Yuk, Kenali Investasi Mutual Fund dan Cara Kerjanya!

Dari dulu, Anda pasti sering mendengar anjuran untuk menabung. Namun, saat ini menabung saja rasanya kurang efektif dalam melakukan perencanaan finansial. Sebab, ketika Anda dihadapkan oleh lonjakan inflasi seperti saat ini, Anda juga harus melakukan investasi agar aset yang dimiliki tetap terjaga. Mutual fund sendiri merupakan pilihan yang tepat bagi para investor pemula yang memiliki keterbatasan modal, waktu, dan pengetahuan untuk mengembangkan asetnya. 

Lalu, apa itu mutual fund dan bagaimana cara kerjanya? Berikut kita akan membahas lengkap mengenai mutual fund di dalam investasi!

Pengertian Mutual Fund

Mutual fund adalah jenis investasi yang menghimpun dana para investor yang selanjutnya akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke berbagai portofolio efek atau sekuritas pilihan manajer investasi. Manajer investasi bertanggungjawab untuk mengalokasi dana yang dihimpun dari para investor ke dalam berbagai instrumen agar bisa memberikan keuntungan kepada para investor. Mutual fund adalah investasi dengan risiko yang rendah dan cukup aman karena diawasi oleh OJK. 

Mutual fund dalam bahasa Indonesia disebut reksa dana. Secara harfiah, ‘reksa’ berarti wadah dan ‘dana’ berarti kumpulan Uang.  Reksa dana berarti suatu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat dan selanjutnya digunakan untuk tujuan investasi. Mutual fund atau reksa dana juga memiliki berbagai jenis pilihan, sehingga Anda investor bisa menyesuaikan dengan tujuan dan profil risiko Anda. 

Cara Kerja Mutual Fund

Mutual fund bekerja karena adanya manajer investasi. Modal yang Anda investasikan akan disalurkan ke dalam beberapa instrumen yang dinilai memiliki potensi keuntungan untuk para investor. Manajer investasi akan melakukan analisis teknikal untuk kemudian melakukan diversifikasi dana ke dalam beberapa instrumen agar memperkecil risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Keuntungan yang diberikan oleh manajer investasi kepada investor adalah berupa dividen dan capital gain.

Di era sekarang, berinvestasi melalui mutual fund semakin mudah di akses oleh masyarakat melalui berbagai platform investasi online. Jika Anda ingin mulai berinvestasi mutual fund atau reksa dana, Investree sudah menyediakan beberapa pilihan reksa dana yang menarik dan memiliki kinerja yang bagus. Segera buka akun Investree Anda melalui tautan berikut: https://investr.ee/BlogLender. Gratis!

Jenis Mutual Fund atau Reksa Dana

Jika dilihat dari portofolio investasinya, Reksa dana dapat dibedakan menjadi beberapa lima jenis, yaitu:

  • Reksa dana Saham (Equity Funds)

Reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang akan membuat minimal 80% dana yang terkumpul akan dikelola ke dalam bentuk saham. Keuntungan yang akan didapatkan dari efek ekuitas. Hal ini berarti, reksa dana saham akan memberikan hasil yang juga lebih besar dalam bentuk capital gain karena ada pertumbuhan dividen dan harga saham yang ada di dalamnya. Reksa dana saham dinilai mampu mendatangkan tingkat pengembalian atau keuntungan yang sangat tinggi tetapi diiringi dengan risiko yang tinggi pula.

  • Reksa dana Campuran (Discretionary Funds)

Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang potensi kerugiannya di bawah reksa dana saham. Di dalam jenis reksa dana ini, akan dilakukan investasi pada dua efek bursa yang bersamaan, yaitu efek hutang dan efek ekuitas. Perbandingan yang ada di dalam dua efek tersebut tidak termasuk pada reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap. 

  • Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds)

Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang minimal dananya terkumpul sebesar 80% dari aktivanya. Kemudian, dana tersebut akan dikelola ke dalam bursa efek yang bersifat hutang. Potensi keuntungan yang didapatkan dari jenis reksa dana ini juga terbilang cukup tinggi, namun keuntungan itu juga diiringi dengan risiko yang juga tinggi, walaupun masih lebih rendah daripada reksa dana saham. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.

Reksa dana pasar uang hanya melakukan investasi pada Efek bersifat Utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun. Tujuannya adalah untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. Hal ini membuat kemungkinan risiko juga jauh lebih rendah. 

  • Reksadana Indeks 

Reksa dana indeks adalah jenis reksa dana yang potensi kerugian dan keuntungannya akan sama dengan indeks tersebut. Sebagian besar dana yang ada di dalam reksa dana jenis ini akan dikelola secara pasif. 

Referensi:

https://www.hsbc.co.id/1/2/id/personal/wealth-management/investasi/mutual-funds

https://landx.id/blog/mengenal-investasi-mutual-fund-definisi-cara-kerja-dan-jenis-mutual-fund/

https://www.sahamu.com/pengertian-reksa-dana-dan-jenisnya/