Perencanaan Finansial

5 Masalah keuangan Keluarga Secara Umum yang Sering Dialami

Masalah keuangan keluarga menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari dalam sebuah hubungan berumah tangga. Bahkan masalah ini tidak hanya dihadapi oleh pasangan yang baru menikah, tetapi juga pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun

Ada banyak sekali penyebab muncul masalah keuangan dalam sebuah keluarga. Mulai dari kebutuhan yang semakin banyak, harga kebutuhan pokok yang terus mengalami inflasi, hingga proses adaptasi dan kompromi dalam berumah tangga.

Sebenarnya apa saja sih masalah keuangan keluarga yang umum dialami? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak artikel di bawah ini sampai akhir.

5 Masalah Keuangan Keluarga Secara Umum

Meski sebenarnya ada banyak sekali masalah keuangan yang bisa saja muncul dalam sebuah keluarga. Namun, ternyata ada beberapa masalah yang cenderung dialami oleh mayoritas pasangan suami istri. Berikut adalah 5 masalah keuangan keluarga secara umum yang sering dihadapi keluarga kelas menengah.

1. Belum Mampu Membeli Rumah

Meski sudah memiliki pekerjaan yang mapan dengan gaji cukup, namun urusan membeli rumah ternyata masih menjadi perkara yang memicu masalah bagi keluarga kelas menengah. Idealnya keluarga kelas menengah yang tingga di kota besar menginginkan untuk punya rumah yang dekat dengan kantor dan berbagai fasilitas umum. Namun, tentu saja harga rumah di pusat kota tidaklah murah.

Apalagi harga rumah ditaksir akan melonjak hingga 300% dalam 10 tahun ke depan. Hal inilah yang kemudian menjadi masalah. Keluarga kelas menengah umumnya memiliki pemasukan yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan menabung dalam jumlah yang sedikit. Jadi, banyak diantara mereka yang belum mampu membeli rumah.

2. Tidak Memiliki Dana Darurat

Menyisihkan sebagian pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dana darurat menjadi suatu hal yang cukup sulit dilakukan oleh sebagian keluarga. Akibatnya, mereka tidak memiliki dana darurat yang bisa digunakan saat ada kebutuhan mendesak.

Padahal peran dana darurat dalam sebuah rumah tangga menjadi hal yang sangat penting. Apalagi jika Anda sudah memiliki anak, yang mana Anda harus menyisihkan lebih banyak uang untuk memenuhi kebutuhan dana darurat tersebut.

3. Tidak Memiliki Dana Asuransi

Kesehatan merupakan kebutuhan primer yang tidak boleh disepelekan. Sayangnya, menurut data yang dilansir dari Forbes, disebutkan bahwa pekerja di berbagai perusahaan yang mayoritasnya merupakan masyarakat kelas menengah hanya sekadar mengandalkan asuransi kesehatan dari kantor.

Alasannya karena mereka menganggap bahwa asuransi pribadi terlalu mahal dan bukan merupakan kebutuhan yang mendesak. Hal inilah yang membuat kondisi keuangan menjadi bermasalah saat anggota keluarga menderita penyakit serius dan asuransi kantor tidak bisa menanggung biaya pengobatannya.

4. Jumlah Utang yang Dimiliki

Masalah keuangan keluarga yang selanjutnya berkaitan dengan jumlah utang yang dimiliki. Tidak dapat dipungkiri jika utang memang menjadi sumber masalah yang paling utama di dalam keluarga. Sebab, membuat pengeluaran menjadi lebih besar untuk membayar utang tersebut.

Kondisi ini bisa menjadi boomerang bagi keluarga Anda. Apalagi jika ternyata utang tersebut tidak hanya pada satu lembaga atau satu tempat saja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menata kondisi keuangan keluarga dengan baik agar tidak terlilit utang.

5. Biaya Pendidikan Anak

Setiap tahunnya, biaya pendidikan terus mengalami inflasi. Sebagai orang tua, tentunya Anda harus menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini, bukan? Namun, kebanyakan orang tua justru mengabaikan hal ini sehingga biaya pendidikan baru dipikirkan saat anak memasuki usia sekolah.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, maka bukan tidak mungkin dapat memicu munculnya masalah keuangan keluarga. Jadi, sebaiknya bicarakan tentang dana pendidikan anak kepada pasangan sejak dini. Bila perlu buat planning untuk menabung rutin agar dana pendidikan anak terpenuhi.

Itu dia 5 masalah keuangan keluarga yang banyak dihadapi oleh masyarakat kelas menengah.

Agar kondisi keuangan keluarga Anda tetap stabil, sangat disarankan untuk melakukan investasi sejak sekarang. Anda bisa mulai untuk berinvestasi di reksadana. Investree adalah salah satu lembaga yang menyediakan layanan Reksa Dana for Lender dan bisa menjadi berinvestasi.

Ada berbagai keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di Investree. Misalnya, nilai investasi yang terjangkau, diversifikasi portofolio, return yang atraktif, dan lainnya. Sangat menarik, bukan?

Referensi:

https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/carefinance/5-masalah-umum-keuangan-keluarga

https://koinworks.com/blog/masalah-keuangan-keluarga/#Jumlah-Utang-yang-Dimiliki

Share this Post