Pengertian Beneficiary serta Fungsi dan Jenisnya dalam Asuransi

Jika Anda termasuk nasabah asuransi, pasti akan diminta untuk mengisi data diri anggota keluarga, bukan? Nah, data tersebut termasuk ke dalam beneficiary dalam asuransi yang akan Anda dapatkan. Maksudnya, beneficiary adalah kelompok yang akan mendapat manfaat asuransi selain Anda sebagai nasabah.

Tidak hanya itu saja, beneficiary juga kerap kali diterapkan dalam berbagai dokumen finansial lainnya. Lalu, sebenarnya apa itu beneficiary? Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang beneficiary. Mulai dari pengertian, fungsi, dan jenisnya, simak artikel berikut ini, ya!

Pengertian Beneficiary

Secara umum, beneficiary adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kelompok atau individu tertentu yang mendapatkan keuntungan atas sesuatu. Umumnya, beneficiary mengacu pada kelompok orang yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan distribusi atas kepercayaan, polis asuransi jiwa, maupun surat wasiat.

Beneficiary tersebut akan ditentukan untuk berbagai akun finansial tetap pasca kematian. Misalnya, kontrak anuitas, rekening pensiun, serta polis asuransi. Penunjukkan beneficiary dapat menggantikan instruksi yang ada dalam surat wasiat. Dengan kata lain, surat wasiat hanya bisa berlaku pada aset yang tidak memiliki beneficiary yang sudah dipilih.

Fungsi Beneficiary

Adapun fungsi utama beneficiary adalah sebagai pihak yang mempunyai hak untuk menerima manfaat dari kepercayaan, polis asuransi, atau kehendak. Artinya, pihak yang sudah ditunjuk akan menerima pembayaran perusahaan asuransi ataupun mengambil kepemilikan atas aset yang diserahkan kepada mereka berdasarkan kepercayaan atau surat wasiat.

Jenis-Jenis Beneficiary

Berikut ini adalah jenis-jenis beneficiary yang perlu Anda ketahui.

1. Primary Beneficiary

Primary beneficiary adalah kelompok atau individu penerima utama yang bisa Anda tentukan sendiri. Penentu utama akan menjadi prioritas utama untuk mendapat pembayaran klaim asuransi atau warisan.

Contohnya, Anda mendaftarkan diri sebagai polis asuransi jiwa dan memutuskan jika penerima utama dari asuransi tersebut saat Anda meninggal dunia adalah istri Anda. Maka, istri Anda yang nantinya dapat mengklaim agar dapat membantu kehidupannya setelah menjadi kepala keluarga.

2. Contingent Beneficiary

Contingent beneficiary adalah kelompok atau individu yang menjadi prioritas kedua setelah pihak penerima utama atau bisa disebut dengan penerima sekunder. Apabila penerima utama dinyatakan meninggal dunia, maka manfaat tersebut akan diberikan kepada penerima sekunder.

Adapun penentuan penerima sekunder dilakukan dengan tujuan agar dapat mengatasi hal yang tidak terduga. Hal inilah yang membuat pihak asuransi jiwa memperbolehkan para nasabahnya untuk mencantumkan beberapa nama penerima manfaat untuk berjaga-jaga.

3. Revocable Beneficiary

Revocable beneficiary adalah penerima manfaat yang dapat dibatalkan. Tentu pembatalan ini bisa dilakukan dengan berbagai macam alasan. Karena jenisnya yang dapat dibatalkan, maka pelaksanaan jenis beneficiary yang satu ini membutuhkan persetujuan oleh pihak asuransi.

4. Irrevocable Beneficiary

Irrevocable beneficiary adalah kelompok atau seseorang yang mempunyai hak untuk menerima manfaat yang tidak bisa dibatalkan apapun alasannya. Maka dari itu, sejak awal Anda harus mempunyai komitmen untuk menjadikan seseorang sebagai pihak penerima manfaat utama polis.

Apabila Anda ingin membatalkannya, sudah pasti Anda harus mengikuti prosedur yang panjang dan rumit. Sebagai contoh, Anak harus meminta izin pembatalan pada pihak penerima utama. Apabila penerima manfaat utama tidak memberi izin, artinya permintaan Anda tidak akan disetujui oleh pihak polis.

Demikian penjelasan singkat tentang beneficiary dalam asuransi yang perlu Anda pahami. Dari informasi tersebut, diharapkan Anda dapat memilih pihak penerima utama beneficiary yang tepat.

Namun sebelum itu, pastikan jika Anda telah mengatur keuangan dengan baik dan memiliki dana darurat maupun instrumen investasi tertentu. Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba investasi, bisa mendaftarkan diri sebagai Lender di Investree.

Investree menyediakan layanan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi dengan nilai terjangkau, tetapi menghasilkan return yang atraktif. Jadi, tunggu apalagi. Segera daftarkan diri Anda sebagai Lender di Investree.

Referensi:

https://www.hashmicro.com/id/blog/beneficiary-adalah/

https://www.akseleran.co.id/blog/beneficiary-adalah/