Perencanaan Finansial

8 Keuntungan Memilih Tabungan Emas untuk Jangka Panjang

Tabungan emas adalah salah satu instrumen investasi yang kini sedang banyak diminati oleh masyarakat umum. Khususnya bagi investor pemula yang belum punya banyak pengetahuan tentang investasi saham maupun reksadana. Emas memang menjadi aset investasi jangka panjang yang cukup menggiurkan.

Sekarang ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tabungan emas. Baik secara online maupun offline. Hal ini karena membuka tabungan untuk menabung emas sama seperti membuka rekening bank. Selain itu, proses pembelian dan penjualan emas juga sangat mudah. Anda bisa menjualnya lagi ke bank, toko emas, hingga marketplace.

Nah, untuk Anda yang masih ragu-ragu mencoba investasi emas untuk jangka panjang, simak artikel ini sampai akhir, ya!

8 Keuntungan Memilih Tabungan Emas untuk Jangka Panjang

Harga yang relatif terjangkau dan bisa dibeli minimal 0,1 gram membuat banyak orang berminat untuk membuka tabungan emas. Sayangnya, masih belum banyak orang yang tahu keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan dengan tabungan tersebut.

Berikut adalah 8 keuntungan memilih tabungan emas untuk investasi jangka panjang yang dapat Anda ketahui.

1. Nilai Aset Cenderung Stabil

Keuntungan tabungan emas yang pertama adalah nilai asetnya yang cenderung stabil dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat harga emas cenderung stabil. Apalagi permintaan dan penawaran terhadap emas di pasaran sangat jelas.

Sebagai komoditas, emas tidak hanya berperan sebagai instrumen investasi, namun telah menjadi bagian hidup seseorang. Oleh karena itu, tidak heran jika transaksi emas akan terus berjalan dan bahkan meningkat. Jadi, risiko harga aset emas turun sangatlah minim.

2. Mudah Dijual atau Dicairkan Kembali

Proses jual beli emas yang mudah membuat Anda bisa mencairkannya kapan saja. Anda bisa mengkonversikan emas tersebut dalam bentuk uang tunai. Menariknya, hal ini berlaku untuk emas fisik maupun digital. Keuntungan yang satu ini tentu memudahkan Anda dalam melakukan pencairan aset emas di mana saja.

3. Bebas Bunga

Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan dengan berinvestasi emas adalah bebas bunga. Ya, transaksi emas memang cenderung mengikuti hukum syariah sehingga Anda akan terbebas dari bunga. Begitu pula dalam nilai investasinya. Oleh karena itulah, nilai emas yang Anda cairkan nantinya setara dengan nominal yang dimiliki dalam tabungan tersebut.

4. Menjadi Dana Darurat

Investasi emas juga bisa menjadi dana darurat untuk jangka panjang, lho. Sebab, emas tidak akan terdampak oleh inflasi dan dapat disetarakan. Dengan kata lain, saat terjadi inflasi, emas dan uang tunai bisa disetarakan nilainya. Selain itu, menabung emas juga sering kali bisa dijadikan sebagai alat pembayaran saat terjadi krisis ekonomi.

5. Keamanan yang Lebih Tinggi

Dalam jangka panjang, investasi emas memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding dengan instrumen investasi lainnya. Jadi, tabungan emas lebih aman karena dapat terhindar dari inflasi dan suku bunga tinggi. Apalagi fluktuasi emas juga tidak setinggi investasi saham maupun kripto.

6. Bebas Pajak

Keuntungan tabungan emas untuk jangka panjang lainnya adalah Anda tidak perlu membayar pajak. Berbeda dengan saham perusahaan yang mengharuskan Anda membayar pajak dengan nominal yang variatif. Jadi, jika Anda ingin mencoba investasi yang bebas pajak, emas adalah pilihan yang sangat tepat.

7. Melindungi Nilai Kekayaan

Mencoba investasi emas dalam jangka panjang juga dianggap dapat melindungi nilai kekayaan. Hal ini disebabkan karena nilai emas yang terus meningkat setiap tahun. Bahkan pada beberapa kasus, harga emas cenderung mengalami kenaikan saat Anda ingin menjualnya kembali.

8. Bisa Dibeli Sesuai Keinginan

Secara umum, emas memiliki dua jenis, yakni emas muda dan emas tua. Nah, saat mencoba investasi emas, Anda bisa memilih salah satu dari keduanya. Mayoritas masyarakat memilih investasi emas muda karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibanding emas tua.

Demikian 9 keuntungan tabungan emas untuk investasi jangka panjang. Sangat menarik, bukan? Nah, kini Anda bisa gunakan aplikasi Investree jika ingin tahu lebih banyak tentang investasi, finansial, dan informasi keuangan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengakses blog Investree melalui website. Semoga bermanfaat!

Referensi:

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/keuntungan-dan-kekurangan-tabungan-emas

https://www.gramedia.com/best-seller/keuntungan-dan-kerugian-investasi-emas/

Share this Post