Perencanaan Finansial

Apa Itu Financial Advisor? Simak Pengertiannya Di Sini

Financial advisor adalah penasihat khusus untuk merencanakan keuangan untuk individu maupun perusahaan. Jika Anda kesulitan mengatur keuangan atau finansial, Anda membutuhkan penasihat khusus untuk membantu merencanakan keuangan. Dengan begitu, keuangan yang Anda miliki bisa dikelola dengan baik. Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu financial advisor, Anda bisa mempelajarinya di bawah ini.

Apa Itu Financial Advisor?

Financial advisor memberikan saran perencanaan keuangan kepada penggunanya agar lebih matang. Pada umumnya, financial advisor akan memberikan beberapa layanan, seperti perencanaan pajak, manajemen investasi, masalah keuangan dan sebagainya.

Financial advisor bisa bekerja secara independen dan bekerja dibawah naungan perusahaan. Financial advisor memiliki tugas untuk memberikan layanan maupun informasi atau tata cara tentang pengelolaan keuangan.

Menggunakan jasa financial advisor akan membuat Anda merasakan berbagai manfaatnya, seperti:

  • Lebih menghemat waktu dalam merencanakan keuangan.
  • Mendapatkan edukasi tentang permasalahan keuangan, seperti investasi, asuransi dan perpajakan.
  • Mendapatkan saran serta rekomendasi terbaik mengenai masalah keuangan.

Tugas Financial Advisor

Dalam suatu perusahaan, financial advisor memiliki tugas utama untuk membantu mengatasi masalah keuangan, merencanakan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang, dan meninjau kebutuhan keuangan klien. Berikut adalah beberapa tugas pokok yang harus dijalankan financial advisor:

  • Menemui atau menerima klien di kantor untuk membantu dan memberikan nasihat mengenai masalah keuangan.
  • Menjelaskan jenis produk maupun layanan keuangan yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Membantu klien membuat perencanaan tujuan keuangan, baik tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Melatih klien serta memberikan saran tentang opsi investasi beserta risikonya.
  • Memantau perkembangan akun investasi klien.
  • Mengedukasi klien tentang permasalahan keuangan, seperti investasi, asuransi, hingga perpajakan.
  • Memantau permasalahan keuangan klien, seperti perkembangan investasi dan juga pembayaran pajak dari klien.

Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat

Apabila Anda membutuhkan peran financial advisor, inilah beberapa tips yang harus diperhatikan agar Anda tidak salah memilih financial advisor.

1. Lihat Track Record-nya

Tips pertama yang harus dilakukan yaitu terlebih dahulu melihat bagaimana track record-nya. Anda harus mengetahui apakah financial advisor tersebut cukup kompeten dalam mengatasi masalah financial atau tidak.

Anda dapat mencari tahu informasi tentang suatu financial advisor di internet atau melalui websitenya. Selain itu, Anda juga bisa melihatnya melalui media sosial. Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu financial advisor tertentu maka akan menjadi lebih mengetahui latar belakangnya.

2. Cari Sesuai Kebutuhan

Di Indonesia ada banyak financial advisor yang menyediakan berbagai jasa. Supaya tidak salah pilih Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu harga yang ditawarkan oleh financial advisor. Jika harganya melebihi kemampuan keuangan Anda sebaiknya mencari yang lainnya.

3. Sertifikat

Tips selanjutnya yaitu pilihlah financial advisor yang sudah memiliki sertifikat. Anda tidak disarankan untuk memilih financial advisor yang tidak memiliki sertifikat. Hal ini bertujuan financial advisor yang tidak bersertifikat maka nasihat keuangan yang diberikan belum terjamin dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Simpulannya, financial advisor adalah penasihat terbaik untuk mengatasi masalah keuangan pribadi maupun perusahaan. Dalam mengatur keuangan, pastikan Anda sudah menabung dan berinvestasi. Anda bisa mengalokasikan sebagian dana Anda untuk melakukan pendanaan seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel, dan Reksa Dana for Lender melalui platform fintech lending Investree. Download aplikasi Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda dan dapatkan imbal hasil atratif hingga 20% p.a.

Referensi:

Maulana Adieb. 09 Maret 2021. Financial Advisor: Penegrtian Serta Kelebihan dan kekurangan dalam Menggunakan Jasanya. Glints.com. https://bit.ly/3AsNj6M

Dafik. 24 Januari 2021. Ini Lho Tugas dan Tanggung Jawab Financial Advisor. Obligasi.co.id. https://bit.ly/2XGobv9

Share this Post

Artikel Terbaru