Perencanaan Finansial

5 Perencanaan Keuangan Pribadi yang Bisa Anda Lakukan

Mengelola keuangan adalah salah satu hal yang cukup sulit meski itu hanya keuangan pribadi. Oleh karena itu perlu perencanaan keuangan pribadi yang baik supaya pengelolaan keuangan bisa berjalan lancar. Mengatur keuangan perlu dilakukan untuk menjaga keamanan kondisi finansial di masa yang akan datang.

Banyak hal yang tak terduga bisa mengganggu kondisi finansial jika keuangan tidak diatur dengan baik sejak dini. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat perencanaan keuangan yang matang. Ada beberapa cara untuk membuat perencanaan keuangan pribadi yang baik sehingga dalam mengatur keuangan jadi lebih mudah.

1. Budget Plan

Perencanaan keuangan pribadi bisa diawali dengan membuat atau menyusun perkiraan pengeluaran. Langkah ini bisa dikatakan sebagai bagian penting dalam sebuah perencanaan keuangan. Jika memiliki budget plan maka laporan keuangan pribadi bisa lebih rapi dan terlihat dengan lebih jelas pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu. Budget plan ini menjadi evaluasi keuangan serta acuan dalam menentukan tujuan keuangan baik itu dalam jangka pendek atau panjang.

2. Rekening Bank Lebih Dari Satu

Dengan mempunyai rekening bank lebih dari satu, Anda bisa dengan mudah mengelompokkan anggaran menjadi tiga jenis, yaitu tabungan, biaya hidup, dan rekreasi. Untuk rekening tabungan sebaiknya jangan diutak-atik hingga tujuan finansial yang dicanangkan tercapai. Lalu untuk rekening biaya hidup, gunakan untuk menyimpan anggaran belanja kebutuhan pokok agar bisa memenuhi kebutuhan harian.

Rekening yang ketiga adalah rekening rekreasi yang biasanya digunakan untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan sekunder. Misalnya mendadak ingin liburan atau hiburan bisa mengambil dana dari rekening ini tanpa mengganggu dana tabungan atau biaya hidup.

3. Menambah Penghasilan

Menambah penghasilan di sini bisa dengan melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat, bisa juga dengan berinvestasi. Penghasilan yang meningkat serta adanya investasi sangat membantu sekali dalam mencapai tujuan perencanaan keuangan pribadi. Ini bisa dikatakan sebagai antisipasi karena setiap tahun terjadi kenaikan harga barang maupun jasa.

Anda bisa juga mengembangkan dana Anda melalui pionir fintech lending Investree. Investree merupakan lembaga keuangan yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan yang artinya sudah menjadi lembaga yang aman dan terpercaya karena berada di bawah pengawasan OJK.

Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, SBN Ritel, dan Reksa Dana for Lender. Unduh Investree for Lender sekarang dan dapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Daftar Investree dengan cepat, mudah, dan dengan risiko pendanaan yang terukur. Tak perlu khawatir mendanai di Investree karena pendanaan Anda telah dijamin oleh rekanan asuransi terpercaya.

4. Asuransi

Saat berinvestasi lalu memiliki aset berharga baiknya lindungi aset tersebut dengan asuransi. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian yang besar karena adanya hal-hal yang tidak terduga di masa yang akan datang. Asuransi sekarang ini sudah banyak dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

5. Jaminan Hari Tua

Menyiapkan jaminan hari tua juga masuk pada perencanaan keuangan pribadi. Hal ini untuk mengantisipasi banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi di hari tua. Mulai dengan menabung sejak dini serta memanfaatkan jasa lembaga asuransi kesehatan.

Dalam membuat perencanaan keuangan khususnya untuk diri sendiri harus dilakukan dengan hati-hati dan sungguh-sungguh. Masih banyak orang yang merasa kesulitan mengelola dan mengatur keuangannya sendiri karena tidak terbiasa akan hal tersebut. Oleh karenanya, mulailah membiasakan diri untuk hidup hemat, menabung, memiliki asuransi, dan berinvestasi. Pastikan Anda sudah bergabung sebagai Lender di Investree untuk mengembangkan dana Anda dengan berbagai cara dan pilihan. Unduh Investree for Lender sekarang juga!

Referensi:

Tim CNN Indonesia. Jumat, 04/12/2020 12:20 WIB. Ragam Tips Perencanaan Keuangan Pribadi. Cnnindonesia.com: https://bit.ly/3yUr2NS

Share this Post