Perencanaan Finansial

7 Tanda Anda Sudah Berhasil Capai Kemerdekaan Finansial

Yeay, selamat hari kemerdekaan untuk kita semua, ya. Indonesia sudah merayakan kemerdekaannya selama 76 tahun, nah kira-kira ada tidak kemerdekaan yang berhasil Anda capai? Kemerdekaan finansial, misalnya. Ketika Anda berhasil mencapainya, Anda tidak perlu lagi bekerja untuk membayar biaya hidup. Bekerja bukan lagi sebuah keharusan, tapi melakukannya hanya karena ingin. Anda tidak perlu lagi khawatir kehabisan uang bila sudah berhasil mencapai kemerdekaan finansial. Tolok ukur keberhasilannya ternyata juga bisa diketahui, lho. Caranya gimana? Berikut Investree beri tahu tanda-tanda orang yang berhasil mencapai kemerdekaan finansial. Simak ulasannya di bawah, yuk!

Bisa tidur nyenyak, tidak lagi mikirin utang

Sering kali masalah keuangan membuat Anda sulit tidur atau tetap terjaga di malam hari. Nah, bila Anda sudah merdeka secara keuangan, tidur jadi lebih tenang. Ini adalah keuntungan non-finansial yang bisa Anda peroleh ketika memiliki kondisi finansial yang stabil. Sudah tidak perlu lagi memikirkan utang-utang karena orang yang merdeka secara finansial seringkali terbebas dari yang namanya utang atau berutang semampunya mereka membayar. Jika pun ada kekhawatiran soal uang, mereka sudah memiliki solusi jitu untuk menyelesaikan kekhawatiran tersebut. 

Gunakan kartu kredit hanya untuk promo dan hadiah, bukan kebutuhan

Kebanyakan orang yang tidak stabil secara finansial memiliki kebiasaan buruk menggunakan kartu kredit untuk menambah/memperpanjang gaji mereka yang mungkin sudah habis duluan atau untuk membeli barang-barang yang tidak mampu dibeli. Sehingga membuat mereka serba ketergantungan dengan kartu kredit. Itu sudah menjadi masalah baru dalam hidup mereka. Orang-orang yang merdeka secara finansial hanya akan menggunakan kartu kredit untuk keuntungan pengumpulan poin atau ketika ada promo diskon. Anda pasti bisa mencontohnya. Gunakan kartu kredit hanya untuk memperoleh keuntungan lebih, bukan menjadi sebuah keharusan agar bisa bertahan hidup. 

Tidak khawatir kehilangan pekerjaan

Ini adalah indikator terbaik untuk mengukur kestabilan finansial. Kenapa? Ya, banyak orang yang hidup hanya dari gaji ke gaji. Mereka tidak memiliki tabungan dana darurat sama sekali. Sehingga kalau tiba-tiba kehilangan pekerjaan, mereka akan kehilangan gaji yang menghidupi mereka. Lalu, biaya hidup sehari-hari dapat dari mana? Akhirnya, kehilangan pekerjaan bisa menjadi bencana keuangan yang memunculkan banyak utang baru. Berbeda jika Anda telah memiliki keuangan yang stabil. Meski kehilangan pekerjaan, Anda tidak lagi perlu khawatir karena Anda masih memiliki uang/tabungan untuk bertahan hidup. Sehingga tidak berpotensi merusak kondisi keuangan Anda.

Membayar tagihan sebelum waktu jatuh tempo

Selain karena memiliki cukup uang untuk membayar tagihan, mereka yang merdeka finansialnya memiliki preferensi untuk selalu mengutamakan keuangan yang sehat dengan tidak memiliki tunggakan. Mereka akan merasa lebih tenang bila sudah menyelesaikan tagihan utang, sehingga selalu berusaha membayarnya lebih awal. Tanpa harus menunggu waktu jatuh tempo atau bahkan melewatinya. Mereka tidak suka menyimpan tagihan berlama-lama atau bahkan memilih melunasinya ketimbang harus memiliki utang dengan pihak lain. Anda juga ingin seperti mereka? Kenapa tidak? 

Merasa senang dengan situasi keuangan Anda

Tidak harus punya keuangan yang benar-benar sempurna, bahkan orang yang kaya-raya sekalipun belum tentu berhasil merdeka secara finansial. Untuk menjadi salah satunya, Anda hanya harus memiliki kondisi finansial yang seimbang. Misal seimbang antara pemasukan dan pengeluaran, menjaga besar utang di bawah 20% pendapatan, memiliki tujuan keuangan, dan puas karena bisa selalu keep on track. Bahkan ketika Anda memiliki tantangan dalam hal keuangan, Anda sudah memiliki rencana yang dipersiapkan untuk menghadapinya. 

Misal, Anda memiliki tabungan dana darurat yang lebih dari cukup untuk menghadapi situasi tak terduga. Atau, sudah memiliki tabungan pendidikan anak ketika harus menyekolahkannya. Jika sakit, Anda sudah memproteksi diri sendiri dan keluarga dengan asuransi. Hanya itu yang Anda perlukan. Bukankah hal tersebut bisa dilakukan siapa saja? 

Punya utang cicilan mobil di bawah 5 tahun

Tanda merdeka secara finansial bukan berarti Anda tidak memiliki utang sama sekali, meski no loan itu baik. Anda bisa tetap memiliki utang tapi yang sesuai dengan proporsi pemasukan, yaitu di bawah 20% - 30% total pendapatan. Misal Anda ingin memiliki pinjaman mobil, bila Anda sudah merdeka secara finansial, Anda pasti akan membayar uang muka lebih besar agar nilai cicilannya tidak terlalu besar dan bisa melunasinya lebih cepat. Anda punya pemikiran, semakin cepat utang itu selesai, pasti akan lebih baik. Anda tidak harus terjebak menjalani hidup yang terbebani oleh cicilan pinjaman. 

Belanja impulsif untuk menghibur, Anda tidak tertarik dengan itu

Banyak sekali orang menggunakan aktivitas berbelanja sebagai sarana rekreasi/hiburan untuk melepas penat dan stres. Tapi tidak bagi mereka yang merdeka secara finansial. Bahkan, kebiasaan buruk seperti minum minuman keras, narkoba, dan makan berlebihan adalah hal yang mereka benci. Dengan menghabiskan uang mungkin akan menghibur hati, pikiran, dan melupakan segala masalah, tapi ingat itu hanya sesaat. Justru hal tersebut hanya akan memperlihatkan sebuah bentuk pemberontakkan atas situasi keuangan yang terganggu. So, kalau kondisi keuangan Anda sudah stabil, pasti Anda tidak tertarik melakukannya.

Itu dia 7 tanda bahwa Anda sudah berhasil mencapai kemerdekaan finansial. Merdeka secara finansial akan membuat hidup Anda jadi lebih tenang dan percaya diri. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Anda cukup mengeluarkan uang untuk membeli barang yang benar-benar Anda inginkan dan tahu batasan. Jangan biarkan uang menguasai diri Anda bila ingin membuat perubahan di urusan keuangan. 

Referensi:

Jeff Rose, CFP®. 7 Juli 2020. 27 Signs You Are Financially Stable. Good Financial Cents: https://bit.ly/3yCuQUF  

Erik Carter. 5 Juli 2021. 5 Steps to Plan For Your Financial Independence Day. Forbes.com: https://bit.ly/3xEYPdb

Share this Post