Perencanaan Finansial

Mengenal Pengertian Agunan Serta Jenisnya

Agunan adalah barang berharga atau aset yang sering digunakan sebagai jaminan untuk meminjam uang. Biasanya orang yang membutuhkan dana dan ingin meminjam sejumlah uang dari sebuah instansi membutuhkan agunan tersebut. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu agunan dibawah ini.

Pengertian Agunan

Agunan berupa aset yang dititipkan pihak peminjam dana kepada pihak penyedia dana untuk dijadikan sebagai jaminan. Agunan ini sendiri dapat dipindah tangankan hak kepemilikannya jika ada kondisi pihak peminjam atau pemilik aset tidak bisa memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman yang sudah disepakati bersama.

Pada umumnya, pinjaman yang menggunakan syarat agunan ini artinya jaminan yang harus diserahkan peminjam dana pada penyedia dana terutama saat pihak debitur tadi tidak bisa melakukan kewajiban pembayaran pinjaman sesuai dengan kesepakatan.

Pihak penyedia dana memberikan pinjaman tanpa proses yang menyulitkan pihak debitur karena sudah ada agunan yang diserahkan untuk permohonan pinjaman dana. Jadi pinjaman yang menggunakan agunan lebih cepat cair daripada jenis pinjaman lain yang tidak ada jaminana atau agunannya.

Ada yang perlu diingat, pinjaman dengan jaminan memiliki tingkat bunga lebih rendah karena pihak penyedia dana pinjaman memiliki resiko kerugian yang kecil.

Jenis-Jenis Agunan

Agunan atau biasa juga disebut dengan jaminan pada kegiatan kredit memiliki peran penting bagi pihak debitur dan kreditur yang melakukan kesepakatan dengan nominal yang sangat besar. Agunan ini sendiri dibedakan menjadi dua jenis yang dilihat berdasarkan wujudnya.

1. Agunan Berwujud

Agunan berwujud adalah jaminan yang berupa aset atau barang berharga dengan wujud atau bentuk yang jelas. Agunan berwujud ini sendiri ada yang bergerak dan tidak bergerak. Agunan bergerak ada mobil dan kendaraan lain. Umumnya kendaraan atau alat transportasi yang digunakan sebagai jaminan berupa sepeda motor, mobil, hingga truk.

Biasanya untuk mobil pribadi, nilai taksinya cukup tinggi yaitu kisaran 100 juta rupiah dengan tenor terlama 5 tahun. Untuk mobil pribadi yang masuk golongan mobil mewah tentu tawarannya bisa di atas itu. Sebagai syarat penunjang yang harus dipenuhi adalah adanya BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), serta kunci kendaraan. Perlu dicatat, mobil pribadi yang bisa dijadikan sebagai jaminan usianya tidak boleh lebih dari 10 tahun.

Selain itu ada juga agunan bergerak berupa kapal dan pesawat. Ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang berskala besar. Jenis kapal dan pesawat yang biasa dijadikan sebagai agunan memiliki volume bruto paling kecil 20 meter kubik dengan bobot paling besar 20 meter kubik juga. Pinjaman dengan agunan pesawat dan kapal hanya dilakukan oleh perusahaan besar yang memang memiliki aset tersebut.

Jika ada agunan bergerak maka ada juga yang tidak bergerak. Agunan tidak bergerak ini ada banyak sekali macamnya. Produk-produk properti termasuk pada jaminan tidak bergerak, ada rumah, ruko, gedung, dan juga gudang. Namun, tidak semua jenis properti bisa dijadikan sebagai agunan. Misalnya saja ingin meminjam sejumlah uang dengan jaminan rumah, aset yang dijadikan agunan tadi masih harus melewati tahap survey. Jika kondisi rumah yang dijaminkan tidak layak maka nilai taksir akan sangat rendah. Belum lagi jika letak rumah tersebut tidak strategis dan sedikit susah aksesnya.

Umumnya rumah yang dijadikan jaminan nilainya paling sedikit adalah 100 juta rupiah dan maksimal mencapati 2 miliar rupiah dengan tenor antara 2 tahun sampai maksimal 10 tahun. Selain rumah, ada logam mulia yang masuk pada aset tidak bergerak. Ini sering dijaminkan pada pihak penyedia dana untuk bisa mendapatkan pinjaman. Agunan emas ini bunganya rendah dan dananya cepat cair. Fokus dari logam mulia ini ada pada berat emasnya, semakin berat maka semakin tinggi nilai taksirnya.

2. Agunan Tidak Berwujud

Agunan yang tidak berwujud disini tentu berupa hitam di atas putih. Biasanya yang bisa dijadikan jaminan seperti hak paten, obligasi, deposito, atau surat berharga. Jaminan tanpa wujud ini memiliki nilai taksirnya sendiri-sendiri tergantung apa yang tercantum di dalam surat berharga tersebut.

Kesimpulannya, agunan adalah barang atau aset yang dijaminkan untuk mendapatkan pinjaman modal. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

TokopediaKamusKeuangan. Agunan. Kamus.tokopedia.com : https://bit.ly/3q6DU1Z

Share this Post