Perencanaan Finansial

Tips Mengatur Tunjangan Hari Raya (THR) yang Tepat Supaya Cuan Maksimal

Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hal yang identik dengan perayaan Idul Fitri. Selain memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat menjelang lebaran, membayar THR para pekerjanya memang sudah menjadi kewajiban setiap perusahaan. Idealnya, pembayaran THR ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pekerja dalam merayakan hari raya keagamaan. Oleh karena itulah, wajib bagi Anda untuk mengelola dana THR dengan cermat. Jika tidak, THR yang Anda dapatkan bisa habis begitu saja, mengingat kebutuhan menjelang lebaran tidak sedikit.
Nah, bagaimana cara mengatur dana THR dengan bijak dan tepat? Berikut tips alokasi untuk penggunaan dana THR yang bisa Anda terapkan, lengkap dengan contohnya!

 

Cara Mengelola THR

  1. Melunasi Kewajiban

Hal yang pertama harus diingat setiap muslim menjelang hari raya idul fitri adalah membayar zakat fitrah. Menurut hukumnya, zakat yang harus Anda keluarkan per individu adalah beras 2,5 kg atau uang yang setara dengan itu. Untuk melunasi kewajiban ini, Anda bisa menggunakan THR. Selain membayar zakat, kewajiban lain yang Anda harus tunaikan adalah memberikan THR kepada pekerja yang Anda gunakan jasanya. Lalu, jika Anda berhutang, THR juga harus diprioritaskan untuk melunasinya. Jangan sampai karena terlalu sibuk mempersiapkan lebaran, hutang seperti cicilan kartu kredit terkena bunga yang besar karena lewat dari tanggal jatuh tempo.

  1. Pengeluaran Hari Raya

Sebelum mengeluarkan THR untuk kebutuhan hari raya, ada baiknya Anda membuat alokasi pengeluaran yang sehat untuk setiap kebutuhan. Kunci dalam mengatur alokasi tersebut adalah Anda harus mengetahui mana pengeluaran yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Rumus 50/30/20 dapat Anda gunakan. Misalnya, 50 persen untuk pengeluaran berhubungan dengan hari raya (untuk keluarga), seperti bagi-bagi THR pada keponakan dan mengisi toples lebaran. 30 persen untuk bayar utang (jika ada) atau kebutuhan pribadi yang berhubungan dengan hari raya, seperti untuk tiket perjalanan baju lebaran. Kemudian, 20 persen lagi khusus untuk ditabung ataupun investasi.

  1. Menabung Dana Darurat dan Asuransi

Dana darurat digunakan untuk kebutuhan mendesak dan tidak terduga, seperti terkena PHK, masa pandemi, kecelakaan, dan lain sebagainya. Besarannya bervariasi, mulai dari tiga kali hingga 12 kali pengeluaran bulanan, tergantung tanggungan Anda. Dana darurat bisa dikumpulkan secara bertahap dan diletakkan di instrumen yang mudah dicairkan seperti tabungan atau reksadana pasar uang. Selain itu, THR juga dapat digunakan untuk membayar asuransi yang manfaatnya kurang lebih sama.

 

  1. Investasi

Terakhir, jangan lupa untuk berinvestasi ketika Anda mendapatkan THR. Tentunya, alokasi yang ini dapat Anda lakukan setelah kewajiban seperti membayar hutang, pengeluaran hari raya, dan dana darurat terpenuhi. Anda harus dapat memilih instrumen investasi yang tepat dengan keadaan keuangan dan tujuan Anda di masa depan. Dengan mengalokasikan THR Anda untuk berinvestasi rutin, harapannya Anda dapat memiliki masa depan yang aman dan cukup terjamin. 

Nah, itu dia tips lengkap mengenai cara mengelola THR yang tepat untuk Anda. Jika Anda tertarik untuk menginvestasikan THR Anda tahun ini, Anda bisa mulai berinvestasi di Investree. Investree adalah platform peer-to-peer lending yang menghubungkan para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya dan para pemberi modal (lender). Sebagai lender, Anda dapat memilih sendiri perusahaan tempat Anda ingin berinvestasi, beserta profit bunga dan profil risikonya. Pendaftaran mudah, cepat, dan gratis. Bisa melalui link berikut: https://investr.ee/BlogBorrower.

Yuk, berinvestasi di Investree!

Referensi:

https://finansial.bisnis.com/read/20220423/55/1526202/5-tips-mengelola-uang-thr-untuk-tabungan-masa-depan

https://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2021-04-22/empat-tips-atur-thr-agar-bermanfaat-hingga-dapat-cuan

https://finansial.bisnis.com/read/20220417/55/1523571/4-tips-jitu-kelola-uang-thr-agar-tidak-boncos-usai-lebaran

https://id.hrnote.asia/personnel-management/tunjangan-hari-raya-thr-210520/

Share this Post