Direct Selling: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan, serta Tugasnya

Penjualan langsung atau direct selling adalah salah satu cara yang dianggap paling efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel. Apalagi direct selling juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Artinya, cara ini dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, serta membangun hubungan dengan pelanggan.

Direct selling mengacu pada penjualan produk maupun layanan yang jauh dari lokasi ritel tetap. Nantinya produk tersebut akan dipasarkan dan dijual secara langsung melalui perwakilan penjualan yang dikenal sebagai distributor atau konsultan.

Lantas, sebenarnya apa itu direct selling? Apa saja keunggulan dan kekurangan dari cara jualan yang seperti ini? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan tentang direct selling dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Direct Selling?

Direct selling adalah penjualan produk non dalam pengaturan non-ritel. Sebagai contoh di rumah, toko online, atau tempat lainnya yang bukan berupa toko. Cara ini dapat menghilangkan perantara dalam proses distribusi. Jadi, penjualan bisa dilakukan lebih singkat dan produk bisa sampai ke tangan konsumen lebih cepat.

Produk yang dijual lewat direct selling biasanya tidak ditemukan di lokasi ritel tradisional. Hal ini berarti distributor merupakan satu-satunya cara untuk membeli produk atau layanan tersebut. Seringkali direct selling juga dikaitkan dengan bisnis pemasaran jaringan.

Jenis-Jenis Direct Selling

Adapun jenis-jenis direct selling adalah sebagai berikut.

  1. Single-Level Direct Sales

Jenis direct langsung yang satu ini umumnya dilakukan secara tatap muka. Salah satu contoh dari penjualan langsung single-level dilakukan melalui presentasi door-to-door atau one-on-one.

  1. Party-Plan Sales

Jenis penjualan ini dapat terjadi dalam pengaturan grup yang bertujuan untuk menghasilkan prospek penjualan. Cara yang sering kali dilakukan adalah dengan mengadakan acara sosial atau menawarkan produk untuk dijual.

  1. Pemasaran Berjenjang atau MLM

Fokus utama bisnis multi-level adalah untuk merekrut anggota. Jadi, pendapatan bisnis diperoleh dari komisi penjualan yang dilakukan oleh mitra bisnis yang direkrut ke dalam perusahaan. 

Kelebihan dan Kekurangan Direct Selling

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan direct selling yang perlu Anda ketahui.

  1. Kelebihan Direct Selling

  • Lebih banyak mendapatkan margin keuntungan bagi perusahaan induk dan penjual.
  • Tidak ada biaya pemeliharaan toko.
  • Melakukan kontak pribadi dengan pelanggan.
  • Tidak ada biaya iklan dan pemasaran untuk menjual produk kepada pelanggan.
  • Pendekatan kepada setiap pelanggan lebih personal.
  • Mudah melihat reaksi pelanggan.
  • Mendapat umpan balik langsung dari pelanggan.
  1. Kekurangan Direct Selling

  • Sulit menjangkau target pasar yang luas.
  • Dapat memengaruhi kehidupan pribadi.
  • Berisiko mendapatkan penolakan dari calon pelanggan.
  • Risiko kegagalan yang lebih besar.

Tugas Seorang Direct Sales

Ada beberapa tugas seorang direct sales yang perlu Anda pahami. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Menguasai Product Knowledge

Tugas direct sales yang pertama adalah menguasai product knowledge. Karena semua aktivitas penjualan akna berhubungan langsung dengan konsumen serta produk yang dibawa.

  1. Melakukan Promosi Secara Langsung

Selanjutnya, direct sales juga bertugas melakukan promosi sekaligus memasarkan produk secara langsung kepada calon konsumen. Seorang salesman harus mampu menggunakan metode ini dengan tepat.

  1. Dapat Mempresentasikan Produk

Tugas direct sales adalah harus bisa mempresentasikan produk kepada calon konsumen agar terlihat menarik. Produk yang hanya dipajang tanpa dibarengi kemampuan menjelaskan produk tentu akan kurang dilirik oleh konsumen.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang direct sales dalam sebuah bisnis yang dapat Anda pahami. Sama seperti bentuk bisnis lainnya, penjualan secara langsung juga harus terus berkembang agar bisa menghasilkan profit yang besar.

Adapun salah satunya caranya adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha di Investree. Bunganya yang rendah dan bisa dilakukan secara online tentunya akan memudahkan Anda untuk mendapat tambahan modal usaha. Jadi, jangan ragu untuk gunakan layanan dari Investree, ya.

Referensi:

https://majoo.id/solusi/detail/direct-sales-adalah#:~:text=Tugas%20direct%20sales%20yang%20paling,membawa%20diri%20untuk%20memasarkan%20produknya.

https://accurate.id/marketing-manajemen/direct-selling/