Mau Hidup Sejahtera di 2023? Ikuti Tips Resolusi Keuangan 2023

Mau Hidup Sejahtera di 2023 Ikuti Tips Resolusi Keuangan 2023

Resolusi keuangan 2023 menjadi target atau janji pada diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik lagi. Misal, tekad untuk berhenti merokok tahun depan atau rutin olahraga. Sambut tahun 2023, pasti Anda sudah menyiapkan resolusi tahun depan, bukan? Spill sedikit, dong. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat yang lain. 

Apalagi pada 2023, isu resesi terus menghantui, yang membuat Anda juga harus mempersiapkan diri. Kira-kira apa resolusi yang pas agar hidup tetap aman dan sejahtera tahun depan? Berikut Investree punya bocoran tips resolusi keuangan 2023. Simak, yuk!

Coba berhenti merokok

Berdasarkan laporan Southeast Tobacco Control Alliance (SEATCA) 2019 dilansir dari databoks.katadata.co.id, Indonesia masuk ke dalam negara dengan jumlah perokok terbanyak di ASEAN yakni 65,19 juta. Berbanding dengan Filipina di posisi kedua yang hanya 16,5 juta. Banyaknya perokok di Indonesia, membuat seseorang jadi makin sulit untuk berhenti merokok. Padahal banyak manfaat yang dituai bila Anda berhasil berhenti merokok terutama dari segi finansial.  

Tahu, nggak, di awal 2022 lalu, cukai rokok sudah naik rata-rata 13,6% (infografis indonesiabaik.id) yang membuat harga rokok melambung hingga Rp22.800-Rp40.000 per bungkus (kategori rokok putih/kretek mesin). Nah, pemerintah sudah mengumumkan cukai rokok akan naik lagi tahun depan rata-rata 10%. Bayangkan kalau Anda menghabiskan 1 bungkus rokok per hari seharga Rp28.000, Anda sudah keluar uang Rp840.000 setiap bulan. Bila gaji per bulan sebesar Rp5 juta, itu artinya hampir 20% gaji Anda habis hanya untuk rokok. Belum lagi ditambah jajan kopi tiap hari dan uang berobat kalau sakit karena merokok terus. Coba, kalau 20% gaji Anda tadi dialihkan ke tabungan, hidup dijamin bakal lebih sejahtera.

Menambah keahlian baru

Kenapa ini masuk daftar resolusi tahun depan? Seringnya kita merasa puas dengan apa yang sudah dimiliki saat ini. Tanpa menyadari masih banyak hal di luar sana yang bisa kita pelajari. Menambah keahlian baru membuat Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang beragam lebih cepat. Contoh, dengan menguasai Adobe Illustrator, pekerja event organizer atau agency kreatif dapat mempercepat proses desain berbagai kebutuhan klien. Anda juga akan mendapat apresiasi dari tempat kerja berupa kenaikan gaji, bila keahlian yang ditunjukkan terus berkembang.

Keahlian baru artinya membuka peluang baru. Peluang baru tentu berpotensi menciptakan penghasilan baru. Misal, seorang desain grafis yang biasanya hanya mendesain konten untuk media sosial/marketing collateral,  bisa belajar menjadi desainer UI yang mendesain tampilan antarmuka (interface) sebuah aplikasi, atau desainer UX yang mendesain aplikasi sesuai pengalaman atau kebutuhan pengguna. Kalau rata-rata gaji sebagai desain grafis sekitar Rp6 juta-Rp8 juta per bulan, adanya keahlian tambahan tersebut jelas mampu menambah pemasukan Anda tahun depan dengan juga melakukan pekerjaan sampingan. 

Prioritaskan kesehatan keuangan

Sering-sering melakukan healing juga berisiko bikin dompet boncos. Pengeluaran konsumtif untuk menghibur diri juga tak baik bila dibiasakan. Apalagi kalau sampai harus utang yang cicilannya menghabiskan setengah dari gaji Anda setiap bulan. Coba pikirkan kembali dan jadi lebih bijak. Salah satunya dengan memprioritaskan kesehatan keuangan, ketimbang hanya terus-menerus memikirkan kesenangan sesaat. 

Jika kondisi keuangan Anda belum berimbang, masih banyak tagihan atau cicilan yang harus dibayar tiap bulan, coba untuk tunda keinginan yang menghabiskan dana besar di tahun depan. Jangan menambah utang baru, bila utang di 2022 saja masih belum beres. Susun resolusi pada 2023 yang tujuannya untuk mengurangi utang, punya tabungan dana darurat, sampai dana pensiun, agar tercapai kondisi keuangan yang sehat. Karena keuangan yang sehat adalah pondasi untuk mencapai hidup yang aman dan sejahtera. 

Kurangi jajan di luar biar hemat

Hemat jadi salah satu cara yang disarankan untuk mempersiapkan diri hadapi risiko resesi 2023. Mengurangi jajan di luar adalah trik paling mudah dan cepat untuk menghemat pengeluaran. Kenapa? Karena makan adalah kebutuhan pokok kita. Nah, kalau Anda sering jajan di luar (termasuk beli makan lewat pesan antar), sudah pasti pengeluaran jadi lebih besar dibanding masak sendiri di rumah. Kenaikan harga BBM pada September lalu pasti berpengaruh terhadap harga bahan pangan. Bahan pangan yang semakin mahal, membuat harga jual makanan jadi makin tinggi. Satu porsi nasi ayam kalau beli di luar harganya bisa Rp15 ribu-Rp30 ribu. Yang kalau masak sendiri di rumah, Anda akan dapat lebih dari 1 potong ayam untuk makan 2-3 kali atau bisa untuk sekeluarga. 

Apalagi bila Anda punya lebih dari dua anggota keluarga. Makin terasa besarnya pengeluaran jika sering-sering makan di luar. Bukan berarti tak boleh sama sekali, tapi sebaiknya dibatasi. Misal hanya 1-2 kali per bulan, atau kamu bisa tetapkan budget tertentu. Let’s say, Rp500 ribu-Rp1 juta per bulan untuk makan di luar, termasuk kebutuhan hiburan lainnya. Jika pengeluaran sudah melebihi budget, Anda wajib menahan diri dan tunggu sampai bulan berikutnya lagi.

Berinvestasi meski hanya sedikit

Menurut Bossman Mardigu melalui podcast YouTube Denny Sumargo, investasi yang bisa jadi pilihan tahun depan karena tergolong aman (defensif terhadap resesi) adalah emas batangan dan tabungan valuta asing dalam mata uang asing berupa dolar Singapura (SGD). Produk tabungan valas bisa dengan mudah Anda temukan di institusi perbankan, seperti bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, BSI, dll. Produk ini juga sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan mudah ditarik bila sewaktu-waktu Anda butuh dana darurat. Resolusi untuk berinvestasi sebaiknya ada dalam daftar Anda demi keuangan yang stabil tahun depan. Tak perlu langsung dalam jumlah banyak. Menabung sedikit demi sedikit juga lama-lama jadi bukit. 

Tak hanya emas dan tabungan valuta asing, Anda juga dapat mendanai pertumbuhan UMKM lewat platform fintech lending berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti Investree. Seperti kita tahu, UMKM merupakan pondasi ekonomi nasional. Kalau mereka maju, permintaan dalam negeri stabil, pemulihan ekonomi terjaga, dampak resesi juga bisa diminimalisir. Dukung UMKM lewat pendanaan di Investree, yuk! Mulai dari Rp1 juta saja, yang penting adalah prosesnya. Anda dapat terus menumbuhkan nilai investasi untuk hasil maksimal. 

Selamat tahun baru 2023! Semoga keberuntungan selalu menyertai Anda di tahun yang baru.

Referensi:

Curhat Bang Denny Sumargo. 25 Oktober 2022. Video Mardigu yang Hilang! 2023 Jadi Tahun yang Mengerikan. YouTube.com: https://bit.ly/3vhIVGO

Pramesthi Anggit. Resolusi 2023: Sehat, Produktif, dan Wujudkan Finansial Impian. Koinworks.com (Blog): https://bit.ly/3vgZpyV

Robertus Andrianto. 4 Desember 2022. Ini Dia! Resolusi Tahun Baru Bikin Hidup Mapan di 2023. Cnbcindonesia.com: https://bit.ly/3Vm1DHZ