserta Manfaat Baiknya

Financial planning dalam bahasa Inggris memiliki arti perencanaan keuangan. Seringkali perencanaan ini dianggap sudah diterapkan dengan benar apabila Anda telah berinvestasi. Padahal perencanaan keuangan tidak hanya sebatas berinvestasi saja, masih banyak aspek lainnya yang menentukan bahwa Anda telah melakukan perencanaan finansial dengan baik.

Perencanaan keuangan itu sendiri memiliki banyak manfaat. Anda akan merasakan manfaat baiknya dalam kehidupan saat ini maupun di masa depan. Sebab merencanakan keuangan perlu dilakukan secara berkelanjutan, dimulai sejak Anda bekerja untuk pertama kalinya hingga di masa tua saat Anda mewariskan pada anak dan cucu.

Nah, manfaat dari perencanaan keuangan ada banyak. Berikut manfaat yang Anda rasakan dari melakukan perencanaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membantu Memantau Kondisi Finansial

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda harus memahami seperti apa kondisi keuangan pribadi. Terlebih saat sudah berkeluarga, kondisi finansial harus selalu dipantau supaya Anda tidak menghadapi risiko finansial di kemudian hari.

Kondisi finansial Anda dalam kategori sehat apabila memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Menabung dengan nominal minimal 20% dari penghasilan bulanan.
  • Memiliki cicilan tidak lebih 30% dari pendapatan bulanan.
  • Memiliki dana darurat sebesar 6 sampai 12 kali dari pengeluaran bulanan.

Kriteria ini dapat menjadi penentu dari kondisi keuangan Anda. Selain itu kemampuan dalam memenuhi kebutuhan bulanan juga menandakan apakah kondisi keuangan Anda dalam keadaan sehat atau tidak.

Cara lain dalam memantau kondisi keuangan adalah dengan membuat anggaran. Anggaran dibuat dengan rapi dan rutin setiap hari supaya Anda dapat mengevaluasi pengeluaran dalam periode satu bulan tersebut.

2. Mencegah Utang

Manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan ialah dapat mencegah utang. Adanya perencanaan keuangan yang tepat dapat menghindarkan Anda dari lilitan utang. Terutama utang yang digunakan untuk tujuan konsumtif semata.

Sebenarnya tidak masalah bila Anda ingin berhutang dengan tujuan sebagai modal usaha. Dengan begitu Anda dapat mencicil utang tersebut dari penghasilan usaha. Namun bila utang tersebut untuk kebutuhan konsumtif semata, maka Anda akan merasakan kesulitan di masa depan. Terlebih bila ada denda saat Anda telat membayar, tentunya hal ini akan membuat kondisi finansial memburuk.

3. Merencanakan Investasi

Perencanaan keuangan juga dapat membantu Anda merencanakan investasi. Investasi sangat penting di masa depan nanti. Imbal hasilnya bisa Anda gunakan untuk tujuan yang ingin diraih di masa depan.

Bentuk dari investasi sangat banyak salah satunya pendanaan di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Anda bisa mengalokasikan dana Anda untuk Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender di Investree. Download Investree for Lender sekarang dan dapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% d.a.

4. Membantu dalam Membangun Aset

Melakukan perencanaan keuangan juga dapat membantu Anda dalam membangun aset. Aset itu sendiri dapat berfungsi sebagai penambah pemasukan secara pasif. Nilai aset umumnya akan terus berkembang seiring waktu sehingga akan sangat bermanfaat di masa depan.

Aset-aset yang dapat Anda pertimbangkan diantaranya properti, emas, tanah dan lain sebagainya. Aset properti sangat cocok dijadikan pemasukan secara pasif, contohnya dengan menyewakan rumah atau membuka kos-kosan.

5. Dapat Merealisasikan Tujuan Anda

Setiap orang tentu memiliki tujuan dalam hidupnya. Tujuan Anda dapat terealisasikan dengan perencanaan keuangan yang tepat. Tujuan seperti pergi naik haji, membiayai kuliah anak, membangun rumah impian, dapat Anda realisasikan bila kondisi keuangan dalam keadaan sehat sehingga tabungan atau hasil investasi Anda bisa digunakan untuk merealisasikan tujuan-tujuan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai financial planning. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Admin. 4 Januari 2021. 7 Manfaat Financial Planning yang Memperkuat Kondisi Keuangan Kamu. Superyou.co.id: https://bit.ly/3iXsycC

Share this Post

Artikel Terbaru