Menabung

Inilah 7 Tips Ampuh Menabung Untuk Cepat Membeli Rumah

Tips menabung untuk beli rumah sebenarnya tidak sulit Anda lakukan dari sekarang. Gaji berapa saja, asal ada rencana untuk membeli rumah dalam waktu dekat, pasti bisa direalisasikan. Di sini ada beberapa tips agar Anda bisa menabung dengan lebih mudah supaya bisa membeli rumah impian.

1. Buat Rencana Keuangan yang Detail

Tips menabung untuk beli rumah yang pertama adalah dengan membuat sebuah perencanaan keuangan secara terperinci. Perencanaan keuangan ini untuk mencegah gaji bulanan sekedar mampir atau habis dalam sekejap.

Tulis dan buat rencana keuangan dengan mendetail. Perencanaan yang disusun secara rinci lebih mudah untuk memfokuskan diri dalam mencapai tujuan dari rencana keuangan yang sudah dibuat.

Perencanaan keuangan juga bisa membantu Anda untuk menekan atau mengontrol diri dalam menggunakan uang. Jika ada pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting bisa dihindari.

2. Buat Dua Rekening

Menabung untuk membeli sebuah rumah harus menggunakan dua rekening yang berbeda. Sebaiknya buka rekening baru yang tidak menggunakan atm. Isi rekening tersebut setiap setelah menerima gaji. Nominal saat mengisi rekening tabungan beli rumah bisa disesuaikan, mulai dari 50 ribu rupiah dan kelipatannya.

Guna memiliki rekening khusus untuk tabungan ialah menjaga saldo tabungan tetap utuh dan bertambah secara berkala. Rekening tabungan yang terpisah membantu Anda tidak sampai memakai uang yang sudah disisihkan sehingga tujuan membeli rumah segera terwujud.

3. Menentukan Target Tabungan

Jika Anda sudah terbiasa untuk menyisihkan uang setiap baru gajian, maka langkah selanjutnya menetapkan target tabungan supaya tujuan menabung segera tercapai. Misalnya dengan membuat target harian, disusul dengan target mingguan dan juga bulanan.

Menetapkan target tabungan akan membantu Anda dalam mengelola keuangan pribadi. Anda bisa mulai target tabungan dalam jumlah kecil dan perlahan dalam jumlah besar.

4. Mulai Berinvestasi

Jika memiliki penghasilan tetap ada baiknya menyisihkan sedikit penghasilan untuk diinvestasikan. Instrumen investasi yang bisa dipilih seperti menabung emas, deposito, hingga reksadana.

Tiga contoh instrumen investasi tersebut sangat cocok untuk pemula yang baru belajar berinvestasi. Ketiga instrumen investasi tadi memiliki resiko yang minim dan cukup terjangkau.

Anda bisa membeli Reksadana di Aplikasi Investree for Lender yang tersedia di Google Play Store dan App Store atau bisa melalui https://investree.id/invest/reksadana. Mulai dari 10 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa membeli reksadana di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

5. Menghindari Utang

Kondisi keuangan yang baik adalah tidak memiliki utang. Utang yang belum selesai bisa mempengaruhi kondisi finansial seseorang. Segala jenis urusan utang piutang harus segera diselesaikan agar bisa mengambil Kredit Kepemilikan Rumah lebih mudah.

6. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Menerapkan gaya hidup hemat sangat berpengaruh dalam mencapai dan mewujudkan impian membeli sebuah rumah. Terdengar sangat mudah namun pada praktiknya banyak orang yang tidak bisa menerapkan pola hidup hemat.

Mulailah dengan membiasakan diri dengan membawa bekal saat bekerja. Kurangi dan hindari kebiasaan membeli makanan jadi. Memasak makanan sendiri selain lebih sehat juga lebih hemat.

7. Disiplin dan Berkomitmen

Memotivasi diri untuk hidup hemat dan menyisihkan uang secara rutin sangat penting untuk bisa membeli sebuah rumah. Harga rumah selalu meningkat sehingga perlu menabung dari sekarang agar bisa mendapatkan rumah dengan harga terjangkau.

Bulatkan tekad dan niat agar bisa disiplin menyisihkan uang saat menerima gaji. Dengan komitmen yang kuat hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jika semangat menabung mulai menurun, maka ingat lagi tujuan dan perjuangan menabung dari awal memutuskan membeli dan memiliki rumah sendiri.

Itulah beberapa tips menabung untuk beli rumah yang bisa Anda coba dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Nabilla Tashandra. 08/09/2021, 15:00 WIB. 6 Tips Menabung untuk Beli Rumah. Kompas.com. https://bit.ly/3p6BQHs

Share this Post