Perencanaan Finansial

Apa Itu Hedge Fund? Simak Pengertiannya Di Sini

Saat ini banyak orang yang mencari tahu apa itu hedge fund dan berbagai hal yang berkaitan. Istilah ini mungkin sangat jarang terdengar dan dikenali masyarakat secara umum. Hedge fund adalah salah satu instrumen investasi yang cukup diminati saat ini. Bagi investor, hedge fund ini sangat menarik dan menguntungkan. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan singkatnya di sini.

Mengenal Hedge Fund

Hedge fund biasa juga disebut dengan dana lindung nilai. Dana investasi ini berasal dari modal beberapa investor yang dikelola manajer fund. Hasil pengelolaan dana ini dibuat menekan terjadinya kerugian. Hedge fund sifatnya tidak likuid sehingga para investor harus menyimpannya selama 12 bulan. Dana bisa ditarik setelah dua tahun masa penguncian.

Karakteristik Hedge Fund

Hedge fund bisa membantu para penanam modal atau pemegang saham untuk menganalisa, apakah investasi yang diambil menguntungkan atau tidak. Berikut ini beberapa karakteristik hedge fund yang perlu diketahui:

  • Diperuntukkan para investor yang berkualifikasi, pendapatan sudah lebih dari 200 ribu dollar atau investor dengan kekayaan paling sedikit satu juta dolar dalam waktu 2 tahun terakhir.
  • Sifatnya luas, dimana tidak hanya untuk investasi satu jenis namun bisa untuk beragam jenis instrumen investasi.
  • Menaikkan potensi imbal hasil.
  • Ada struktur two and twenty dimana artinya investor mempunyai beban rasio biaya serta biaya kinerja. Aset yang mempunyai nilai sebesar 2% bisa memperoleh potongan sampai 20% dari imbal hasil yang didapatkan.

Tujuan Hegde Fun

Hedge fund ini dibuat untuk menjaga aset tetap agar terlindungi serta menekan resiko kerugian yang besar di pasar. Dalam prakteknya, dana lindung nilai ini juga dibuat untuk mendapatkan imbal hasil lebih besar. Oleh karena itulah, hedge fund ini banyak dilirik para investor karena pemegang saham ingin menjadikan dana lindung nilai ini sebagai instrumen investasi alternatif yang patut dipertimbangkan.

Mengoptimalkan Imbal Hasil

Tak dapat dimungkiri bahwa imbal hasil menjadi prioritas utama para investor menginvestasikan dananya. Dengan pengelolaan maksimal, imbal hasil berupa bunga maupun dividen akan optimal. Tentunya, pembagian imbal hasil sesuai dengan besaran modal yang diinvestasikan. Makin besar investor menanamkan modalnya, makin besar pula imbal hasil yang akan didapatkan. Tak hanya itu saja, instrumen investasi ini juga memiliki analisa yang tajam sehingga bisa menekan kerugian secara maksimal.

Kelebihan Hedge Fund

Dana dari hedge fund ini tergolong fleksibel dan juga beragam. Imbal hasil dari hedge fund ini sendiri juga tinggi. Ada strategi investasi agresif dengan dukungan dari diversifikasi portofolio matang. Tidak heran jika sekarang hedge fund ini diincar para pencari investasi jangka panjang dan pendek. Sebab hedge fund ini dikelola secara langsung oleh tenaga profesional yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Dari penjelasan diatas, Anda pasti sudah mengetahui apa itu hedge fund dan mempelajarinya lebih dalam. Hedge fund adalah instrumen investasi yang fokus untuk menjaga aset terlindungi sehingga tetap aman. Ada imbal besar yang bisa diperoleh dari dana lindung nilai ini, namun bukan berarti tidak ada ada resiko kerugian sama sekali. Hanya saja resiko dari instrumen investasi satu ini hampir tidak ada karena memang dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman.

Bagi investor yang ingin menginvestasikan modalnya dalam jumlah yang tidak cukup besar, hedge fund ini sendiri memiliki sifat yang terbatas untuk itu. Dimana ini adalah instrumen investasi yang diperuntukkan para investor dengan modal yang besar, serta sudah memenuhi syarat serta kebijakan dari Komisi Sekuritas serta Bursa A.S.

Namun tenang saja, bagi Anda yang ingin investasi dengan modal yang kecil bisa memilih instrumen investasi seperti Reksadana. Anda bisa membeli Reksadana di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

Referensi :

Okefinance. Senin 11 November 2013 10:11 WIB. Mengenal Hedge Fund. Economy.okezone.com : https://bit.ly/3qr44g7

Share this Post