Perencanaan Finansial

Pengertian Finansial, Pelajari Secara Mendalam Di Sini

Secara sederhana, finansial dapat dikaitkan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan keuangan. Finansial jika ditinjau dari sudut pandang ilmu keuangan berarti membahas tentang bagaimana mempelajari kondisi keuangan, baik individu, organisasi atau bisnis.
ACD marketplace
Pembahasan finansial tentu tidak terlepas dari aktivitas atau fungsi mengelola, meningkatkan, mengalokasi dana sesuai pos, memberdayakan sumber daya, serta membuat perhitungan prospek dan risiko di masa depan. Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah kemampuan finansial, kondisi finansial, serta manajemen finansial.

Manajemen finansial seringkali hanya dikaitkan pada perusahaan atau bisnis saja, padahal manajemen finansial juga harus diterapkan dalam kehidupan pribadi Anda.  Supaya lebih memahami tentang finansial, simak penjelasan mengenai pengertian, fungsi, manfaat, serta jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Finansial

Kata 'finansial' berasal dari bahasa Inggris yaitu finance yang berarti keuangan. Pengertian finansial menurut KBBI adalah mengenai (urusan) keuangan. Jika dipandang dari aspek administrasi, finansial adalah segala hal mengenai bagaimana mengatur uang masuk dan keluar dalam suatu bisnis atau lembaga. Sehingga, di dalam finansial terdapat istilah manajemen finansial, yaitu serangkaian aktivitas keuangan dalam perusahaan yang diawali dengan mendapatkan dana, menggunakan dana, serta mengelola keuangan secara menyeluruh. 

Sistem manajemen keuangan yang teratur dan dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak terkait akan menghasilkan kondisi finansial yang baik. Dengan begitu, kebebasan finansial dapat tercapai. Arti dari kebebasan finansial yaitu terbebas dari hutang, mempunyai sumber penghasilan yang tetap serta cadangan yang dapat dipakai untuk kebutuhan darurat.

Jenis-Jenis Finansial

1. Finansial Pribadi

Finansial pribadi atau individu merupakan kondisi keuangan seseorang yang dinilai berdasarkan penghasilannya. Jenis finansial ini dianalisa berdasarkan keadaan finansial seseorang yang dipengaruhi oleh kemampuan individu tersebut dalam memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjangnya.

2. Finansial Perusahaan

Kondisi keuangan dalam suatu perusahaan disebut finansial perusahaan. Perusahaan yang dimaksud di sini bisa berupa perusahaan swasta maupun perusahaan milik negara (BUMN). Jenis finansial ini bergantung kepada kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangan, serta dapat memberikan imbal hasil pada pemilik perusahaan.
ACD lender

3. Finansial Pemerintah

Finansial pemerintah adalah kondisi keuangan pemerintah dalam upaya menyejahterakan rakyat. Secara tidak langsung, finansial pemerintah memengaruhi finansial perusahaan dan individu karena berkaitan dengan lapangan kerja serta kesejahteraan rakyat.

Fungsi Finansial dalam Kehidupan Pribadi

Dalam manajemen finansial, terdapat beberapa fungsi yang dapat dijalankan, diantarnya perencanaan, pengendalian, pemeriksaan, dan pelaporan. Fungsi ini tidak hanya dilakukan pada finansial perusahaan ataupun finansial pemerintah, namun dapat diterapkan juga dalam finansial pribadi untuk kondisi finansial yang lebih baik dan dapat mencapai kebebasan finansial. 

Dalam manajemen finansial, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan yang tepat agar pemasukan dan pengeluaran bisa seimbang. Dalam menyusun perencanaan, Anda juga harus berfokus pada kebutuhan utama yang harus dipenuhi, serta menghindari perencanaan yang bersifat keinginan semata. Setelah perencanaan telah matang, fungsi finansial berikutnya adalah untuk pengendalian anggaran. Fungsi pengendalian ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak tergoda untuk melakukan pembelian di luar perencanaan yang dapat menyebabkan pengeluaran membengkak.

Berikutnya adalah fungsi pemeriksaan secara berkala untuk mengecek arus masuk dan keluar dalam keuangan Anda. Dengan begitu Anda dapat menemukan kesalahan sejak awal yang menyebabkan penggunaan dana melampaui batas. Supaya dapat mengetahui apakah kondisi finansial sudah sehat atau belum, inilah pentingnya fungsi pelaporan. Rutin membuat pelaporan mengenai pengeluaran dan pemasukan, dapat membantu Anda mengevaluasi kesehatan kondisi finansial pribadi.

Manfaat Manajemen Finansial

Dengan menerapkan manajemen finansial dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan merasakan banyak manfaatnya. Diantaranya adalah terbiasa hidup hemat, terlatih untuk disiplin serta teratur, menghindari kebiasaan berhutang, serta memiliki perencanaan masa depan yang lebih optimal.

Sehingga, pengertian finansial adalah segala urusan mengenai keuangan baik individu maupun perusahaan yang meliputi bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat. Demikian penjelasan mengenai finansial, semoga bermanfaat.

 
ACD borrower
Referensi :

Admin. Pengertian Finansial : Arti, Macam Jenis, Perkembangan Dan Tujuan. Jagad.id: https://bit.ly/3xiCa6Y

Share this Post

Artikel Terbaru