Perencanaan Finansial

Wajib Coba, Tips Mengatur Keuangan yang Tepat

Gaji Anda selalu saja habis bahkan tidak mencapai akhir bulan? Mungkin Anda memerlukan tips mengatur keuangan agar gaji tidak hanya habis percuma. Bagaimana pun hidup bukan hanya untuk hari ini saja sehingga Anda perlu mempersiapkan masa depan. Apalagi kalau nantinya sudah tidak bekerja lagi karena pensiun, maka Anda tentunya sudah tidak mendapatkan gaji.

Padahal selama kehidupan masih berjalan kebutuhan tidak pernah ada habisnya tidak peduli apakah Anda masih bekerja atau sudah pensiun. Bagaimana Anda bisa memenuhi semua kebutuhan kalau gaji dan uang hanya habis saat ini saja. Bagaimana nasib anak-anak dan keluarga nantinya ketika Anda sudah tidak berpenghasilan lagi. Nah, agar semua mimpi buruk tersebut bisa dihindari Anda memang harus pandai mengatur keuangan sejak masih muda dan produktif. Bagaimanakah caranya?

Cara dan Tips untuk Mengatur Keuangan

Besarnya gaji sebenarnya bukan satu-satunya ukuran untuk jaminan masa depan. Banyak orang yang memiliki gaji besar tapi tidak bisa mengaturnya dengan baik maka masa depannya menjadi suram. Lalu, bagaimanakah cara untuk mengatur keuangan yang baik itu? Silakan simak dalam penjelasan berikut ini.

1. Membuat Rekening Tabungan Khusus

Agar semua uang yang didapatkan dari gaji setiap bulan tidak habis dalam sekejap sangat disarankan Anda membuat rekening tabungan khusus. Anda bisa membuka rekening yang dikhususkan untuk dana darurat misalnya di mana uang tersebut tidak boleh diambil kecuali pada kondisi yang benar-benar mendesak.

Agar tabungan khusus  tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya harus dipisahkan dari rekening di mana Anda menerima ataupun menyimpan gaji. Kalau dijadikan satu dikhawatirkan tanpa sadar Anda mengambil uang tabungan khusus tersebut untuk keperluan yang tidak semestinya.

2. Merencanakan Belanja Bulanan dengan Cermat

Mungkin Anda sudah lama memiliki niat untuk menabung tapi selalu saja uang gaji tidak ada sisanya. Kemungkinan besar penyebabnya adalah pengeluaran yang tidak terkendali. Bagaimana cara efektif untuk mengendalikan pengeluaran? Anda harus mulai merencanakan pengeluaran dan belanja bulanan dengan sebaik mungkin agar tidak berlebihan. Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan karena hanya akan menambah pengeluaran saja. Lebih bagus lagi kalau Anda selalu membuat daftar barang yang akan dibeli untuk menghindari pemborosan.

3. Sisihkan Pendapatan Tiap Bulan

Cara lainnya adalah dengan menyisihkan beberapa persen dari total gaji Anda setiap bulannya. Setidaknya sisihkan 10% dari gaji Anda untuk disimpan sebagai jaminan masa depan ataupun keperluan darurat. Mungkin di awalnya Anda harus sedikit memaksakan diri namun lama kelamaan akan terbiasa dengan hal ini.

4. Mencari Pendapatan Tambahan

Gaji Anda kurang untuk memenuhi kebutuhan bulanan mengapa tidak mencari tambahan penghasilan. Saat ini banyak pilihan pekerjaan tambahan yang tidak mengganggu aktivitas kantor Anda. Atau kalau bisa dapatkan pendapatan pasif sebagai tambahan penghasilan misalnya dengan menyewakan rumah dan sebagainya.

5. Selalu Disiplin dan Konsisten

Tips yang terakhir adalah disiplin dan konsisten. Anda harus selalu disiplin dalam menerapkan pengaturan keuangan yang telah dibuat. Disiplin merupakan kunci kesuksesan Anda dalam mengatur keuangan. Selain disiplin Anda juga harus melakukannya secara terus menerus atau konsisten. Lakukan semua tips yang sudah Anda buat sendiri tersebut secara terus menerus bukan hanya dalam beberapa bulan saja.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang mudah untuk Anda lakukan agar uang gaji Anda tidak selalu habis tiap bulannya. Namun kalau Anda ingin mendapatkan imbal hasil yang lebih baik, Anda bisa melakukan pendanaan melalui Investree, fintech P2P lending yang terpercaya dan telah berizin di OJK. Tingkat imbal hasilnya sampai dengan 20% per tahun, lho.

Referensi:

22 Januari 2021. 12 Cara Atur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil. cermati.com: https://bit.ly/35IcTXD

Tips Mengatur Keuangan yang Terencana untuk Generasi Milenial. kreditplus.com: https://bit.ly/2U78I5d

Share this Post

Artikel Terbaru