Perencanaan Finansial

5 Perencanaan Keuangan Jangka Panjang yang Mudah Diterapkan

Perencanaan keuangan jangka panjang menjadi solusi di tengah ketidakpastian masa depan. Pada dasarnya, proses perencanaan bukanlah perkara yang sulit, hanya saja perlu dijalankan dengan niat dan disiplin yang tinggi. Lalu, bagaimana cara menyusun perencanaan finansial dalam jangka panjang? Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

Trik Memulai Perencanaan Finansial Jangka Panjang

1. Belajar Melakukan Kontrol Diri

Terkadang, hal yang sering menjadikan perencanaan matang gagal adalah kurangnya kontrol diri. Sebagian besar orang cenderung memiliki kebiasaan untuk membeli secara impulsif berdasarkan keinginannya tanpa memperhatikan kondisi keuangannya terlebih dahulu. Mungkin saja, akibatnya adalah jumlah pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pemasukan. Tentunya hal ini bukan merupakan bagian dari rencana keuangan yang baik.

 

Secara umum, kontrol diri adalah hal yang mutlak untuk dilakukan seseorang. Dimana langkah ini memungkinkan pelakunya untuk menentukan skala prioritasnya saat ini, sekaligus menjadi ‘penahan’ dari godaan untuk membelanjakan uangnya dari hal-hal yang tidak dibutuhkan dan tidak mendesak.

2. Mulai dengan Menyusun Anggaran

Banyak orang beranggapan, proses perencanaan anggaran harus dilakukan oleh pihak yang berlatar belakang akuntan, atau menyewa akuntan dengan biaya yang tidak murah. Tujuannya, agar perencanaan finansial lebih matang dan efisien.

 

Namun faktanya, Anda tidak perlu titel seperti itu, ataupun diwajibkan mengeluarkan anggaran tambahan untuk menyewa akuntan. Sebab, Anda bisa memulainya dengan menyusun skala prioritas anggaran yang sudah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.

 

Setelah itu, sisihkan sebagian dari pendapatan untuk keperluan tabungan atau investasi. Besarannya dapat berbeda, biasanya mulai dari 20%-30% dari pendapatan bulanan. Banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya Pendanaan Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store. Daftar dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender.

3. Selalu Siapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan anggaran yang sengaja dipersiapkan untuk keperluan mendadak di masa mendatang. Idealnya, dana ini dipersiapkan sampai 3-6 bulan ke depan dengan alokasi persentase sebesar 5%-10% dari total pendapatan per bulan. Untuk diketahui, dana darurat bisa bersifat simpanan, bisa juga tidak. Apabila kondisi keuangan sedang baik, Anda dapat membedakan kedua jenis dana tersebut, namun jika tidak maka aturlah sesuai dengan anggaran yang sebelumnya sudah ditetapkan.

4. Mempertimbangkan Dana Pensiun

Meski mungkin usia Anda masih muda dan produktif, tidak ada salahnya menyusun perencanaan finansial dalam jangka panjang melalui program dana pensiun. Layaknya tabungan, dana pensiun dapat menyelamatkan kita dari berbagai risiko keuangan di kemudian hari.

 

Cukup banyak instrumen finansial yang dapat membantu kita dalam mempersiapkan dana pensiun. Sebut saja investasi saham, reksadana pasar uang, deposito berjangka, emas, properti, dan lain sebagainya. Pastikan untuk mempelajari tiap-tiap instrumen yang ada untuk memperlancar rencana keuangan jangka panjang Anda.

5. Memanfaatkan Asuransi Kesehatan

Usahakan untuk mendaftarkan diri beserta orang terkasih pada program asuransi kesehatan sedini mungkin. Memang poin ini cukup sepele, bahkan sering diabaikan, namun perannya dalam perencanaan keuangan untuk jangka panjang sangatlah krusial.

 

Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini ragam akses kesehatan mumpuni dan mutakhir memiliki pelayanan kesehatan yang dibanderol cukup mahal. Melalui asuransi kesehatan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan risiko-risiko kesehatan di hari nanti.

 

Saat ini pun produk-produk asuransi kesehatan sudah sangat bervariasi. Fitur yang ditawarkannya pun lumayan lengkap. Dan yang pasti, harganya juga beragam. Sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan proteksi kesehatan Anda.

 

Itulah sekilas ulasan mengenai perencanaan keuangan jangka panjang yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk membuat perencanaan keuangan Anda matang melalui bantuan dari Investree!

 

Referensi :

 

Inilah Tips Memulai Perencanaan Keuangan Jangka Panjang. Cekpremi.com : https://bit.ly/3GUJSsu

Share this Post

Artikel Terbaru