Simak Jenis-Jenis Hutang Jangka Panjang Lebih Lengkapnya Di Sini

Ada banyak jenis jenis hutang jangka panjang yang penting Anda pelajari dari sekarang. Hutang jangka panjang adalah bentuk kewajiban keuangan perusahaan yang bisa dilunasi dalam waktu lebih dari 12 bulan. Biasanya jatuh tempo hutang jangka panjang ini sekitar 5 sampai 20 tahun, sesuai dengan kesepakatan dari dua pihak.

Pihak penyedia dana atau pinjaman dalam hutang jangka panjang bisa bank atau investor. Nantinya uang ini bisa dipakai untuk membeli alat, pembayaran upah karyawan, proses pemasaran, operasional, sampai proses produksi serta pengembangan aset. Dalam prakteknya, jenis-jenis hutang jangka panjang ada dua, untuk lebih jelasnya ada penjelasannya di sini.

Jenis-Jenis Hutang Jangka Panjang

1. Hipotek

Hipotek menjadi salah satu hutang jangka panjang dengan menggunakan jaminan aset tetap dan barang berharga tidak bergerak. Aset yang dimaksud bisa berupa tanah, bangunan, gedung, perlengkapan kantor, mesin, hak cipta, sampai sertifikat tanah. Semua jaminan yang sudah disebutkan itu bisa disita pihak penyedia dane ketika peminjam tidak bisa melunasi semua hutang sesuai dengan kesepakatan waktu yang sudah ditentukan. Nanti aset tersebut akan dilelang dan hasil dari pelelangan digunakan untuk melunasi hutang.

2. Utang Obligasi

Hutang obligasi merupakan hutang jangka panjang yang cara pemberian pinjamannya melalui atau menggunakan surat-surat berharga obligasi. Hutang ini umumnya dilakukan berdasarkan perjanjian beserta dengan nominal hutang yang dicantumkan dalam surat obligasi. Sebelum membuat perjanjian atau kesepakatan, nominal yang ada di dalam surat obligasi harus diperlihatkan dulu. Jika nominal yang tertera di dalam surat obligasi sudah sesuai, pinjaman uang akan diberikan dengan jumlah yang sesuai dengan nominal tadi.

Dari dua jenis hutang jangka panjang yang ada, keduanya biasa dipakai oleh perusahaan yang sedang membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk mengembangkan kegiatan usahanya. Baik hipotek atau obligasi sebetulnya memiliki kesan kurang ideal untuk kesehatan keuangan, namun dalam bisnis semua itu adalah hal sangat lumrah.

Jenis-jenis hutang jangka panjang biasa dipakai sebagai alat untuk menguatkan posisi modal perusahaan. Utang jangka panjang juga bisa meningkatkan semua aset yang dimiliki. bisa yang berwujud properti, peralatan, hingga investasi.

3. Wesel Bayar Jangka Panjang

Jenis hutang jangka panjang selanjutnya adalah long term notes atau wesel bayar jangka panjang. Wesel yang diterbitkan untuk mendapatkan pinjaman uang. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan wesel jangka pendek. Namun wesel jenis ini memiliki jangka waktu lebih panjang. Pada wesel ini juga angsurannya ada angsuran bunga dan pokok pinjaman dengan nilai yang tidak sama. 

4. Kewajiban Lease

Merupakan sebuah kesepakatan sewa, dimana pihak penyewa sudah sepakat dengan pihak lessor untuk membayar sewa atas penggunaan aset. Ini masuk pada jenis hutang jangka panjang karena memang periodenya lebih dari 12 bulan atau satu tahun.

5. Pasca Pensiun

Kewajiban pensiun masuk pada hutang jangka panjang karena dana pensiun ini diberikan secara berkala. Sudah menjadi kewajiban bagi pemberi kerja untuk mendanai program pensiun. Jadi ada iuran yang perlu disetorkan secara berkala ke dana pensiun yang ada, sehingga ini masuk menjadi salah satu hutang panjang.

6. Perjanjian dengan Pembayaran Angsuran

Hutang jangka panjang yang terakhir adalah semua perjanjian yang menggunakan sistem pembayaran angsuran. Periode atau jangka waktu angsuran yang membuat perjanjian tersebut disebut sebagai hutang jangka panjang. Biasanya untuk membeli rumah maupun kendaraan bermotor tidak cukup melakukan angsuran kurang dari 12 bulan, oleh karena itu perjanjian apa saja yang menggunakan pembayaran angsuran dengan jangka waktu lebih dari satu tahun masuk juga pada jenis hutang jangka panjang.

Itulah jenis jenis hutang jangka panjang yang bisa Anda pelajari. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Redaksi Ruangmom. 09 November 2021. Utang Jangka Panjang: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya. Ruangmom.com : https://bit.ly/3roQ45W