Menabung

Simak Cara Mengelola Keuangan yang Tepat dan Benar

Cara mengelola keuangan yang tepat dan benar adalah kemampuan yang masih jarang dimiliki oleh setiap orang. Bila ingin memiliki kondisi finansial yang baik, tentu Anda harus dapat mengatur keuangan dengan baik pula. Terlebih jika sudah berkeluarga, maka bagaimanapun caranya uang yang ada harus benar-benar bisa mencukupi segala kebutuhan.

Membicarakan soal pengelolaan keuangan, tentu hal ini tak lepas dari kata berhemat. Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Keinginan masih bisa ditekan dan ditunda di waktu lain, sedangkan kebutuhan adalah prioritas. Oleh karenanya dalam manajemen keuangan, penting halnya bagi Anda untuk mendahulukan kebutuhan di atas keinginan. Nah, selain dengan cara berhemat, tips mengelola keuangan yang perlu Anda ketahui bisa disimak selengkapnya berikut ini.

1. Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran Bulanan

Mencatat pengeluaran dan pemasukan seringkali dianggap hal yang sepele, sehingga jarang sekali yang melakukannya. Padahal dengan cara ini Anda justru bisa memantau kondisi keuangan bulanan. Selain mencatat pemasukan, catat juga pos-pos pengeluaran. Yakni dengan membuat list pengeluaran rutin per bulan.

Buatlah kategori pengeluaran seperti kebutuhan pokok, pembayaran rutin, investasi dan lain-lain. Pastikan pendapatan dalam sebulan bisa terbagi dengan baik supaya mencukupi kebutuhan pengeluaran dalam satu bulan.

Anda juga harus membiasakan diri untuk mengecek tagihan bulanan yang harus dibayarkan tepat waktu. Hindari membayar tagihan beberapa waktu setelah jatuh tempo supaya Anda tidak mengeluarkan dana tambahan.

2. Menyiapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat dapat menjadi antisipasi untuk hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Setelah membuat anggaran pengeluaran untuk kebutuhan pokok, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menyisihkan penghasilan yang didapat sebagai dana darurat.

Dana darurat sebaiknya tidak diambil sewaktu-waktu kecuali dalam keadaan yang benar-benar darurat, dan harus tersimpan di tempat yang aman. Anda bisa membuat 1 rekening lagi yang khusus digunakan untuk menyimpan dana darurat. Sehingga uang untuk membeli kebutuhan dengan uang darurat tidak tercampur di rekening yang sama.

3. Melakukan Perbandingan Harga

Ketika berbelanja kebutuhan, Anda bisa menyiasati pengeluaran seminimal mungkin dengan cara membandingkan harga. Dari satu produk yang sama, tentunya harganya akan berbeda untuk setiap merk. Pertimbangkan untuk memilih produk dengan harga yang lebih murah, namun dengan kualitas yang sama-sama baik.

Tips ini secara tak langsung dapat membantu Anda untuk berhemat. Tak hanya bisa diterapkan pada produk bahan makanan saja, tapi juga bisa diterapkan saat membeli produk elektronik, tiket transportasi, pakaian dan masih banyak lagi.

4. Menabung dan Berinvestasi

Berikutnya adalah dengan menabung dan berinvestasi. Dari budget yang dimiliki, setelah mencukupi untuk kebutuhan pokok dan harian, Anda juga sebaiknya memikirkan untuk menyisihkan sebagian ke dalam tabungan. Tabungan bersifat jangka panjang, Anda akan menuai hasilnya dalam beberapa bulan atau tahun kemudian. Dan tabungan tersebut bisa digunakan untuk membeli apa yang menjadi keinginan Anda di masa depan.

Begitupun dengan investasi. Bedanya, investasi adalah untuk mempertahankan nilai aset, yang mana jika dilakukan dalam jangka panjang dapat menambah nilainya. Sehingga Anda bisa mendapatkan passive income dari imbal hasil investasi yang dilakukan.

5. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Tips terakhir yakni dengan menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhan. Saat menggunakan kartu kredit, Anda sebenarnya sedang berutang yang dikenakan bunga. Sehingga bila tidak dibayar tepat waktu, tentunya hal ini dapat menambah pengeluaran.

Sebisa mungkin gunakan kartu kredit untuk pembelian barang yang memang sangat dibutuhkan, seperti belanja bulanan, membeli alat elektronik untuk mengganti yang rusak, dan sejenisnya.

Itulah dia 5 cara mengelola keuangan yang harus Anda ketahui secara tepat dan benar. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Chaerunnisa. 27 Februari 2021. 21 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda dan Rumah Tangga. Lifepal.co.id: https://bit.ly/3wS5OzL

Share this Post

Artikel Terbaru