Perencanaan Finansial

Berikut 6 Cara Mengatasi Masalah Keuangan Keluarga

Cara mengatasi masalah keuangan penting Anda terapkan Sebagaimana diketahui, cukup banyak keluarga yang harus menjalani kehidupan berat lantaran menghadapi masalah keuangan yang buruk. Mulai dari hutang yang melilit hingga terkendala masalah hukum. Lalu, bagaimana sebenarnya prosedur mengatasi masalah keuangan yang efektif? Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

Cara Mengatasi Kendala Finansial

1. Membuat Pembukuan Secara Berkala

Masalah keuangan sudah jadi ‘momok’ tersendiri bagi sebagian orang. Untuk menghindarinya, Anda mungkin perlu mencoba mencatat segala transaksi keuangan yang terjadi di keluarga Anda dalam sebuah pembukuan. Pastikan untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan kas setiap bulannya.

Selain mencegah pembengkakan biaya pengeluaran, langkah ini juga bermanfaat dalam memantau kondisi keuangan. Serta mempermudah Anda dalam membuat perbandingan anggaran untuk bulan berikutnya. Dengan demikian, Anda dapat menyortir biaya mana yang sekiranya berlebih dan mengalokasikannya pada kebutuhan yang lebih penting.

2. Menjalani Gaya Hidup Hemat dan Cukup

Cukup adalah kunci utama dari kebebasan finansial. Sejatinya, nominal penghasilan yang diperoleh setiap bulannya bakal tetap habis apabila digunakan secara tidak terkendali, bahkan minus. Untuk mencegah hal tersebut, cobalah untuk memulai gaya hidup yang hemat, cukup, dan sederhana.

3. Memiliki Dana Darurat

Secara garis besar, dana darurat bisa digunakan untuk membantu pengguna apabila terjadi sesuatu hal yang ada di luar prediksi seperti terkena penyakit berat, kehilangan pekerjaan, atau mungkin adanya bencana alam yang menjadikan sumber penghasilan terhambat.

Melalui keberadaan dana darurat, Anda tak perlu mengganggu aset yang dipunyai untuk mengatasi masalah yang terjadi. Untuk diketahui, menjual sebagian aset memang bisa mengatasi masalah finansial, tapi hal ini harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Sebab, jika tidak cermat dan hati-hati, kemungkinan besar akan ada masalah baru lain yang bisa memperparah stabilitas keuangan keluarga Anda.

4. Mengurangi Penggunaan Kartu Kredit

Meski banyak manfaat, kartu kredit juga bisa membuat seseorang kesulitan dalam mengendalikan dirinya untuk tidak berbelanja. Diketahui, penggunaan kartu kredit secara berlebih jadi salah satu penyebab timbulnya masalah keuangan dalam keluarga.

Adanya plafon yang tinggi dari Bank seringkali dijadikan kesempatan bagi sebagian orang untuk terus melakukan transaksi pembelian sesuai keinginannya tanpa mempertimbangkan kondisi keuangannya. Untuk mencegah munculnya masalah keuangan yang serius akibat penggunaan kartu kredit, Anda dapat menggunakan uang tunai atau kartu debit sebagai subtitusi saat berbelanja.

5. Investasi

Cukup banyak masalah keuangan yang bisa terselesaikan dengan aktivitas investasi. Namun, Anda patut berhati-hati saat akan membeli suatu instrumen investasi. Pastikan untuk memilih jenis investasi yang dapat mendatangkan manfaat di kemudian hari. Misalnya saja investasi reksadana, emas, properti, hingga deposito.

Selain itu, penting bagi Anda untuk menggali informasi tentang investasi terkait. Sekiranya apa yang Anda butuhkan, bagaimana manfaat dan risiko investasi, produk dan layanan yang tersedia dalam investasi, serta hak berikut kewajiban yang harus dipenuhi.

Salah satu platform yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree. Anda bisa mengembangkan dana melalui pendanaan Investree untuk mendapatkan imbal hasil hingga 20% pa. Produk pendanaan Investree meliputi pendanaan pinjaman, pendanaan syariah, surat berharga negara hingga Reksa dana for Lender. Daftar Investree for Lender sekarang juga dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda.

6. Mencari Penghasilan Tambahan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam beberapa kasus, sebagian rumah tangga memiliki pengeluaran yang lebih besar dibanding pemasukan yang diterima di setiap bulannya. Cara yang cukup efektif untuk mengatasinya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Contohnya dengan berdagang online atau membuka layanan jasa tertentu.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah keuangan keluarga yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Syarip Ahmad D. 2 Agustus 2021. 10 Cara Mengatasi Masalah Keuangan yang Cukup Efektif. Kamini.id: https://bit.ly/3pHDOxJ

Share this Post