Hindari Impulsive Buying, Sambut Ramadhan dengan Utamakan Pengeluaran untuk Kebutuhan Berikut

Alhamdulillah tak terasa bulan Ramadan 1443 H akan segera tiba. Siapa di sini yang suka menyerbu supermarket sebelum hari puasa pertama? Biasanya apa, sih, yang wajib kalian beli? Eits, persiapan itu memang penting, tapi jangan membeli yang berlebihan. Secukupnya dan sewajarnya saja. Sambil latihan menahan hawa nafsu dan mengontrol keuangan. Biar keuangan kita tetap dalam kondisi baik hingga akhir Ramadan. Nah, kira-kira kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadan? Berikut Investree rangkum untuk Anda. Simak, yuk! 

Makanan olahan/makanan beku

Namanya bulan Ramadan, sudah pasti kita melakukan ibadah sahur. Selain memang sunah, sahur dapat menjaga tubuh kita tetap kuat hingga saatnya berbuka. Karena itu, agar sahur Anda menjadi lebih simpel dan hemat ketimbang harus membeli makan di luar, sebaiknya Anda menyetok makanan olahan seperti nugget, sosis, bakso, kentang goreng, spaghetti, sarden, kornet, yang mudah diolah dan membuat Anda jadi tak malas masak di rumah. Atau, Anda juga bisa menyiapkan dulu beberapa lauk siap saji yang disimpan di freezer (dibekukan) agar tidak mudah basi. Misal, ungkepan ayam/ikan, semur daging, lada hitam, yang tinggal dipanaskan sebentar saat sahur. Lebih baik lagi bila Anda memiliki alat vakum, sehingga kebutuhan lauk-pauk bisa disimpan dalam kemasan vakum supaya lebih tahan lama. 

Jangan lupa untuk menyiapkan daftar belanja. Sesuaikan dengan menu sahur dan berbuka yang sudah Anda susun sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa membeli semua kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan. Budget belanja pun akan tetap sesuai dengan anggaran Anda.   

Bumbu masak siap pakai

Nah, jika lauk siap saji terlalu riskan, Anda bisa menyiapkan bumbu-bumbu masaknya saja untuk disimpan. Misal, bawang merah dan putih yang sudah dikupas. Simpan di wadah beralaskan tisu di dalam kulkas biar tidak cepat busuk. Jadi dapat menghemat waktu Anda memasak. Anda juga bisa menyimpan berbagai bumbu halus di kulkas, misal bumbu untuk opor, sayur asem, gulai, bakso, dan lainnya. Atau, bumbu masak kemasan siap pakai yang tersedia di pasaran. Anda tinggal menambahkan sayuran atau daging ke dalam bumbu tersebut, masakan siap dihidangkan. Sekarang masak di rumah tak lagi pakai ribet, kan? Dari pada terus-terusan beli makan di luar, bikin dompet cepat tipis. 

Wadah penyimpan makanan

Bagi pecinta drakor, pasti sering liat kalau orang-orang di sana suka menyimpan berbagai macam lauk makan di wadah kedap udara dan menyimpannya di kulkas. Nah, Anda juga bisa menirunya. Anda cukup siapkan wadah-wadah tersebut dengan ukuran yang berbeda-beda. Ketika ada lauk yang ingin Anda simpan untuk sahur atau berbuka, Anda bisa menyimpannya di wadah tersebut. Atau ketika ada lauk sisa saat buka puasa, jangan dibuang. Simpan saja pada wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Jadi bisa Anda panaskan kembali untuk makan sahur, dan tidak ada makanan yang terbuang sia-sia. Anda juga bisa menyimpan bahan makanan seperti kacang hijau, kacang merah, dan kacang tanah di wadah tersebut untuk digunakan sebagai bahan masakan atau menu takjil, biar lebih awet. 

Budget bukber biar tak kebablasan

Ini kebutuhan yang tak kalah penting harus Anda persiapkan. Kenapa? Ya, pasti tidak mau, kan, keuangan jadi kacau, utang jadi bertambah, hanya karena sering ikut bukber? Nah, biar tak kejadian, makanya penting mengatur budget untuk kebutuhan buka bersama. Anda bisa membagi budget bukber ke tiga periode. Periode awal, tengah, dan akhir, misal dengan perbandingan 20:40:30. Jadi Anda tidak langsung menghabiskan anggaran buka bersama di awal bulan Ramadan. Karena undangan bukber paling ramai di tengah Ramadan jelang libur Lebaran, maka Anda bisa mengalokasikan budget lebih banyak. Dengan pengaturan budget yang tepat, Anda tidak perlu menolak ajakan bukber. Tapi jangan malu untuk menolaknya bila memang budget Anda sudah habis duluan, biar tidak mengganggu kondisi keuangan Anda.

Microwave

Selain memanaskan panganan menggunakan kompor, Anda juga bisa memanfaatkan microwave. Prosesnya yang sangat cepat membuat Anda tak perlu repot-repot lagi memasak. Terutama ini sangat membantu Anda yang tidak sengaja baru bangun mepet waktu imsak atau yang di rumahnya tidak memiliki kompor. Tidak harus yang mahal atau baru, asal bisa berfungsi dengan baik dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Hitung-hitung produk ini bisa menjadi investasi Anda untuk mengurangi pengeluaran atau kebiasaan jajan dan makan di luar. Karena hanya dengan menggunakan alat ini Anda bisa memanaskan beragam jenis makanan, membuat popcorn untuk cemilan, sampai membuat minuman hangat untuk sahur dan berbuka.

Peralatan ibadah

Ini juga merupakan kebutuhan penting selama bulan Ramadan yang harus dipersiapkan agar Anda bisa beribadah dengan lebih nyaman. Tidak harus selalu membeli yang baru. Bila yang lama saja masih bagus, Anda bisa menggunakannya. Cukup cuci bersih semua mulai dari mukena, sarung, baju koko, dan sajadah. Bila Anda ingin membeli yang baru, pastikan tidak mengganggu alokasi dana yang lain, untuk kebutuhan yang lebih penting. Juga jangan sampai lupa mengalokasikan dana untuk sedekah dan zakat fitrah. Mumpung di bulan Ramadan, pastikan perbanyak amal dengan berbagi ke sesama.

Itu tadi berbagai kebutuhan yang bisa Anda persiapkan memasuki bulan puasa yang sebentar lagi tiba. Dengan adanya persiapan, membuat Anda tetap berjalan di jalur yang tepat dan mengakhiri bulan Ramadan dengan tenang, tanpa khawatir soal uang dan utang. Bukankah ini esensi yang lebih penting? Jangan lupa juga untuk persiapkan keuangan. Buat waktu berharga Anda lebih banyak dimanfaatkan untuk ibadah tanpa perlu khawatir soal imbal hasil, biarkan imbal hasil datang sendirinya dengan mendanai melalui Investree. Siap-siap pada bulan April 2022, Investree akan menghadirkan program #TumbuhkanBerkah. Ada cashback menarik menunggu Anda. Nantikan informasi selengkapnya di media sosial kami!

Referensi:

Onic Metheany. 24 Maret 2021. 8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Suci Ramadan. Popmama.com:https://bit.ly/3ttzi85 

Stella Maris. 22 April 2021. Ini Kebutuhan Bulan Ramadan yang Wajib Kamu Punya. Liputan6.com: https://bit.ly/3wu8KFH