Perencanaan Finansial

Maksimalkan Penghasilan Bulanan Anda dengan Pengelolaan Keuangan Yang Baik

Pengelolaan keuangan yang baik sudah seharusnya menjadi kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang, khususnya kalangan pekerja atau karyawan. Pengelolaan keuangan yang baik akan membantu seseorang dalam melakukan pengaturan terhadap penghasilan bulanan yang didapatkan dan menghindarkan seseorang pada "tanggal tua". Tidak hanya itu, pengelolaan keuangan yang baik juga memungkinkan seseorang untuk mengalokasikan penghasilannya untuk memperoleh keuntungan lebih. Alokasi penghasilan bulanan adalah langkah paling utama yang harus dilakukan dalam pengelolaan keuangan setiap bulannya. Dengan demikian, kesehatan finansial Anda akan jauh lebih baik, tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga masa mendatang. Berikut adalah beberapa langkah yang harus menjadi perhatian Anda dalam melakukan perencanaan finansial Anda.

Alokasikan Penghasilan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah gajian adalah mengalokasikan penghasilan Anda menjadi beberapa bagian. Secara umum, terdapat empat bagian utama penting dalam perencanaan finansial. Bagian pertama adalah pengeluaran bulanan. Pengeluaran bulanan menjadi bagian terpenting yang akan memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, mulai dari makan, pulsa, hingga transportasi. Biasanya, setengah dari pengeluaran Anda akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan bulanan Anda. Kedua, menabung. Sisihkan setidaknya 20% dari penghasilan Anda untuk menabung. Ketiga, investasi. Selain menabung, akan lebih baik apabila Anda memutarkan uang Anda untuk berinvestasi. Sisihkan 20% dari penghasilan Anda untuk berinvestasi. Terakhir, biaya darurat. Banyak hal yang dapat terjadi di luar dugaan kita. Oleh karena itu, menyisihkan dana darurat 10% akan membantu Anda menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Apabila tidak terpakai, dana darurat ini dapat Anda tabung atau investasikan.

Biasakan Mencatat Setiap Pengeluaran Anda

Mencatat pengeluaran harian tentunya akan membantu Anda dalam melakukan kontrol alokasi atau budget dana bulanan Anda. Dengan memiliki catatan yang jelas, Anda akan dipermudah untuk menentukan apakah barang yang Anda beli termasuk prioritas atau tidak. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam menyusun alokasi dana untuk bulan selanjutnya.

Menabung

Tabungan di sini lebih dimaksudkan untuk tabungan jangka pendek, yang nanti dapat Anda gunakan untuk membeli gadget baru atau barang yang sedang Anda inginkan. Menabung di sini juga bermaksud untuk mengurangi penggunaan kartu kredit Anda yang dapat memungkinkan terciptanya sifat konsumtif.

Memilih Instrumen Investasi yang Tepat

Melakukan investasi merupakan salah satu hal yang dapat Anda lakukan sebagai upaya meningkatkan penghasilan Anda. Saat ini, terdapat berbagai macam instrumen investasi yang dapat Anda manfaatkan, seperti emas, saham, deposito, properti, reksa dana, dan mendanai pinjaman di fintech lending, seperti Investree. Dengan mendanai mulai dari Rp 1 juta, Anda sudah dapat memperoleh return atraktif hingga 20%p.a. dengan tenor mulai dari 1 hingga 12 bulan. Selain itu, Anda juga dapat merasakan kemudahan akses karena setiap proses, mulai dari pendaftaran hingga pengembalian dana dilakukan secara online. Tertarik untuk mencoba? Klik di sini.

Inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam perencanaan finansial Anda untuk memaksimalkan pendapatan bulanan Anda. Akan tetapi, semua ini kembali lagi kepada niat kuat dan konsistensi Anda dalam menjalankan perencanaan finansial yang telah dibuat dan gaya hidup yang sesuai.

Share this Post