How-To

Ini 7 Prinsip Manajemen Keuangan, Wajib Anda Ketahui!

Prinsip manajemen keuangan pada sebuah perusahaan bertujuan untuk menjaga kestabilan finansialnya. Prinsip manajemen tersebut terdiri dari beberapa jenis tindakan yang terstruktur dan sistematis. Bagi perusahaan, kondisi keuangan ibarat organ tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Secara garis besar, pengertian dari manajemen keuangan adalah seluruh kegiatan atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan bagaimana cara untuk memperoleh dan mengelola pendanaan sebagai modal kerja, cara mengalokasikan dana dan juga pengelolaan aset yang dimiliki agar tujuan usaha bisa tercapai.

Untuk mendapatkan modal tambahan untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

7 Prinsip dalam Manajemen Keuangan

Begitu pentingnya keuangan bagi setiap usaha dan perusahaan maka perlu dilakukan pengelolaan menggunakan prinsip yang benar. Tujuannya supaya apa yang menjadi visi, misi dan target perusahaan bisa dicapai. Prinsip manajemen keuangan yang dimaksud tersebut terdiri dari :

1. Akuntabilitas

Maksud dari akuntabilitas yaitu nilai hukum atau kewajiban moral yang melekat pada diri individu, komunitas (kelompok) maupun perusahaan untuk mengelola keuangan dengan penuh tanggung jawab. Perusahaan wajib melaporkan secara jelas untuk apa dan bagaimana dana yang diberikan investor digunakan.

Setiap pihak yang memang memiliki hubungan dengan pendanaan seperti pimpinan perusahaan, direksi, investor dan sebagainya berhak untuk mengetahui pengelolaan dan penggunaan dana tersebut.

2. Konsistensi

Sebaiknya perusahaan menggunakan sistem pengelolaan finansial yang relatif sama dari waktu ke waktu agar tidak mempengaruhi manajemen keuangan dalamnya.

Dengan konsisten menggunakan sistem dan prosedur akuntansi yang sama maka kemungkinan terjadinya tindakan manipulasi bisa diperkecil. Meskipun memang sistem manajemen keuangan bisa mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.

3. Kelangsungan Hidup

Untuk menjaga kondisi keuangan tetap baik maka pengeluaran atau biaya di tingkat strategis harus selalu sejalan atau sesuai dengan besarnya dana yang diterima atau dimiliki. Hal ini dilakukan supaya perusahaan bisa tetap bertahan dengan terpenuhinya kebutuhan keuangan secara aman.

4. Transparansi

Perusahaan harus mengelola keuangannya secara terbuka dengan memberikan laporan yang transparan supaya tidak menimbulkan kecurigaan seperti penggelapan dana misalnya. Transparansi keuangan ini akan meningkatkan kepercayaan semua pihak yang bekerjasama dengan perusahaan.

5. Standar Akuntansi

Penggunaan standar akuntansi yang sesuai dengan aturan yang berlaku secara umum memudahkan pihak-pihak terkait untuk memahaminya. Sebaiknya gunakan standar akuntansi yang sesuai dengan format baku yang berlaku di negara Indonesia. 

Kalau diperlukan perusahaan bisa merekrut akuntan yang telah berpengalaman supaya sistem akuntansi yang dijalankan bisa sesuai dengan standar dan format yang ditentukan.

6. Integritas

Integritas itu sangat penting supaya pengelolaan keuangan perusahaan bisa berjalan dengan baik. Setiap individu yang terlibat dalam kegiatan operasional pengelolaan keuangan seharusnya mempunyai integritas yang tinggi agar tidak terjadi penyalahgunaan. Begitu juga dengan laporan keuangan yang dibuat harus akurat dan lengkap sesuai dengan standar sistem akuntansi.

7. Pengelolaan

Perusahaan memiliki kewajiban dan bertanggung jawab untuk mengelola dana yang ada dengan sebaik-baiknya. Perusahaan harus menjamin bahwa pengelolaan dana tersebut benar-benar digunakan sesuai dengan kebutuhan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan bukan untuk suatu hal yang tidak semestinya seperti membiayai keperluan pribadi misalnya.

Jika prinsip manajemen keuangan dilakukan dengan sebaik-baiknya oleh perusahaan maka kepercayaan investor maupun masyarakat akan meningkat. Di samping itu citra perusahaan juga akan selalu terjaga baik sehingga lebih mudah bertahan dalam kondisi buruk sekalipun.

Referensi :

Kontributor. 5 Februari 2021. Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui. Pelatihan-sdm.net : https://bit.ly/2ZR722C

15 April 2019. 7 Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Diketahui. Edukasi.org : https://bit.ly/3iDJPrc

Share this Post

Artikel Terbaru