Ekonomi

Apa Itu Giro? Mari Simak Pembahasan Berikut Ini

Sebagai nasabah bank, Anda harus mengetahui apa itu giro. Saat ini penerbitan giro menjadi salah salah satu layanan lembaga keuangan yang membantu masyarakat agar transaksi lebih aman dan nyaman. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan seputar giro di sini.

Apa Itu Giro?

Giro adalah surat perintah yang diterbitkan nasabah untuk lembaga keuangan. Isi dari surat tersebut adalah pemindahan dana dari satu rekening ke rekening yang lain sesuai dengan bilyet giro itu sendiri.

Meski pada intinya pemindahan dana dari rekening ke rekening lain bisa menggunakan anjungan tunai mandiri, giro tetap dibutuhkan. Hal ini karena, pada bilyet giro besar dana yang diambil sesuai dengan perintah nasabah.

Rekening giro mempunyai tanggal terbit, tanggal efektif, hingga tanggal jatuh tempo. Tanggal terbit ialah tanggal ketika giro tersebut diterbitkan. Namun agar giro tersebut bisa digunakan, harus ada tanggal efektif. Artinya, tanggal efektif adalah tanggal giro bisa digunakan nasabah. Sementara tanggal jatuh tempo adalah keterangan tanggal dana dalam giro harus digunakan atau diambil sebelum tanggal jatuh tempo. Jika lewat dari tanggal tersebut maka dana dalam giro tak bisa dipindahkan.

Rekening giro sama seperti rekening Bank yang memiliki setoran awal. Biasanya untuk perorangan setoran awalnya 250 ribu rupiah, sementara untuk perusahaan 500 ribu rupiah. Ada biaya administrasi juga sebanyak 2% dilihat dari saldo terendah.

Apa Manfaat Giro?

Selain mencari tahu apa itu giro, manfaat dari giro sendiri juga perlu diketahui. Bagi masyarakat manfaat giro cukup banyak, antara lain:

  1. Dana dalam giro bisa dicairkan kapan saja.
  2. Giran atau orang yang menggunakan giro tidak harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak.
  3. Setiap Giran akan mendapat rekening koran setiap bulan, sehingga urusan administrasi lebih mudah.

Jenis-Jenis Giro

Giro dibagi menjadi dua jenis ada giro atas nama pribadi ada juga atas nama perusahaan. Untuk giro atas nama pribadi atau perseorangan, biasanya dimiliki oleh perorangan atau usaha perseorangan. Usaha yang dimaksud seperti restoran, bengkel, atau toko. Untuk bisa membuka rekening giro atas nama pribadi harus ada setoran awal sebesar 250 ribu rupiah.

Sementara untuk giro atas nama perusahaan atau badan, biasanya dimiliki instansi pemerintah, Perseroan Terbatas, Commanditaire Venootschap, koperasi, hingga yayasan dan organisasi masyarakat. Untuk membuka rekening giro atas nama badan perlu setoran awal 500 ribu rupiah.

Karakteristik Rekening Giro

Giro ini bersifat fluktuatif serta memiliki jangka yang singkat atau pendek untuk segi pengendapannya. Sementara dari sisi administratif, giro agak rumit sehingga membutuhkan waktu lebih lama dan biaya yang agak lumayan.

Dana pada giro sendiri relatif rendah dan biasanya giro ini memang digunakan untuk jangka pendek. Dilihat dari karakteristiknya, giran menggunakan giro untuk kepentingan khusus.

Syarat Menggunakan Rekening Giro

Saat akan melakukan pemindahan rekening, ada nomor seri Bilyet giro yang dibutuhkan pertama kali. Isi dari giro tersebut harus perintah tanpa syarat dan jelas. Lalu, harus ada juga nama bank yang rekeningnya ditarik dan nama bank yang akan menerima dana.

Dalam penulisan jumlah atau besar dana rekening yang akan dipindah, akan tertulis dalam angka dan juga huruf. Tak boleh ketinggalan tanggal dan tempat giro diterbitkan. Untuk giro atas nama pribadi wajib ada tanda tangan, sementara pada giro atas nama badan harus ada cap atau stempel perusahaan.

Nah, itu dia sedikit penjelasan apa itu giro hingga syarat untuk bisa memindahkan dana melalui giro tersebut. Anda juga bisa memindahkan dana Anda ke instrumen-instrumen investasi seperti Pendanaan. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Pendanaan di Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender untuk mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

Referensi :

Fajria Anindya Utami. Selasa, 19 Januari 2021, 08:50 WIB. Apa Itu Giro?. Wartaekonomi.co.id : https://bit.ly/2YdPcGQ

Share this Post