Perencanaan Finansial

Ketahui 6 Tujuan Perencanaan Keuangan Bagi Hidup Anda

Tujuan perencanaan keuangan penting Anda ketahui. Dengan perencanaan keuangan, Anda bisa mengalokasikan uang yang Anda miliki untuk berbagai kebutuhan mulai dari investasi, menabung, transportasi dan sebagainya. Selain itu, membuat perencanaan keuangan akan membantu Anda dalam mewujudkan keuangan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Perencanaan keuangan tidak hanya baik dilakukan saat belum menikah tetapi juga sangat diperlukan ketika sudah berumah tangga. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari beberapa tujuan dalam merencanakan keuangan sebagai berikut.

6 Tujuan Perencanaan Keuangan Bagi Hidup Anda

1. Melindungi Aset

Dengan membuat perencanaan keuangan, Anda akan membagi pendapatan yang diterima  untuk beberapa kebutuhan. Misalnya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, biaya listrik, bayar hutang, investasi dan sebagainya. Membuat perencanaan keuangan juga akan mempermudah Anda untuk menabung. Menabung dalam hal ini tidak hanya disimpan dalam bentuk uang tetapi bentuk lainnya, seperti properti atau emas.

2. Menghasilkan Uang

Jika Anda sudah bekerja, gaji yang Anda peroleh bisa digunakan sebagian untuk modal usaha untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi. Anda harus merencanakan keuangan dengan baik. Pastikan kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi. Perlu diketahui juga, jika kebutuhan setiap orang berbeda-beda sehingga pengeluaran orang lain tidak bisa dijadikan patokan.

3. Melakukan Investasi

Pendapatan yang Anda peroleh harus dikelola dengan baik agar tidak habis begitu saja. Anda bisa menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk menabung. Jika dirasa kurang, Anda juga bisa mengalokasikan uang yang dimiliki untuk investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih. Mulai dari investasi emas, properti, deposito, reksadana, saham dan sebagainya. Sebelum memilih salah satu instrumen investasi disarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai investasi.

Salah satu platform pendanaan yang sudah sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree for Lender. Anda bisa download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender. Kembangkan dana Anda dan dapatkan imbal hasil hingga 20% p.a.

4. Menghindari Kecemasan

Jika perencanaan keuangan dibuat matang dan rapi, kemungkinan besar segala kebutuhan saat ini dan masa depan akan ditangani dengan baik. Memiliki tabungan dan investasi yang banyak akan membuat Anda bisa menikmati hidup di masa mendatang tanpa kekurangan uang. Selain itu, keuangan yang baik akan membuat Anda terhindar dari rasa cemas karena tidak memiliki uang dan dana darurat.

5. Meraih Tujuan Jangka Panjang

Banyak orang yang memiliki tujuan jangka panjang dalam hidupnya. Tujuan tersebut seperti membeli mobil, membeli rumah, membiayai pendidikan anak, naik haji, melangsungkan pernikahan dan sebagainya. Tujuan-tujuan tersebut penting untuk dicapai namun untuk mencapainya harus dengan membuat perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan harus dibuat dengan baik dan rutin supaya tujuan-tujuan yang direncanakan bisa tercapai.

6. Melindungi Masa Depan Keluarga

Tujuan perencanaan keuangan selanjutnya yaitu untuk melindungi masa depan keluarga. Perencanaan keuangan yang dibuat sudah mencakup masa depan keluarga yang aman serta terjamin. Tabungan dan investasi yang dimiliki akan menjadi aset berharga di masa mendatang, terutama ketika menghadapi masa sulit seperti pandemi saat ini.

Itulah informasi tentang 6 tujuan perencanaan keuangan bagi hidup Anda. Membuat perencanaan keuangan akan memberikan banyak manfaat bagi Anda. Untuk itu, mulai saat ini segera buat perencanaan keuangan.

Referensi :

Hans Andre Martinus Supit. 24 Maret 2020. 8 Manfaat Perencanaan Keuangan bagi Bisnis dan pribadi. Brilio.net. https://bit.ly/3mrBiZi

Share this Post

Artikel Terbaru