Menabung

Inilah 5 Cara Mudah Menghemat Uang Dengan Gaji Kecil

Cara menghemat uang gaji kecil mungkin sangat merepotkan bagi sebagian orang termasuk Anda. Perlu usaha keras serta strategi yang pas untuk bisa mengatur keuangan dengan gaji yang kecil atau cenderung pas-pasan. Namun, saat sudah menemukan ritme yang pas dalam mengelola penghasilan kecil, hal tersebut bukan masalah lagi. Di sini Anda bisa pelajari cara untuk bisa menghemat penghasilan yang sangat terbatas atau kecil.

Cara Menghemat Gaji Kecil

1. Buat Anggaran

Anggaran bulanan adalah salah satu cara jitu untuk bisa menghemat penghasilan yang pas-pasan. Buat daftar anggaran setiap bulan terutama saat akan melakukan belanja kebutuhan sehari-hari. Anggaran ini merupakan perkiraan pengeluaran yang harus disiapkan untuk membeli barang-barang yang masuk dalam kebutuhan pokok.

Besar anggaran ini diperkirakan sesuai dengan harga barang yang ada di pasar. Pastikan untuk membuat anggaran dengan teliti. Usahakan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa kurang dari anggaran yang sudah dibuat, hindari untuk mengeluarkan uang melebihi anggaran yang sudah disusun. Ini bisa membuat Anda lebih selektif tentang barang apa saja yang harus dibeli dan yang tidak.

2. Sisihkan Uang di Awal

Selain menyusun anggaran, cara menghemat uang gaji kecil adalah dengan menyisihkan penghasilan di awal. Saat menerima penghasilan jangan langsung digunakan, usahakan untuk membaginya terlebih dahulu di awal sebelum dibelanjakan. Misalnya uang gaji cair, langsung sisihkan 20% untuk disimpan pada tabungan. Cara ini bisa membatasi pengeluaran yang berlebihan. Tentu cara ini akan berhasil jika ada komitmen dengan diri sendiri, tidak akan pernah mengambil uang tabungan jika tidak dalam kondisi yang sangat mendesak atau saat target menabung sudah tercapai.

3. Mencari Pendapatan Tambahan

Jika gaji memang sangat pas dengan kebutuhan pokok atau kebutuhan sehari-hari, maka perlu mencari penghasilan tambahan. Sekarang ini sudah semakin banyak pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan banyak uang. Pekerjaan sampingan ini bisa berupa pekerjaan yang sesuai dengan minat atau keahlian Anda. 

4. Lunasi dan Stop Utang

Saat kondisi keuangan sedang kacau biasanya cara cepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berutang. Baiknya segera lunasi utang yang ada dan jangan lakukan lagi di masa mendatang. Utang ini menjadi salah satu masalah yang cukup serius pada kondisi finansial seseorang. Baiknya jika menginginkan barang yang tidak terlalu dibutuhkan, tidak perlu sampai berutang untuk bisa mendapatkan barang tersebut.

Jika memang harus berutang, lakukan dengan bijak. Jangan berutang melebihi kemampuan dan jangan menunda pelunasan jika sudah ada pemasukan. Utamakan untuk membayar utang sampai lunas, baru setelahnya bisa menyisihkan uang untuk menabung.

5. Biasakan Menabung

Kebanyakan orang berpikir kalau gaji kecil tidak akan bisa menabung. Hal itu tidak bisa dijadikan patokan, asal ada kemauan tentu menabung bisa dilakukan meski gaji kecil. Sisihkan uang meski sedikit untuk ditabung. Ini adalah cara untuk berhemat dan menekan keinginan akan barang yang tidak perlu. Menabung bisa dengan cara membuka rekening baru yang dikhususkan untuk uang tabungan. Secara otomatis uang yang terkumpul di rekening tabungan bisa menjadi dana darurat.

Menabung sendiri tak hanya dilakukan dengan cara menyisihkan uang. Bisa juga dengan melakukan pendanaan kecil-kecilan supaya bisa lebih menjanjikan. Investasi sendiri sekarang bentuknya macam-macam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial masing-masing individu. Misalnya pendanaan di Investree untuk mendapatkan imbal hasil yang atraktif hingga hingga 20% p.a. Anda bisa download aplikasi Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel (e-SBN), dan Reksa Dana for Lender.

Cara menghemat uang gaji kecil pada intinya adalah mengatur keuangan dengan benar dan tepat. Kuncinya adalah niat serta kepekaan dalam membedakan mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Selalu prioritaskan kebutuhan daripada keinginan dan jadikan menabung seperti kebutuhan agar bisa terbiasa hidup hemat.

Referensi:

Husnul Abdi. 23 Jun 2021, 15:30 WIB. 11 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil, Perencanaan Harus Matang. Hot.liputan6.com : https://bit.ly/3zq2dt6

Share this Post

Artikel Terbaru